√ Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya

Posted on

Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya – Perkembangan ekonomi pada dasarnya dipahami sebagai sebuah indikasi adanya pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya

Pertumbuhan ekonomi adalah perubahan keadaan ekonomi sebuah negara menuju ke arah yang lebih baik di dalam periode tertentu secara berkelanjutan.

Pengertian Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi merupakan suatu proses perkembangan berupa peningkatan jangka panjang yang dialami sebuah negara atau perusahaan dalam menuediakan prosuk-prosuk pendukung proses perkembangan ekonomi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan. Perkembangan ekonomi berkaitan erat dengan pembangunan ekonomi.

Di dalam perkembangan ekonomi terjadi peningkatan pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan menghitung pertambahan jumlah penduduk serta perubahan-perubahan fundamental pada tatanan ekonomi sebuah negara dan pemerataan pendapatan penduduk di negara tersebut.

Faktor-Faktor Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi bisa dilihat dari faktor-fator yang memengaruhinya, yaitu :

Sumber Daya Media (SDM)

Sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor utama yang memengaruhi perkembangan ekonomi. Sumber daya manusia mempunyai pengaruh penting dalam hal ini. Proses perkembangan ekonomi berjalan bersama dengan proses pembangunan ekonomi. Sumber daya manusia merupakan subjek di dalam pembangunan ekonomi serta mempunyai kompetensi untuk mempercepat dan memperlambat perkembangan ekonomi.

 Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam adalah faktor perkembangan ekonomi yang tak kalah penting sebab bagi sebagian besar negara berkembang menggantungkan perkembangan ekonomi negara kepada sumber daya alam yang ada di negaranya. Sebuah negara akan sulit mendapatkan hasil produksi sumber daya alam yang baik jika sumber daya manusia yang mengelolanya tidak memiliki kemmapuan yang memadai meskipun sumber daya alam yang sangat baik kualitasnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional & Contoh

 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir bisa dijadikan sarana dalam mempercepat proses perkembangan ekonomi.

Modal

Modal adalah faktor yang bersifat kontinuitas dengan sumber daya manusia. modal adalah kebutuhan yang penting dalam perkembangan ekonomi. Modal bisa menaikkan hasil produksi dari kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya Terlengkap
Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya Terlengkap

 Budaya

Budaya memiliki dampaknya di dalam proses pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Budaya dapat membangkitkan dan mendukung pembangunan dan perkembangan ekonomi. Sikap kerja, kejujuran, keuletan dan kecerdasan merupakan faktor budaya yang mendorong perkembangan ekonomi.

Faktor-Faktor Penghambat Perkembangan Ekonomi

Proses perkembangan ekonomi dalam pelaksanaannya mengalami hambatan-hambatan yang umum ditemui. Berikut ini faktor-faktor penghambat perkembangan ekonomi.

Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)

Praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) membuat suatu negara sulit untuk bertumbuh dan berkembang dalam sektor ekonomi, dengan begitu akan timbul kekacauan di luar kendali dalam perkembangan ekonomi.

Inflansi

Inflasi akan menyebabkan menurunnya indeks kepercayaan kosnumen sebab masyarakat akan cenderung mengurangi kegiatan belanja. Masyarakat akan lebih berhati-hati dalam membeli barang sebab ada kekhawatiran terjadinya kenaikan harga.

Tingginya Suku Bunga

Tingkat suku bunga yang tinggi dapat pula berdampak pada peluang besarnya investasi dari pemodal-pemodal sehingga pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terutama di negara-negara berkembang akan meningkat.

Naiknya Harga BBM

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) turut memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi sebuah negara. Kebijakan tentang kenaikan harga BBM dapat memberikan multiplier effect yang berujung pada perkembangan ekonomi nasional.

Tingkat Keamanan

Kondisi keamanan sebuah negara menjadi faktor penting dalam proses perkembangan ekonomi. Negara dengan kondisi keamanan yang baik akan menciptakan perkembangan ekonomi yang baik pula, begitu pun sebaliknya. Stabilitas politik dan keamanan harus diciptakan demi perkembangan ekonomi yang baik.

Baca Juga:  √ Pengertian Reksadana, Jenis, Karakteristik, Manfaat & Resiko

Demikian penjelasan materi Pengertian Perkembangan Ekonomi Dan Faktor Penghambatnya. Terima kasih telah membaca artikel kami. Jangan lupa baca juga artikel-artikel kami lainya 🙂