√ Pengertian Pasar Menurut Para Ahli (Pembahasan Terlengkap)

Posted on

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli (Pembahasan Terlengkap)– Jika ditanya di manakah tempat bertemunya penjual dan pembeli? Sebagian besar orang mungkin akan menjawab pasar. Ya, di pasar ada banyak sekali penjual dan pembeli yang melakukan kegiatan ekonomi.

Sebagaimana kita ketahui, umumnya terdapat pasar tradisional dan pasar modern di lingkungan kita. Namun, ternyata masih ada banyak jenis pasar lainnya.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli (Pembahasan Terlengkap)

Pasar apa sajakah itu? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Pasar

Pasar atau yang dalam bahasa Inggris disebut “market” merupakan suatu tempat di mana para penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan kegiatan jual beli.

Kini, pasar tidak hanya terbatas pada suatu wilayah tertentu sebab dengan kemajuan teknologi yang serba canggih memungkinkan penjual dan pembeli untuk ntidak saling bertemu tetapi masih bisa melakukan transaksi.

Pengertian pasar dalam hal ini akan lebih menjurus ke arah ekonomi. Pasar dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai adanya sejumlah permintaan dan penawaran akan jenis suatu jenis barang atau jasa. Lebih luas lagi, pasar meliputi surat-surat berharga, modal uang hingga tenaga kerja.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian pasar :

William J. Stanson

Menurut William J. Stanson, pasar merupakan kumpulan orang dengan keinginan untuk puas, adanya uang yang dipakai untuk berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang.

Baca Juga:  √ Jenis Pasar, Bentuk, Transaksi, Produksi, Waktu & Struktur
Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Lengkap

Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong mentakan bahwa parat adalah seperangkat pembeli yang potensial dan aktual akan produk dan jasa tertentu. Ukuran pasar bergantung pada orang-orang yang mempunyai kebutuhan  tertentu dan memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi.

Banyak pula pandangan di mana pasar ialah penjual dan pmebeli yang akan mengirimkan produk atau jasa yang mereka sediakan kepada pasar sehingga mereka mendapatkan uang serta informasi yang berasal dari pasar tersebut.

Wikipedia

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa pasar adalah suatu sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur yang di dalamnya terdapat usaha untuk menjual barang, jasa atau tenaga kerja kepada orang lain dan mendapatkan imbalan uang dari kegiatan tersebut.

Handri Ma’aruf

Handri Ma’aruf menyatakan bahwa ada 3 pengertian dari pasar, yaitu :

  1. Pasar sebagai tempat merupakan tempat yang memfasilitasi para penjual barang dan jasa untuk bertemu dengan para pembelinya.
  2. Pasar sebagai penawaran dan permintaan, yaitu di dalam pasar terjadi aktivitas jual beli.
  3. Pasar sebagai kumpulan anggota masyarakat dengan kebutuhannya dan mempunyai daya beli. Hal tersebut mengacu pada 2 hal, yaitu adanya kebutuhan dan daya beli. Pasar adalah kumpulan orang-orang yang mengeluarkan usaha guna mendapatkan (memiliki kemampuan membeli) barang dan jasa yang dibutuhkannya.

Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pasar sebagaimana tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu tempat yang disediakan oleh suatu organisasi atau perkumpulan di mana orang-orang berkumpul untuk melakukan kegiatan jual beli dengan maksud memperoleh keuntungan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Pasar Menurut Para Ahli (Pembahasan Terlengkap), dengan adanya pasar maka proses jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. terimakasih 🙂