√ Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasinya Lengkap

Posted on

Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasinya Lengkap – Di dalam ilmu kimia terdapat banyak macam cara melakukan perubahan zat. Perubahan zat di lakukan untuk dapat memaksimalkan kerja dari zat tersebut.

Perubahan zat yang terjadi adalah dengan mengubah zat padat menjadi cair, mengubah cair menjadi gas, mengubah gas menjadi padat, mengubah padat menjadi gas, dan masih banyak yang lainnya. Perubahan tersebut dapat kita amati dan kita lakukan sendiri.

Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasinya Lengkap

Perubahan tersebut ada yang menggunakan sublimasi. Untuk dapat lebih mengenal sublimasi dan contohnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Sublimasi

Sublimasi adalah suatu istilah kimia yang berkaitan dengan perubahan zat. Sublimasi juga dapat di sebut sebagai salah satu metode yang di gunakan untuk dapat memisahakan campuran kimia. Di dalam sublimasi, perubahan zat yang di alami adalah dengan mengubah zat padat menjadi gas atau zat gas menjadi padat kembali.

Partikel yang ada di dalam zat padat tersebut akan di panaskan pada suhu tertentu dan akan menyumblin menjadi gas. Dan ketika di berikan suhu turun akan mengubahnya kembali menjadi bentuk padat.

Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasi Lengkap
Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasi Lengkap

Di dalam pemisahan campuran yang di lakukan dengan cara sublimasi adalah dengan memanaskan zat padat yang ada di dalam zat padat lain sehingga zat padat tersebut menjadi gas. Gas yang telah di hasilkan itu selanjutnya di tampung dan di dinginkan kembali.

Pemisahan campuran dengan menggunakan metode sublimasi memerlukan syarat yaitu adalah partikel yang bercampur di harapkan memiliki titik didih yang tinggi sehingga akan mendapatkan uap dengan kemurnian yang tinggi.

Baca Juga:  √ Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat, Efek, Dampak & Contoh

Contoh Sublimasi

Contoh sublimasi yang ada di sekitar kita adalah proses pembuatan kapur barus. Di dalam campuran kapur barus dengan arang yang kemudian di panaskan dehingga partikel kapur barus yang dapat menyumblin dapat menguap. Setelah mendapatkan uap tersebut maka akan di lakukan proses pendinginan sehingga akan membentuk padat kembali.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Sublimasi Kimia Dan Contoh Sublimasinya Lengkap yang di jelaskan pustakaindo. Dengan melakukan metode sublimasi, perubahan zat yang di alami dalam kimia akan memiliki tingkat kemurnian yang tinggi jika memiliki syarat yang di perlukan dalam metode tersebut. Terimakasih 🙂