√ Pengertian Satelit dan Fungsi Satelit (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Satelit dan Fungsi Satelit (Pembahasan Lengkap) – Benda langit yang ada di luar angkasa sangatlah banyak dan jumlahnya pun ribuan bahkan jutaan hingga tidak dapat terhitung lagi dengan bentuk yang berbeda-beda ada yang besar dan da pula yang kecil.

Benda langit umumnya ada yang berkeliling dengan mengitari benda lain yang lebih besar tetapi ada pula yang mengelilingi bintang. Bintang yang terbesar di alam semesta kita adalah matahari yang di kelilingi oleh banyak benda langit diantaranya adalah satelit.

Pengertian Satelit dan Fungsi Satelit (Pembahasan Lengkap)

Satelit berkeliling di suatu planet tanpa tertarik oleh planet tersebut dan dapat terus berjalan seperti biasanya. Untuk dapat mengerti tentang apa itu satelit akan di jelaskan lebih lengkapnya dengan fungsinya lengkap sebagai berikut.

Pengertian Satelit

Satelit merupakan benda yang berada di luar angkasa mengelilingi benda lain dnegan menjaga gaya Tarik dari benda lain yang memiliki ukuran yang lebih besar. Satelit terbagi menjadi dua macam yang pertama satelit asli dan yang kedua satelit buatan.

Satelit Alami

Satelit alami merupakan benda yan ada di luar angkasa yang bukanlah buatan Manusia yang dapat mengorbit di suatu planet atau pada benda lainnya yang memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar darinya seperti contohnya satelit bumi yaitu bulan.

Baca Juga:  √ Pengertian Batuan Beku, Macam, Proses Dan Contohnya Lengkap

Satelit dapat juga di sebut atau di gunakan bagi planet yang ada di luar angkasa mengitari suatu bintang atau dapat pula merupakan suatu bintang yang mengelilingi pusat dari suatu galaksi. Tetapi ini sangat jarang di gunakan dan bumi sebenarnya adalah satelit yang dimiliki oleh matahari.

Satelit Buatan

Satelit buatan merupakan satelit yang di buat oleh Manusia yang kemudian di letakkan di ruang angkasa, dengan tujuan untuk dapat berkomunikas dengan radio yang memiliki frekuensi gelombang micro. Yang pada umumnya satelit ini  dapat mengorbit dengan orbit geosinkron atau geostasioner dengan beberapa tipe satelit orbit bumi rendah.

Satelit buatan Manusia ini memiliki manfaat dan tujuan yang di inginkan Manusia seperti:

Satelit Pengamat Bumi

Satelit ini merupakan satelit yang berguna untuk dapat mengamati bumi dengan rancangan khusus untuk dapat mengikuti bumi dari orbit deperti pada satelit reconnaissance yang memang di buat unutk penggunaan non-militer dengan mengamati lingkungan, pembuatan peta, meteorology, dan masih banyak yang lainnya.

Satelit Astronomi

Satelit ini merupakan satelit yang di rancang khusus untuk dapatmengamati planet, galaksi, dan benda yang ada di luar angkasa lainnya.

Satelit Cuaca

Satelit ini merupakan satelit yang di buat untuk dapat mengamati cuaca dan juga iklim yang ada di bumi ini.

Satelit Mata-Mata

Satelit ini merupakan satelit yang di buat untuk dapat menjadi pengamat bumi atau menjadi satelit komunikasi yang dapat di gunakan untuk menjadi mata-mata atau bertujuan militer.

Satelit Tenaga Surya

Satelit ini merupakan satelit yang di buat dengan orbit bumi tinggi dengan meakai transmisi gelombang micro agar dapat menyorotkan tenaga surnya dengan antenna besar yang berada di bumi untuk dapat di pakai menjadi sumber tentaga konvensional.

Baca Juga:  √ Pengertian Tenaga Eksogen, Jenis dan Contohnya (Lengkap)
Satelit Navigasi

Satelit ini merupakan satelit yang di gunakan untuk menyalurkan sinyal radio ke penerimanya yang berada di bumi dengan tujuan utnuk dapat menentukan arah lokasi dari sebuah titik di permukaan tanah.

Pengertian Satelit Beserta Fungsi Satelit Lengkap
Pengertian Satelit Beserta Fungsi Satelit Lengkap

Fungsi Satelit

Satelit memiliki fungsi tersendiri yang di antaranya adalah:

Sebagai Repeater

Ini berfungsi untuk dapat memperkuat sinyal, sinyal yang di perkuatnya akan di kirimkan jauh maka di perlukan sejumlah pembantu sinyal atau repeater untuk menambah daya sinyal dan menjadi penguat sinyal.

Sebagai Transmisi

Ini berfungsi untuk dapat memberikan sinyal internet dengan global seperti pada system jaringan WAN atau World Area Network.

Pelihat Cuaca Dan Iklim

Ini berfungsi untuk dapat mengetahui dan memantau bagaimana perkembagan bumi seperti yang BMKG lakukan utnuk melihat angin, tanah, air laut, gunung merapi, gempa, dan masih banyak yang lainnya dapat dengan mudah di pantau oleh satelit.

Untuk Dapat Melihat Benda Langit

Ini berfungsi untuk dapat mendalami atau meneliti benda lain yang berada di alam mau itu dari luar angkasa atau di dalam bumi sekalipun.

Sekianlah penjelasan menganai Pengertian Satelit dan Fungsi Satelit (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya satelit kita dapat berkomunikasi, melihat tv, mendengarkan radio, bermain internet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terimakasih 🙂