√ Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Proses Lengkap

Posted on

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Proses Lengkap– Sektor ekonomi memegang peranan yang sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya kehidupan ekonomi, maka manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perlun adanya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dalam kehidupan.

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Proses Lengkap

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses naiknya pendapatan secara keseluruhan dan maksimal, pendapatan per kapita penduduk dengan memperhitungkan pertambahan penduduk dan terjadinya perubahan fundamental dari struktur ekonomi sebuah negara, juga adanya distribusi pendapatan penduduk yang merata dalam kurun waktu yang panjang.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi berperan penting dalam kesejahteraan masyarakat sebuah sebuah negara. Berikut ini beberapa pengertian pembangunan ekonomi yang diberikan oleh para ahli :

Sadono Sukirno

Sadono Sukirno (1996) menyatakan bahwa pembangunan ekonomi merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan per kapita melalui pengolahan kekuatan ekonomi potensial ke dalam ekonomi riil melalui penenaman modal, penambahan pengetahuan, pemanfaatan teknologi, peningkatan keahlian dan keterampilan serta peningkatan kemampuan manajemen dan organisasi.

Meier

Perkembangan ekonomi menurut Prof. Meier yaitu proses peningkatan pendapatan riil per kapita dalam kurun waktu yang panjang.

Adam Smith

Adam Smith yang dijuluki sebagai Bapak Ekonomi mengartikan perkembangan ekonomi sebagai suatu proses kombinasi atau perpaduan antara kemajuan teknologi dengan pertumbuhan penduduk atau pendapatan per kapita.

Baca Juga:  √ Pengertian Debit dan Kredit, Contoh, Perbedaan & Manfaatnya

Schumpeter

Schumpeter dalam Suryana (2000: 5) mengungkapkan bahwa pembangunan ekonomi yaitu perubahan yang terjadi di sektor perdagangan dan industri yang berhubungan dengan pendapatan nasional dan pendapatan per kapita yang di dalam proses tersebut terjadi secara berkelanjutan dan spontan.

Irawan

Irawan (2002: 5) menyatakan bahwa pembangunan ekonomi ialah usaha-usaha yang dijalankan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat sebuah negara yang dapat dilihat dari tingkat pendapatan riil per kapita.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Upaya-upaya ke arah pembangunan ekonomi yang lebih baik dilakukan oleh setiap negara di dunia supaya bisa menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya. Ada tujuan-tujuan lagi yang bisa dicapai melalui pembangunan ekonomi, antara lain :

  1. Pembangunan ekonomi dilakukan supaya kualitas ekono masyarakat meningkat melalui pemerataan pendapatan.
  2. Pembangunan ekonomi menambah kesempatan kerja melalui penambahan sektor-sektor kerja yang dapat menyerap banyak tenaga kerja.
  3. Pembangunan ekonomi bisa memperbaiki kualitas pendidikan sehingga kualitas sumber daya manusia pun turut meningkat.
  4. Pembangunan ekonomi mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan buday nilai-nilai luhur yang di dalamnya mencakup nilai sosia, budaya dan agama supaya tidak mudah dipengaruhi budaya-budaya yang berlawanan dengan nilai dan norma yang berlaku di dalam sebuah negara.
  5. Pembangunan ekonomi dapat menghindari kemungkinan terjadinya inflasi.

Pembangunan Ekonomi Merupakan Sebuah Proses

Pembangunan ekonomi sebagai sebuah proses artinya adalah sebuah tahap yang wajib dilaksanakan dan ditempuh oleh masyarakat dalam suatu negara. Misalnya, sejak lahir manusia mengalami beberapa fase pertumbuhan dan hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Sama halnya dengan penduduk sebuah negara yang harus menjalani proses perkembangan supaya bisa memperoleh kemakmuran, ketenteraman dan kesejahteraan.

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Prosesnya Lengkap
Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Prosesnya Lengkap

Pembangunan ekonomi bisa juga didefinisikan sebagai suatu proses yang mengakibatkan terjadinya peningkatan pendapatan per kapita penduduk sebuah negara dalam kurun waktu yang panjang. Terdapat 2 hal yang sangat penting terkait pembangunan ekonomi, yakni :

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Mikro, Tujuan, Devinisi dan Contohnya

Pembangunan Merupakan Sebuah Usaha Guna Meningkatkan Pendapatan Per Kapita

Pembangunan merupakan sebuah usaha guna meningkatkan pendapatan per kapita dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang positif atau sebuah usaha yanng harus dilaksanakan oleh semua negara guna mencapai peningkatan pendapatan per kapita. Dalam hal ini, sangat dibutuhkan peranan pemerintah, masyarakat dan seluruh elemen di masing-masing negara untuk memberikan partisipasi dan kontibusinya secara aktif.

Peningkatan Pendapatan Per Kapita Harus Berjalan Dalam Kurun Waktu Lama

Peningkatan pendapatan per kapita harus berjalan dalam kurun waktu yang lama sebab memerlukan proses yang tidak mudah dan melibatkan seluruh elemen dalam suatu negara. Perekonomian dapat dikatakan berkembang apabila ada kecenderungan peningkatan pendapatan per kapita dalam kurun waktu panjang. Akan tetapi, pendapatan per kapita tidak selalu haru ada peningkatan secara terus menerus.

Misalnya, jika suatu negara tertimpa musibah bencana alam, maka akan berdapampak pada pendapatan per kapita yang menurun sehingga mengalami kemunduran dalam bidang ekonomi. Hal yang paling penting adalah usaha-usaha untuk mengembangkan ekonomi rata-rata  tiap tahunnya selalu meningkat.

Peningkatan dan pembangunan ekonomi bisa dilakukan dengan penggunaan teknologi, manajemen, penanaman modal, penambahan pengetahuan dan keterampilan dan peningkatan kemampuan berorganisasi. Pembangunan ekonomi akan selalu terkait dengan pertumbuhan ekonomi (economic growth) yang berarti pembangunan ekonomi mendukung terjadinya pertumbuhan ekonomi. Begitu juga sebalinya, pertumbuhan ekonomi yang baik akan melancarkan pembangunan ekonomi.

Boediono mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi ialah sebuah proses meningkatnya output per kapita yang berlansung terus menerus dalam waktu yang panjang. Menurut Adam Smith, indikator pertumbuhan ekonomi yaitu pertumbuhan output total dan pertumbuhan penduudk. Pertumbuhan output yangn akan diraih dipengaruhi tiga hal, yaitu, tenaga kerja, jumlah persediaan dan sumber-sumber daya alam. Pembagunan ekonomi dilihat dari salah satu indikatornya yaitu pertumbuhan ekonomi. Apabila pertumbuhan ekonomi semkain tinggi, maka akan semakin tinggi juga  pemerataan kesejahteraan masyarakat, meskipun terdapat indikator lain yaitu distribusi pendapatan.

Baca Juga:  √ Pengertian AFTA, Anggota, Tujuan, Latar Belakang dan Manfaat

Perbedaan Antara 2 Hal Di Atas

Kedua hak penting dalam ekonomi di atas, yaitu keberhasilan pertumbuhan ekonomi umumnya bersifat kuantitatif yang artinya terdapat peningkatan standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan. Sedangkan, keberhasilan pembangunan ekonomi umumnya bersifat kualitatif di mana terjadi perubahan alokasi input dan struktur produksi di berbagai sektor perekonomian serta tidak hanya ada pertambahan produksi.

Dari penjelasan di atas, dapat kita tarik secara garis besar bahwa pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi adalah dua hal yang saling terkait dan saling mendukung. Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi memerlukan partisipasi seluruh unsur dalam negara dan dilakukan secara berkelanjutan agar bisa terwujud.

Demikianlah penjelasan materi Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan dan Proses Lengkap, semoga dapat mudah dimengerti oleh para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Baca juga artikel-artikel lainnya. 🙂