√ 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa

Posted on

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa – Prosa mempunyai asal kata dari bahasa Latin yakni “prosa” yang berarti terus terang. Jenis tulisan prosa umum digunakan dalam mendeskripsikan sebuah gagasan atau fakta.

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa

Prosa biasanya digunakan dalam majalah, surat kabar, novel, surat, ensikolpedia dan media-media lainnya. Prosa dibedakan menjadi dua jenis prosa yakni prosa lama yang masih sangat terasa nuansa budaya timurnya, belum mendapat pengaruh budaya barat dan prosa baru yang dikarang dengan bebas tanpa terikat aturan.

Pengertian Prosa

Prosa mempunyai banyak pengertian sebagaimana yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut definisinya :

Henry Guntur Tarigan (1993)

Henry Guntur Tarigan (1993) berpendapat bahwa prosa ialah sebuah karya sastra fiktif realitas bukan aktualitas.

Herman J. Waluyo

Menurut Herman J. Waluto, prosa ialah karya fiksi yang dibedakan menjadi tiga macam yakni novel, cerita pendek atau cerpen dan roman.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Prosa dalam KBBI mempunyai arti sebagai karangan bebas yang tidak terikat dengan aturan-aturan yang ada dalam puisi.

Baca Juga:  √ Definisi Kalimat Efektif, Ciri & Contoh Kalimat Efektifnya

Teeuw (1984)

Menurut Teeuw (1984) prosa merupakan sebentuk kisah fiksi yang berusaha menjelaskan sebuah fakta .

Saleh Saad dan Anton M. Muliono (1998)

Saleh Saad dan Anton M. Muliono (1998) mendefinisikan prosa sebagai sebuah bentuk narasi dengan alur yang bersumber dari daya imajinasi.

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa
9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa

Aminuddin (2002)

Aminuddin (2006) memberikan definisi prosa yakni ceritera atau kisahan yang dilakoni pemeran tertentu dengan memperhatikan tahapan, rangkaian dan latar.

Zainuddin (1991)

Zainuddin (1991) menyatakan bahwa prosa ialah pengungkapan kejadian dengan jelas melalui uraian semua pikiran dan perasaan yang tidak terikat dengan syarat-syarat tertentu dalam suatu karya sastra.

B. Jassin (1989)

B. Jassin (1989) menyatakan bahwa prosa ialah ucapan seorang penyair melalui gagasan yang berbeda dari puisi yang merupakan ucapan penyair diserta penghayatan.

Wikipedia

Dari laman Wikipedia diketahui bahwa pengertian prosa ialah sejenis tulisan yang dibedakan dari puisi sebab variasi ritme yang ada padanya lebih besar dan bahasa yang digunakan lebih sesuai dengan makna leksikalnya.

Jenis-Jenis Prosa

Terdapat empat jenis prosa yang diketahui yakni :

  1. Prosa naratif
  2. Prosa deskriptif
  3. Prosa eksposisi
  4. Prosa argumentasi

Bentuk-Bentuk Prosa

Prosa dibagi menjadi dua yakni prosa lama dan prosa baru.

Prosa Lama

Prosa lama merupakan karya yang belum dipengaruhi kebudayaan barat. Prosa lama mulanya disampaikan secara lisan sebab dahulu bentuk tulisan belum dikenal. Setelah masuknya Islam ke Indonesia, maka masyarakat Indonesia mulai familiar dengan bentuk tulisan.

Sejak saat itu sastra tulisan dikenal dan mulai muncul rentetan pelopor sastra Indonesia. Beberapa bentuk prosa lama di antaranya :

Hikayat

Hikayat berasal dari Arab dan India berisi cerita kehidupan peri, dewi-dewi, putri, pangeran, raja-raja dan kerajaan dengan kekuatan magis. Ceritanya terkadang di luar nalar misalnya seseorang dengan kekuatan dan kesaktian luar biasa.

Baca Juga:  √ Jenis Etika, Manfaat Dan Ciri-Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Cerita hikayat banyak mengambil tokoh-tokoh dalam sejarah. Hikayat misalnya Si Pitung, Hikayat Hang Tuah, Hikayat Indra Bangsawan dan Hikayat Si Miskin.

Sejarah

Sejarah atau tambo adalah prosa lama berisi cerita dari peristiwa sejarah yang bisa dibuktikan dengan fakta. Selain itu, sejarah juga bercerita tentang silsilah raja-raja. Penulis sejarah biasanya para sastrawan masyarakat lama, misalnya Sejarah Melayu yang ditulis oleh Datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang di tahun 1612.

Kisah

Kisah adalah cerita berisi pelayaran atau perjalanan seseorang ke tempat-tempat di dunia, misalnya Kisah Abdullah ke Jeddah dan Kisah Abdullah ke Negeri Kelantan.

Dongeng

Dongeng ialah cerita imajinatif atau berisi khayalan dengan banyak jenis, di antaranya :

  • Fabel, cerita lama dengan penokohan hewan sebagai contoh pengajaran moral atau umum disebut juga cerita hewan.
  • Mitos atau mite, cerita-cerita yang berkenaan dengan kepercayaan akan benda atau hal yang dianggap mempunyai kekuatan gaib.
  • Legenda, cerita yang berkisah mengenai riwayat asal mula suatu tempat.
  • Sage, cerita lama yang berkaitan dengan sejarah dan beisi kisah kepahlawanan, keberanian, keajaiban dan kesaktian seseorang.
  • Parabel, cerita karangan yang menggambarkan sikap keagamaan atau moral memakai perbandingan atau ibarat.
  • Dongeng jenaka, kisah tingkah laku orang malas, bodoh atau cerdik dengan disisipi humor-humor di dalamnya.
Cerita Berbingkai

Cerita berbingkai adalah cerita yang dituturkan kembali oleh para pelakunya.

Prosa Lama

Prosa baru merupakan karya sastra yang sudah dipengaruhi budaya atau sastra barat. Contoh prosa baru antara lain :

Roman

Roman menceritakan tentang kehidupan suka duka si pelaku utama dimulai masa kecil hingga masa dewasa bahkan hingga meninggal dunia. Aspek kehidupan suatu masyarakat atau adat digambarkan dengan rinci dan menyeluruh di dalam roman dengan alur yang bercabang serta banyak pelanturan.

Novel

Novel menceritakan kehidupan pelaku utama dari sisi yang paling menarik, paling penting serta menyajikan konflik. Konflik yang dimaksud ialah pergolakan batin yang menimbulkan perubahan nasib si pelaku.

Baca Juga:  √ Pengertian Berita, Kriteria, Nilai, Jenis dan Proses Berita
Cerpen

Cerpen berkisah tentang sebagian kecil kehidupan tokoh utama yang paling menarik dan paling penting di mana ada pertikaian atau konflik namun tidak sampai menimbulkan perubahan nasih si tokoh.

Riwayat

Riwayat atau biografi bercerita tentang pengalaman-pengalaman hidup si pengarang (autobiografi), bisa juga pengalaman hidup orang lain sejak kanak-kanak hingga dewasa bahkan meninggal dunia.

Kritik

Kritik menrangkan secara rinci pertimbangan baik atau buruk sebuah hasil karya dengan menyertakan alasan-alasan tentang bentuk dan isi menurut kriteria tertentu yang objektif dan menghakimi.

Resensi

Resensi merupakan pertimbangan atau ulasan atau pembicaraan sebuah karya berbentuk film, buku, dramma dan lainnya yang sifatnya memaparkan supaya para penikmat karya mengetahui karya itu dari banyak aspek misalnya alur, tema, dialog, penokohan dan lainnya.

Esai

Esai ialah kupasan atau ulasan sepintas lalu sebuah persoalan menurut pandangan pribadi penulis. Isi esai bisa berupa tanggapan, hikmah hidup, komentar atau renungan mengenai seni, budaya asing, fenomena politik, sosial, film, drama, pementasan dan lainnya.

Itulah penjelasan materi 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa. Sudah pahamkah dengan materi prosa? Atau sudah ada pembaca yang pernah bahkan sering membuat prosa? 🙂