Pengertian Reptil Beserta Struktur, Fungsi Dan Cirinya Lengkap

Posted on

Pengertian Reptil Beserta Struktur, Fungsi Dan Cirinya Lengkap – Tuhan menciptakan banyak sekali Makhluk Hidup dimuka bumi ini dan setiap Mahluk Hidup yang diciptakannya memiliki beragam jenis dan habitatnya. Ada yang berada di air, udara, darat adapun yang berada di dalam tanah.

Setiap Makhluk hidup yang berada di air pada umumnya memiliki bentuk yang berbeda dengan makhluk yang berada di darat begitupun sebaliknya. Tetapi ada pula mahluk yang dapat hidup di dua alam contohnya seperti reptil. Reptil pada umumnya memiliki kemampuan untuk dapat bertahan hidup di dua alam yaitu di darat dan air. Berikut akan kami jelaskan mengenai pengertian, struktur, fungsi, dan juga ciri dari reptil.

Pengertian Reptil

Reptil merupakan suatu sistem organisme yang bertulang belakang atau merupakan organisme vertebrata atau yang dapat bergerak dengan cara melata ataupun yang memiliki empat kaki ditubuhnya. Anatomi tubuh dari reptil ini biasanya bersisik sehingga dapat menutupi seluruh bagian tubuhnya.

Selain itu hewan ini juga memiliki darah dingin atau yang sering disebut poikiloterm. Dan menurut para ahli, reptil ini merupakan suatu organisme yang dapat dan mampu bertahan hidup pada jangkauan daerah yang kering. Hal ini dikatakan para ahli pada saat pertama kali menemukannya.

Struktur Tubuh Reptil

Tubuh mahluk hidup jenis Reptil ini pada umumnya memiliki sisik yang dapat berguna untuk menutupi seluruh ttubuhnya. Didalam tubuh reptil ini memiliki kaki pendek dan juga memiliki ekor panjang dibagian ujung tubunya. Namun, tidak semua reptil memiliki kaki untuk berjalan. Ada beberapa jenis reptil yang tidak memiliki kaki sehingga ia berjalan dengan cara menggeliatkan tubuh dan ekornya secara beriringan.

Baca Juga:  Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap

Untuk dapat menggerakannya biasanya menggunkan cara dengan mengerutkan eluruh otot yang berada diantara kedua sisi tulang belakang yang dimiliki secara bergantian dengan teratur.

Salah satu contoh reptil yang tidak memiliki kaki adalah ular. Ular merupakan hewan reptil yang tidak memiliki kaki dan menggunkan otot sebagai alat untuk berjalan. Ular juga memiliki senjata berupa racun atau bisa mematikan yang dapat digunakan untuk membunuh musuhnya, melindungi diri serta untuk menangkap mangsanya.

Tak hanya racun dan bisanya yang mematikan tetapi lilitan dari tubuh ular juga bisa membunuh mangsa dan musuhnya.

Beberapa cotoh ular yang memiliki bisa beracun yang mematikan sebagai alat untuk melindungi diri dan juga menangkap mangsanya adalah King Cobra atau yang sering kita kenal dengan nama ular kobra dan juga viper dan masih banyak lagi. King cobra merupakan ular yang sangat berbahaya karena pada saat ia melihat musuh atau mangsanya mendekat ia tak akan segan-segan untuk memberikan bisa beracunnya dengan cara mematuk ataupun menggigit pada bagian tubuh musuh atau mangsanya tersebut dan bisa juga dengan cara menyemburkan bisa nya kearah musuh.

Pengertian Reptil Beserta Struktur, Fungsi Dan Cirinya Lengkap
Pengertian Reptil Beserta Struktur, Fungsi Dan Cirinya Lengkap

Bisa yang ada dalam tubuh ular memiliki kadar racun yang sangat tinggi bahkan sering dikatakan dapat mematikan seekor gajah sekalipun. Tidak membutuhkan waktu lama untuk racun ini melumpuhkan mangsanya karena bisa atau racun yang diberikann oleh ular akan langsung menyebar ketubuh mangsanya dalam hitungan detik saja dan dapat langsung menyerang ke jaringan syaraf mangsanya.

Contoh reptil selanjutnya adalah kadal, reptil satu ini memiliki kaki yang pendek serta ekor yang panjang dan kuat dibadannya. Kadal memiliki semacam sistem pertahanan diri yang kita sebut dengan sistem autonomi. Sistem utonomi merupakan suatu sistem petahanan diri yang dapat dilakukan dengan cara melepaskan bagian dari tubuhnya untuk mengelabuhi musuhnya pada saat iia merasa terancam.

Baca Juga:  √ Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya

Jenis kadal yang melakukan pertahanan diri tersebut adalah cicak. Jenis kadal selanjutnya juga memiliki kemampuan untuk dapaat berkamuflasse atau mengganti warna tubuhnya sesuai dengan warna yang ada disekelilingny. Cara ini dilakukan untuk mengelabuhi musuhnya pada saat ia merasa terancam oleh musuhnya. Jenis kadal yang dapat melakukan itu semua adalah bunglon.

Fungsi Tubuh Reptil

Pada umumnya bagian tubuh yang ada pada reptil telah memiliki fungsi dankegunaannya sendi. Reptil pada jenisnya juga memiliki ekor, kaki, pigmen kulit, sisik dan bisa atau racun.

  • Sisik yang terdapat pada tubuhnya dapat digunakan untuuk melindungi diri saat berada pada daerah yang suhu disekitarnya benar-benar kering.
  • Kaki reptil ini memiliki kegunaan untuk berjalaan dan memiliki kuku tajam disetiap jarinya sebagai alat perlindungan diri dan menambah kekuatan tubuh reptil pada saat mencengkram musuh dan mangsanya.
  • Pigmen Kulit merupakan suatu kemampuan khusus yang hanya imiliki oleh reptil berjenis bunglon yang memiliki cara melindungi diri dengan cara mengkamuflase seperti benda yang ada disekitarnya.
  • Ekor yang ada pada tubuh reptil biasanya dapat digunakan untuk membantu proses bergerak seperti yang digunakan oleh reptil berjenis ular yang akan menggunakan otot pada tubunya supaya dapat terus bergerak maju.
  • Bisa / racun yang dimiliki oleh beberaapa jenis reptil antara lain ular, komodo, dan juga biawak. Bisa ataau racun itu sendiri memiliki kandungan racun mematikan yang dapat digunakan untuk mematikan musuhnya dan juga mangsanya hanya dalam hitungan detik saja.

Ciri-Ciri Reptil

Ciri – ciri yang ada pada mahluk hidup jenis reptil antara lain sebagai berikut :

  • Pada tubuh reptil memiliki sisik kering yang bahan terbentuknya sisik itu terbuat dari zat taduk yang berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari lingkungan sekitar.
  • Reptil juga dapat berjalan dengan cara melata atau yang biasanya dilakukan dengan cara meletakan seluruh tubuhnya berada tepat ditanah dan dalam posisi tertelungkup, tetapi pada reptil jenis ular biasanya bergerak menggunakan otot yag ada pada tubuhnya secara bergantian.
  • Reptil juga memiliki dua pasang kaki yang memiliki cakar kuat dimasing – masing jarinya. Berbeda lagi dengan reptil jenis penyu yang memiliki bentuk kaki memipih sehingga berbentuk kayuh untuk dapat berenang lebih cepat.
  • Perkembangbiakan dari reptil memiliki dua cara yaitu dengan cara bertelur (ovipar) dan juga bertelur melahirkan (ovovivipar). Contoh dari reptil bertelur antara lain penyu, kura-kura, dan cicak. Dan contoh reptil yang bertelur dan melahirkan adalah ular.
Baca Juga:  √ 12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi

Berikut diatas merupakan penjelasan mengenai Pengertian Reptil Beserta Struktur, Fungsi Dan Cirinya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapaat menambah pengetahuan kalian. Terima kasih 😀