√ Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya (Terlengkap)

Posted on

Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya (Terlengkap) – Dalam komputer kita akan mengenal dengan yang namanya memori atau tempat penyimpanan data-data yang ada di dalam komputer.

Penyimpanan data yang ada di dalam komputer berguna untuk kita melakukan banyak aktivitas pada saat mengoperasikan komputer. Memori yang di gunakan dalam komputer ada yang bersifat permanen adan ada juga yang bersifat sementara seperti RAM.

Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya (Terlengkap)

Memori RAM seperti memori pada umumnya yang dapat menyediakan data-data bagi komputer yang akan dapat berguna di berbagai kesempatan. Untuk dapat mengerti tentang apa itu RAM akan di jelaskan dengan fungsi, bentuk, dan jenis RAM sebagai berikut.

Pengertian RAM

RAM merupakan komponen komputer yang menjadi memori tempat penyimpanan data secara sementara yang akan dapat di pakai ketika komputer akan menjalankannya dan dapat di ambil secara acak atau dnegan random. RAM sendiri memiliki kepanjangan yaitu Random Access Memory yang berarti pengaksesan memori secara random atau acak tidak beraturan.

Fungsi RAM

RAM atau Random Access Memori memiliki fungsi untuk dapat mempercepat proses data yang di lakukan oleh komputer atau PC. Ketika RAM yang di miliki oleh komputer itu semakin besar maka akan mempercepat kinerja komputer pula. Hal ini terjadi karena RAM dapat menyimpan semantara data yang di butuhkan komputer dan dapat di panggil dengan acak atau random, inilah yang dapat mempercepat proses data di komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap

Dengan mempercepat pengambilan datanya maka proses loading datanya akan dapat dengan cepat di proses dan di akses.

Bentuk RAM

Bentuk RAM yang ada di dalam PC ketika di lihat berbentuk seperi suatu rangkaian elektronik seperti sebuah chip. Untuk dapat memasangkannya, RAM dapat di masukkan pas dengan slot RAM yang ada di dalam motherboard. Slot RAM yang ada di dalam motherboard berbeda-beda tergantung dengan jenis RAM yang di pakai oleh motherboard itu sendiri.

Jenis RAM

RAM memiliki beberapa jenis yang di antaranya adalah:

DRAM (Dynamic RAM)

Merupakan suatu jenis RAM dengan penyegaran yang harus dapat di lakukan oleh CPU agar data yang adadi dalamnya tidak menghilang.

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

Merupakan suatu jenis RAM yang menjadi lanjutan dari DRAM yang talah melakukan disinkronisasi oleh clock system dan memiliki kecepatan yang tinggi jika di bandingkan dengan DRAM.

Pengertian RAM Berserta Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya Lengkap
Pengertian RAM Berserta Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya Lengkap

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)

Merupakan suatu jenis RAM yang menjadi lanjutan dari SDRAM yang dapat di sebut dengan DDR. Jenis memori ini memiliki generasi penerus seperti DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan memiliki DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM) dan terus berkembang hingga saat ini.

RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory)

Merupakan suatu jenis RAM dengan memori yang lebih cepat dari SDRAM yang sering di pakai pada komputer Pentium 4.

SRAM (Static Random Access Memory)

Merupakan suatu jenis RAM yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan penyegara dari CPU agar datanya tidak menghilang dan dapat tersimpan dengan baik. RAM ini memiliki keunggulan dari pada DRAM dan SDRAM.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Merupakan jenis RAM yang dapat di gunakan oleh system operasi Pentium. Pada jenis RAM ini mengambil data dan menyimpannya di dalam memori yang sama dan ini dapat membuat kecepatan baca dan tulisnya menjadi sedikit lebih cepat.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap)

Sekianlah penjelasan menganai Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Dan Jenisnya (Terlengkap)yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan ukuran RAM yang besar di dalam komputer kita akan dapat menggunakan komputer dengan lebih baik dan nyaman lagi karena proses yang di lakukan oleh komputer itu akan lebih cepat. Terimakasih 🙂