Pengertian Software, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh Software

Pengertian Software, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh Software ÔÇô Teknologi pada era ini telah sangat berkembang dan selalu update. Updatenya pun tidak main-main karena para pengembangnya telah melakukan banyak hal untuk memperbaruinya dengan versi yang di mutakhirkan.

Dengan banyak perkembangan yang ada maka kita haruslah mengerti dan mengenali teknologi yang ada saat ini. Maka dengan demikian kita tidak tertinggal dan dapat terus mengikuti perkembangan yang ada.

Pengertian Software, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh Software

Teknologi ini memakai software dan hardware untuk menjalankannya. Dengan begitu segala yang ingin kita lakukan akan dapat di laksanakan dengan baik oleh teknologi tersebut. Untuk lebih jelasnya akan kita jelaskan software sebagai berikut:

Pengertian Software

Software merupakan suatu bagian yang penting di dalam komputer dengan terdiri dari perintah-perintah pengoperasian. Maka dapat diartikan juga software sebagai perangkat tidak berwujud fisik. Perangkat lunak atau software ini memiliki banyak sekali fungsi tergantung program apa yang di tuliskan ke dalamnya.

Seiring perkembangan jaman, software telah banyak perkembangan juga. Dengan para pengembang atau pemogram yang dapat menggunakan bahasa pemograman, yang lalu di kombinasikan dengan banyaknya kode yang dapat di kenali oleh perangkat keras komputer maka terciptalah software yang baik dan dapat di gunakan sesuai kebutuhan.

Pengertian Software, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh Software

Perangkat ini banyak membantu para user atau pengguna dalam melakukan pekerjaan. Seperti ketika akan melakukan perhitungan, pengeditan gambar atau video, pembuatan file dokumen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri Software

Berikut adalah ciri-ciri dari software :

  1. Sebagai penunjang hardware
  2. Perangkat ini memiliki peranan penting di dalam mengelola perangkat keras yang ada pada komputer. Sehingga apa pun pekerjaan komputer dapat di lakukan dengan baik tergantung dari apa yang di inginkan.
  3. Memiliki karekter open source, shareware, freeware, atau commercial
  4. Selanjutnya software ini pada dasarnya dapat dipergunakan secara gratis akan tetapi adapula yang ketentuan tertentu yang di berikan pembuat kepada pengguna.
  5. Memerlukan file mentah atau installer untuk dapat memasangkannya
  6. Agar dapat menggunakan software tersebut, maka di butuhkan file mentah atau installer untuk dapat memasangkannya kedalam sistem komputer. Yang setelah itu dapat kita gunakan sesuai apa yang kita inginkan.
  7. Rentan sekali dengan adanya virus
  8. Perangkat lunak ini dapat dengan mudahnya terkena serangan virus dari komputer. Virus ini datang dari mana saja, ada dari unduhan atau dari virus yang sengaja di tanamkan. Tapi tenang ada software anti virus yang dapat menangkal virus jahat untuk masuk ke sistem kita.

Fungsi Software

Ada beberapa fungsi software diantaranya:

  1. Menjadi salah satu hal yang di perlukan komputer dalam mengoperasikan perintah tertentu.
  2. Dapat mengontrol hardware yang ada sehingga akan membuat hardware bekerja dengan baik dan sesuai dengan yang di inginkan.
  3. Sebagai suatu penghubung yang baik antara harware dan beberapa software dalam komputer.
  4. Dapat memberikan terjemahan perintah menjadi bahasa mesin agar dapat di terima hardware dengan baik dan menjalankannya.
  5. Dapat mengidentifikasi program apa saja yang ada pada komputer.

Untuk mengerti apa sih hardware itu kenapa berkaitan erat dengan software? Jawabannya dapat di pengertian hardware.

Jenis Software

Untuk jenis-jenis software sangat beragam sekali diantaranya:

Operating system

Jenis software ini dapat mengelola segala hardware yang ada di dalam komputer. Dia juga dapat membantu hardware dalam mengelola dan melakukan aktivitas sehingga dapat bekerja dengan baik di komputer.

Programming language

Ini adalah software untuk dapat memberi perintah. Atau bahasa untuk dapat menulis suatu perintah (program).

Program aplikasi

Dalam softare ini berisikan kegiatan kita sehari-hari seperti untuk dapat membuat dokumen, menghitung pembukuan dan yang lainnya.

Untuk dapat mengerti lebih lanjut mengenai apa sih software aplikasi? dapat di lihat di pengertian software aplikasi

Jenis Software Berdasarkan Distribusinya

Ada pula jenis software berdasar kepada distribusinya, diantaranya:

Adware

Ini adalah sesuatu yang di rancang dengan tujuannya sebagai pembagi iklan online dengan cara otomatis ke dalam layar komputer para pengguna. PPC atau Pay Per Click merupakan jenisnya yang dapat menghasilkan pendapatan.

Firmware

Berupa penyimpanan di dalam software dengan perannya yang hanya dapat membaca (tidak dapat merubah).

Freeware

Dalam jenis ini software tidak memiliki batas waktu yang di tentukan, akan tetapi sebagian software ini memiliki fitur yang kurang sempurna ketika di gunakan.

Malware

Menjadi jenis software yang apa bila di salahgunakan akan dapat berbahaya. Itu karena memang di peruntukkan untuk menginfeksi dan merusak komponen komputer. Ada banyak sekali jenisnya yang salah satunya virus komputer.

Opensource

Pada jenis ini ada perangkat lunak dengan kode sumber yang sangat terbuka. Kenapa demikian, karena kamu dapat mengubah, meningkatkan atau juga mendistribusikan kembali secara gratis (tidak membayar). Biasanya ini untuk para programer untuk membuat software tertentu.

Shareware

Ini berupa perangkat lunak yang secara gratis dapat di pergunakan bebas. Umumnya di gunakan untuk demonstrasi dengan waktu terbatas.

Spyware

Sebagai software yang memang di ciptakan sebagai mata-mata di dalam aktivitas yang di lakukan user. Ini juga sering menjadi pencurian data.

Contoh Software

Berikut contoh-contoh dari software:

Operasi Sistem = Microsoft Windows, Linux, UNIX dan MacOS.

Programming Language = JAVA, HTML, C++, PHITON, CSS dan PHP.

Program Aplikasi = Microsoft Office Word, Microsoft Office Power Poin dan Microsoft Office Excel.

Sekianlah penjelasan tentang Pengertian Software, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh Software oleh pustakaindo. Dengan adanya software dan hardware membuat komputer kita dapat beroperasi dengan baik dan benar. Terimakasih ­čÖé