√ Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom

Posted on

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom – Partikel subatom atau disebut juga zarah dalam ilmu fisika diartikan sebagai partikel yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan atom.

Terdapat dua jenis partikel subatom yakni partikel dasar yaitu partikel yang tidak tersusun dari partikel dari dan jenis partikel kompposit.

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom

Bidang ilmu fifika partikel dan fisika nuklir mempelajari tentang partikel-partikel tersebut dan cara interaksi partikel tersebut.

Pengertian Partikel Subatom

Partikel subatom atau zarah ialah partikel dengan bentuk yang lebih kecil daripada atom. Pada tahun 1940-an diketahui bahwa jumlah partikel subatomik dikenal dengan ilmu yang dapat dihitung menggunakan satu tangan yakni neutron, proton, positron dan neutrino.

Tiga partikel dikenal sebagai blog bangunan tempat atom dibuat, yakni neutron dan proton berada dalam inti atom serta elektron berada di orbit sekeliling inti atom. Neutrino dan positron ditemukan berada di luar atmosfer bumi serta tidak diketahui dengan jelas asalnya.

Pandangan tentang materi secara drastis berubah dalam waktu dua dekade berikutnya dengan adanya penemuan akselerator partikel (atom smasher) serta ditemukannya fusi dan fisi nuklir dan jumlah partikel subatomik diunyatakan meningkat.

Beberapa ilmuwan kimia menemukan beberapa partikel yang terdapat dalam energi yang lebih tinggi dari yang umum diamati dalam kehidupan sehari-hari seperti partikel delta, partikel sigma, partikel lamda, epsilon partikel serta partikel-partikel lain yang negatif, positif dan netral.

Baca Juga:  √ Pengertian Titrasi, Jenis, Tujuan dan Cara Titrasi Lengkap

Pada akhir tahun 1950-an beberapa partikel subatom sudah ditemukan oleh beberapa ilmuwan fisika dan dinamakan dengan “kebun binatang partikel”.

Bagian-Bagian Partikel Subatom

Bagian-bagian partikel subatom terdiri dari :

Antipartikel

merupakan partikel subatomik yang hampir sama dengan proton, neutron, elektron serta partikel lainnya dengan hanya satu properti (mirip muatan listrik).

Nomor Atom

ialah banyaknya proton yang ada dalam inti atom.

Satuan Massa Atom (amu)

ialah sebuah unit pengukur massa bagi partikel kecil.

Partikel Elementer

ialah partikel subatomik yang tidak dapat dipbagi lagi menjadi partikel yang lebih sederhana.

Gluon

yakni sebuah partikel elementer yang dinilai bertanggung jawab untuk membawa gaya kuat yang secara bersama mengikat proton dan neutron dalam inti atom.

Tingkat energi

yakni sebuah area tempat elektron berada dalam atom.

Graviton

merupakan partikel elementer yang bertugas membawa gaya gravitasi.

Lepton

yakni sejenis partikel elementer.

Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom
Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom

Isotop

adalah sebentuk elemen di mana atom memiliki jumlah proton yang sama tetapi jumlah neutronnya berbeda.

Foton

adalah partikel dasar yang mendukung gaya elektromagnetik.

Spin

adalah sebuah properti dasar dari seluruh partikel subatomik yang sesuai dengan arah rotasi partikel terhadap asalnya.

Quark

merupakan sejenis partikel elementer.

Partikel-partikel dasar dinamakan quark dan lepton. Tiap-tiap kelompok partikel tersusun dari enam jenis partikel secara bergantian. Enam quark dinamai secara aneh mulai dari atas, bawah, eaneh atau peson.

Enam quark tersebut dapat dipadukan yang menurut Gell-Mann dan Zweig untuk memperoleh partikel seperti proton (dua quark dan satu ke bawah quark) serta neutron (satu up quark dan dua bawah quark).

Di samping quark dan lepton, ilmuwan pun memiliki hipotesa tentang keberadaan partikel tertentu yang memiliki beragam jenis kekuatan dan salah satunya yang terkenal yaitu foton. Foton merupakan sejenis partikel aneh tidak bermassa yang berguna dalam melakukan transmisi energi elektromagnetik dari sebuah tempat ke tempat lainnya.

Sekitar tahun 1980-an, ada tiga partikel kekuatan yang mempunyai kekuatan lain yakni W+, W- dan Z0 boson. Partikel-partikel tersebut membawa pasukan tertentu yang dapat diobservasi selama terjadi peluruhan radioaktif materi. Unsur radioaktif memancarkan energi secara spontan berupa partikel atau gelombang dengan disintegrasi inti atom.

Baca Juga:  √ Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasinya Lengkap

Ilmuwan-ilmuwan telah membuat prediksi bahwa ada dua partikel kekuatan pembawa lain yang salah satu di antaranya membawa gaya kuat yakni gluon yang mengikat proton dan neutron dalam inti secara bersamaan dan partikel lain yakni membawa gaya gravitasi (graviton).

Jenis-jenis Partikel Penting Subatom

Ada lima partikel penting subatom yakni proton, neutron, elektron, neutrino dan positron. Tiap partikel tersebut bisa dijelaskan secara penuh oleh muatan listrik, massa dan berputar. Oleh sebab itu, massa partikel subatomik sangatlah kecil dan kerap tidak diukur menggunakan satuan ons atau gram namun menggunakan satuan massa (amu) atau elektron volt (eV).

Satu unit massa diperkirakan mirip massa neutron atau proton. Satuan volt pada dasarnya merupakan satuan energi namun bisa juga  digunakan mengukur massa sebab kaitan antara massa dengan energi (E = mc2).

Proton

Proton merupakan suatu partikel dengan muatan positif dan massa atomnya kurang lebih 1 amu. Proton merupakan salah satu penentu dasar dari keseluruhan atom. Proton ditemukan bersamaan dengan neutron di wilayah yang sangat terkonsentrasi ruang di dalam atom yang dinamakan inti atom.

Banyaknya proton menentukan identitas kimia atom. Proton sangat penting sehingga diberikan nama khusus yakni nomor atom. Setiap elemen dalam tabel periodik mempunyai nomor unik proton di dalam inti dan sebab itu membuat sejumlah atom menjadi unik.

Neutron

Massa neutron kurang lebih 1 amu dan tidak bermuatan listrik. Neutron umum dijumpai di inti atom dengan proton. Neutron umum berada di partikel yang stabil artinya partikel yang tetap dan tidak berubah di dalam inti dalam waktu yang tak terhingga.

Dalam konidis tertentu, neutron mengalami peluruhan spontan dan menjadi elektron dan proton. Jika tidak berada di inti atom, maka waktu paruh untuk perubahan yang dibutuhkan bagi setengah dari setiap sampel neutron yakni kurang lebih 11 menit.

Baca Juga:  √ Pengertian Kromatografi, Jenis dan Penjelasan Kromatografi

Elektron

Elektron merupakan partikel yang bermuatan listrik negatif dan massanya sekitar 1/1.800 amu atau 0,0055 amu. Semua atom mempunyai satu atau lebih elektron yang berada di luar inti atom.

Elektron berada dalam area tertentu dan dinamakan tingkat energi. Setiap tingkatan energi dalam atom bisa berisi beberapa jumlah maksimal elektron, mulai dari dua dan maksimal delapan elektron.

Neutrino

Neutrino merupakan partikel subatomik yang sukar dipahami dan terbuat dari proses-proses fisik yang mendasar di alam semesta misalnya luruhnya unsur-unsur radioaktif serta rekasi fusi daya matahari. Seorang ilmuwan mulanya membuat hipotesa sekitar tahun 1930-an bernama Swiss Wolfgang Pauli. Pauli saat itu sedang berusaha untuk menemukan cara untuk menerangkan hilangnya energi yang terjadi selama reaksi nuklir tertentu.

Positron

Positron merupakan partikel subatomik yang secara keseluruhan identik dengan elektron namun tidak dengan muatan listriknya. Positron mengandung satu unti listrik positif dan satu unit listrik negatif. Pembuatan hipotesa tentang positron dilakukan sekitar akhir tahun 1900-an oleh Paul Dirac seorang ilmuwan Inggris.

Penelitian positron pertama kali dilakukan oleh Carl Anderson (ilmuwan Amerika) dalam sinar kosmik mandi. positron merupakan antipartikel yang pertama kali ditemukan dengan sifat yang hampir sama dengan neutron, proton dan elektron.

Itulah penjelasan materi Pengertian Partikel Subatom Kimia, Bagian dan Jenis Subatom. semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami 🙂