√ Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi

Posted on

Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi – Indonesia memiliki banyak sekali lembaga keuangan, salah satunya yaitu lembaga pegadaian. Perkembangan lembaga ini cukup pesat hingga memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, materi yang akan disampaikan yaitu tentang pengertian pegadaian menurut para ahli beserta jenis-jenisnya.

Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Pegadaian

Pegadaian merupakan sebuah lembaga keuangan non bank yang memberikan pinjaman atau kredit kepada masyarakat berdasarkan hukum gadai. Sesuai hukum gadai, para calon peminjam mempunyai kewajiban untuk memberikan harta yang dimiliki sebagai jaminan kepada pihak pemberi pinjaman, dalam hal ini pegadaian.

Selain itu, dimuat juga aturan-aturan pembelian hak kepada pegadaian untuk melaksanakan lelang atau penjualan atas barang jaminan tersebut apabila penebusan barang jaminan tidak kunjung dilakukan oleh peminjam melewati batas waktu peminjaman yang sudah ditentukan.

Pengertian Pegadaian Menurut Para Ahli

Berikut pengertian pegadaian dilihat dari sudut pandang para ahli.

Subagyo (1998 : 88)

Subgyo (1998 : 88) menuliskan definisi pegadaian sebagai sebuah lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pinjaman kepada masyarakat atau nasabah dengan memakai corak tertentu yaitu hukum gadai.

Baca Juga:  √ 30 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Penjelasan Lengkap

Susilo (1999)

Susilo (1999) menyatakan bahwa pegadaian adalah sebuah hak yang didapatkan oleh seseorang yang mempunyai piutang atas benda-benda bergerak.

Sigit Triandaru (2000 : 179)

Mengutip Sigit Triandaru (2000 : 179), pegadaian adalah satu-satunya badan usaha yang didirikan di Indonesia yang memiliki izin secara legal untuk menjalankan kegiatan lembaga keuangan berupa pembayaran dengan bentuk penyaluran dana kepada masyarakat sesuai dengan hukum gadai.

Pegadaian mempunyai tugas utama yaitu memberikan pinjaman kepada masyarakat luas sesuai dengan hukum gadai sehingga masyarakat tidak dirugikan oleh aktivitas lembaga keuangan yang tidak sah dan cenderung memanfaatkan dana dengan cara mendesak masyarakat seperti halnya rentenir.

Pegadaian sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memberikan pelayanan kepada masyarakat luas dan memperoleh keuntungan sesuai dengan aturan perusahaan mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut.

  1. Mengelola penyaluran dana pinjaman berlandaskan hukum gadai dengan cara yang aman, cepat dan mudah.
  2. Mengelola seluruh bentuk kepegawaian, keuangan, pendidikan, perlengkapan serta pelatihan.
  3. Menciptakan dan mengembangkan usaha-usaha yang menguntungkan bagi pegadaian khususnya dan masyarakat secara umum.
  4. Mengelola organisasi serta tata kelola pelaksanaan pegadaian.
  5. Mengembangkan dan mengawasi usaha pengelolaan pegadaian.

Jenis-Jenis Pegadaian

Terdapat dua jenis pegadaian, yaitu pegadaian konvensional dan pegadaian syariah.

Pegadaian Konvensional

Pegadaian konvensional yaitu suatu lembaga milik pemerintah yang menyediakan jasa peminjaman yang kepada nasabah dengan landasan hukum gadai. Pegadaian konvensional sudah tersebar hingga wilayah pedesaan. Akan tetapi, jenis pegadaian konvensional masih memakai sistem pencatatan manual, dengan sistem bunga dan tarif jasa simpan yang cukup besar.

Pegadaian Syariah

Pegadaian syariah ialah sebuah lembaga keuangan atau divisi dari bentuk pegadaian yang memberikan pinjaman-pinjaman yang berdasarkan pada prinsip-prinsip syariat Islam. Pegadaian syariah menawarkan keuntungan yang lebih banyak daripada pegadaian konvensional kepada masyarakat.

Baca Juga:  √ 40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Keuntungan-keuntungan tersebut, di antaranya : adanya sistem bagi hasil yang sesuai dengan syariat-syariat Islam, biaya jasa simpan uan yang lebih ringan serta biaya administrasi yang lebih kecil. Namun, masih menggunakan pencatatan manual seperti pegadaian konvensional.

Produk Pegadaian

Berikut ini adalah produk dari pegadaian diantaranya:

Produk KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Produk ini merupakan system gadai yang dapat di lakukan semua nasabah mau itu untuk kebutuhan produktif atau juga konsumtif. KCA ini menjadi solusi bagi anda yang ingin mendapat pinjaman dengan membawa agunan berupa barang berharga seperti emas batangan, emas perhiasan, laptop, motor atau juga surat penting kendaraan.

Produk Krasida (Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai)

Produk Krasida atau kredit angsuran bulanan di khususkan lagi untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan niatan untuk pengembangan usaha. Produk ini akan membuat nasabah mendapat pinjaman uang tunai dengan system gadai yang cara pembayarannya dapat di lakukan dengan system kredit.

Produk Kreasi (Kredit Angsuran Sistem Fidusia)

Produk Kreasi ini merupakan produk kredit dengan asuransi per bulannya untuk para pelaku UKM dengan niatan pengembagan usaha dengan cara fidusia yaitu agunan untuk melakukan pinjaman dapat dengan menggunakan BPKB tidak dengan kendaraan sehingga kendaraan dapat di gunakan untuk usaha.

Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi
Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi

Produk KCA Prima

Produk KCA Prima ini menjadi solusi tepat untuk mendapatkan pinjaman yang memiliki bunga sebesar 0% dan juga jangka waktu selama 60 hari dan dapat di perpanjang juga.

Produk Kreasi Fleksi

Produk ini memberi kemudahan kredit kepada para masyarakat dengan pola angsuran yang fleksibel untuk nasabah petani dan juga non-petani.

Produk Pegadaian Rahn

Pegadaian ini bersifat syariah untuk dapat pinjaan dengan cara memberi jaminan berupa emas batangan, perhiasan, berlian, ponsel, motor dan barang lainnya.

Pegadaian Digital (Online)

Pegadaian digital adalah suatu terobosan terbaru pegadaian di dalam memberikan kemudahan untuk masyarakat luas untuk dapat bertransaksi lebih cepat dan mudah. PDS (Pegadaian Digital Service) di luncurkan untuk dapat memberikan masyarakat kemudahan dalam melakukan gadai secara online dengan menggunakan gadget. Tidak hanya itu saja nasabah juga dapat mencicil dan membeli emas, namun barang yang nantinya akan di gadai harus di lihat oleh pihak pegadaian.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Mikro, Tujuan, Devinisi dan Contohnya

Fasilitas Pegadaian Digital

Fasilitas yang di tawarkan hamper sama dengan mobile banking perbankan tetapi di PDS ini memiliki kelebihan dalam melakukan pembayaran atau memperpanjang kredit bagi pemilik kredit dan mendekati jatuh tempo.

Cara Pemakaian

Nasabah harus wajib mengunduh aplikasi Pegadaian Digital Service, kemudian di registrasi dan setelah itu baru bias menggunakan layanan PDS.

Tabel Pegadaian

Berikut ini simulasi atau contoh angsuran:

Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi
Pengertian Pegadaian, Jenis, Produk, Tabel dan Visi Misi

Visi Dan Misi Pegadaian

Berikut visi dan misi dari pegadaian:

Visi

Menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat

Misi

Memberikan manfaat dan keuntungan optimal bagi seluruh pemangku kepentingan dengan mengembangkan bisnis inti.

Membangun bisnis yang lebih beragam dengan mengembangkan bisnis baru untuk menambah proposisi nilai ke nasabah dan pemangku kepentingan

Memberikan service excelence dengan focus nasabah melalui :

–    Bisnis proses yang lebih sederhana dan digital

–    Teknologi informasi yang handal dan mutakhir

–    Praktek manajemen risiko yang kokoh

–    SDM yang profesional berbudaya kinerja baik

Demikian materi yang disampaikan tentang Pengertian Pegadaian, Online, Produk, Tabel dan Visi Misi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami. 🙂