√ Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh

Posted on

Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh – Taman Nasional atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan National Park termasuk dalam salah satu kawasan yang keberadaannya sangat penting dalam upaya melestarikan makhluk hidup beserta plasma nutfah.

Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh

Taman nasional di Indonesia tersebar mulai Sabang hingga Merauke.

Pengertian Taman Nasional

Pengertian taman nasional didasarkan pada pemikiran beberapa ahli, antara lain :

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. 4 Tahun 2016

Taman Nasional menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. 46 Tahun 2016 Tentang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Panas Bumi Pada Kawasan Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam Pasal 1 ayat 1 yitu kawasan yang dijadikan sebagai tempat melestarikan alam dengan ekosistem asli yang pengelolaannya berasarkan sistem zonasi dan mempunyai manfaat dalam bidang ilmu pengetahuan, penelitian, penunjang budidaya, pendidikan, rekreasi dan pariwisata.

Basuni

Basuni mengartikan taman nasional sebagai suatu kawasan konservasi yang ada di darat maupun di laut dengan karaktersitik keaslian serta keberagaman ekosistem yang khas sebab flora dan fauna, geomorfologis dan budaya memiliki nilai keindahan yang seluruhnya berhubungan dengan kepentingan serta menjadi sebuah warisan kekayaan alam nasional atau internasional yang pengelolaannya berdasarkan tujuan mengawetkan sumber daya alam, penelitian, pendidikan, turisme dan rekreasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri & Contoh

Ditjen PHKA Departemen Kehutanan dan Perkebunan

Taman nasional menurut Ditjen PHKA Departemen Kehutanan dan Perkebunan yaitu kawasan yang dijadikan tempat pelestarian alam dengan ekosistem asli yang pengelolaannya menggunakan sistem zonasi yang pemanfaatannya untuk tujuan ilmu pengetahuan, pendidikan, penelitian, penunjang budidaya dan rekreasi alam.

Mac Kinnon dkk.

Mac Kinnon dkk. (1993) menyatakan bahwa taman nasional merupakan sebuah kawasan yang peruntukkannya yaitu melindungi kawasan dengan cara alami yang memiliki pemandangan indah dan keberadaannya dianggap penting dalam skala nasional dan internasioanl dan memiliki nilai untuk dimanfaatkan dengan tujuan pendidikan, ilmiah dan rekreasi.

Fungsi dan Tujuan Taman Nasional

Taman nasional mempunyai fungsi dan tujuannya tersendiri. Fungsi dan tujuan taman nasional, yaitu :

  1. Taman nasional dibuat sebagai kawasan pemeliharaan contoh yang mewakili satuan biotik utama guna melestarikan fungsinya di dalam ekosistem.
  2. Taman nasional dibangun sebagai upaya memelihara keanekaragaman ekologi serta hukum lingkungan.
  3. Taman nasional dimanfaatkan dalam usaha pemeliharaan struktur, objek dan warisan budaya (tapak peninggal).
  4. Di dalam taman nasional dilakuka perlindungan pada panorama alam yang wilayahnya terbatas hanya di dalam taman nasional saja.
  5. Taman nasional menyediakan sarana rekreasi dan turisme yang terbatas di beberapa wilayah taman nasional saja.
  6. Taman nasional memberikan sarana penelitian, pemantauan dan pendidikan di lingkungan yang masih alami.
  7. Taman nasional mendukung dan menunjang pembangunan serta pengembangan wilayah pedesaan dan pemanfaatan lahan marginal yang rasional.
  8. Taman nasional memelihara keberadaan sumber air sungai dan pencapaiannya terkait tujuan-tujuan lain yang sesuai.
  9. Melalui taman nasional, dapat dilakukan pengendalian erosi dan sedimentasi (pengendapan) sertasi melindungi bagian hilir.

Manfaat Taman Nasional

Keberadaan taman nasional membawa manfaat tersendiri bagi lingkungan di sekitarnya. Berikut ini beberapa manfaat taman nasional.

Baca Juga:  √ Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri & Contoh

Keindahan (Estetika)

Taman nasional dapat dimanfaatkan menjadi suatu kawasan untuk menjaga keseimbangan unsur biotik dan abiotik di wilayah daratan dan perairan.

Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh
Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh

Jaminan Masa Depan

Keberagaman sumber daya alam yang ada di kawasan taman nasional di wilayah darat dan air menjadi jaminan yang bisa digunakan dengan terbatas untuk kehidupan yang lebih baik bagi generasi saat ini dan generasi mendatang.

Ekonomi

Taman nasional salah sattunya dapat digunakan dalam menambah nilai ekonomis yang berguna untuk meningkatkan ekonomi penduduk bahkan negara.

Penelitian dan Pendidikan

Taman nasional bisa digunakan sebagai tempat penelitian sumber-sumber daya alam yang jenisnya sangat banyak.

Ekologi

Taman nasional merupakan salah satu upaya menjaga keseimbangan ekologis melalui       unsur-unsur abiotik yang ada di darat dan di air.

Macam-Macam Zona Taman Nasional

Pembagian zona taman nasional diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1998. Zona taman nasional dibagi menjadi beberapa, yaitu :

Zona Inti

Zona inti merupakan bagian dari taman nasional dengan keberagaman jenis flora, fauna dan ekosistem yang mewakili format biota tertentu dan suatu satuan yang disusun dari ciri khas ekosistem di kawasan nasional di mana kondisi fisiknya masih alami dan belum terjamah manusia.

zona inti memiliki kondisi biota dan fisik yang alami. Zona inti taman nasional cukup luas dengan bentuk tertentu yang menjadi jaminan keberlangsungan hidup jenis-jenis mahkluk hidup tertentu.

Zona Rimba

Zona rimba adalah kawasan yang menjadi habitat maupun daerah jelajah guna melindungi serta menunjang upaya pengembangbiakan jenis-jenis satwa liar. Pada zona rimba, ekosistem dan keberagaman jenis memiliki fungsi untuk menyangga zona inti dan menjadi tempat hidup bagi jenis satwa migran.

Zona rimba juga berfungsi untuk mengawetkan dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berguna untuk penelitian, habitat satwa-satwa migran, penunjang budaya, pendidikan konservasi, pendukung zona inti serta wisata terbatas.

Baca Juga:  √ Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri & Contoh

Zona Pemanfaatan

Zona pemanfaatan adalah kawasan yang memiliki daya tarik alan, misalnya tumbuhan, satwa dan informasi ekosistem tertentu serta formasi geologis yang menawan dan unik dengan luas yang cukup untuk menjamin kelestarian potensi berupa pesona yang dapat digunakan untuk tujuan rekreasi alam dan pariwisata.

Secara singkat, fungsi zona pemanfaatan yaitu kawasan pengembangan pariwisata dan rekreasi, pengembangan pendidikan dan penelitian, jasa lingkungan yang menudukung adanya kegiatan-kegiatan budidaya.

Contoh Taman Nasional di Indonesia

Indonesia saat ini mempunyai kurang lebih 50 taman nasional yang pengelolaannya berada di tangan Kemneterian Kehutanan Republik Indonesia. Taman-taman nasional di Indonesia, antara lain :

  1. Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara
  2. Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi
  3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu hingga Sumatera Selatan
  4. Taman Nasional Ujung kulon di Jawa Barat
  5. Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT)
  6. Taman Nasional Lorentz di Papua Barat

Itulah penjelasan materi Pengertian Taman Nasional, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Contoh. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Baca juga ya artikel kami lainnya. 🙂