√ Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Terlengkap

Posted on

Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Terlengkap – Kita berfikir bahwa dunia ini atau bumi ini adalah tempat yang luas tetapi kita tidak mengetahui bahwa ada tempat yang lebih luas ladi yaitu di luar angkasa.

Luar angkasa tidak ada batasan kita ingin pergi kemana, banyak astronot dan para ilmuan yang ingin mejelajahi luar angkasa dan mendapat beberapa pengetahuan ketika di bawa pulang kembali ke permukaan bumi.

Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Terlengkap

Pengetahuan yang di bawanya adalah tentang system tata surya. System ini yang membuat bumi kita selalu berputar tanpa kita sadari. Untuk lebih mengetahui tentang apa itu tata surya akan di jelasakan dengan anggotanya lengkap sebagai berikut;

Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah sautu kumlan yang terdiri dari benda benda langit dan sebuah bintang besar yang di sebut dengan matahari dan segala objek yang terkat dengan gaya grafitasinya. Objek yang di maksud adalah 8 objek yang telah di ketahui yang berorbit dengan bentuk elips, yang terdiri dari 5 planet kecil, dan 173 satelit alami yang sudah dapat di identifikasi serta jutaan benda langit seperti meteor, komet, asteroid, dan lainnya.

Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Lengkap
Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Lengkap

Tata Surya atau yang di sebut dengan Solar System adalah suatu sistem berputarnya planet-planet, meteor, komet, satelit, dan juga asteroid yang di tengahnya adalah matahari sebagai pusat dari tata surya. Semua yang ada di dekat matahari akan terhisap oleh gaya grafitasi yang di miliki oleh matahari.

Baca Juga:  √ Pengertian Erosi Tanah, Proses, Jenis-Jenis dan Cara Mencegahnya

Anggota Tata Surya

Anggota tata surya terdiri dari :

Matahari

Matahari adalah bintang utama dari tata surya yang merupakan konponen terpenting dari sistem tata surya. Bintang ini memiliki 332.830 massa bumi. Masa sebesar ini dapat menyebabkan kepadatan di inti yang sangat besar dan dapat berkesinambungan dengan nuklir dan dapat menyemburkan energy yang sangat dahsyat. Matahari sangat berarti bagi kehidupan di bumi karena sinarnya dapat memberikan manfaat yang baik bagi makhluk hidup.

Planet

Planet yang ada di sekitar matahari adalah sebagai berikut:

Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Lengkap
Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Lengkap
Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari dan berukuran paling kecil diantara planet lainnya. Gravitasi yang terdapat di planet ini hanya sepertiga dari gravitasi bumi.

Venus

Venus adalah planet yang dekat dengan merkurius dan bumi. Tekanan udara yang di miliki planet ini adalah 20 kali tekanan di bumi, planet ini tertutup awan setebal 48 km. Di planet ini terdapat batuan tua dan pegunungan muda serta atmosfer yang terdiri dari CO2, N, dan O2.

Bumi

Bumi Adalah Planet satu-satunya yang dapat untuk di hidupi oleh makhluk hidup. Bumi adalah planet yang istimewa karena hanya di bumi ini Manusia, hewan, dan tumbuhan dapat hidup dengan sehat dan baik yang tidak dapat di temui makhluk hidup lain selain di planet ini.

Mars

Mars adalah planet yang dekat juga dengan bumi. Planet mars memiliki dua satelit yang mengelilingi planet ini secara alami.

Yupiter

yupiter atau Jupiter adalah planet terbesar yang ada di tata surya. Struktur dari planet ini hamper sama dengan matahari yang terdiri dari hydrogen dan campurannya.

Saturnus

planet ini adalah yang terbesar kedua setelah yupiter atau Jupiter. Yang menonjola adalah adanya cincin yang mengelilingi planet tersebut. Cincin tersebut terdiri dari 3 lapisan yang sangat indah.

Baca Juga:  √ Pengertian Vulkanisme, Proses, Gejala dan Fenomenanya
Uranus

Planet Uranus adalah planet yang mengelilingi matahari dengan waktu 84 tahun dengan rotasi berkecepatan 11 jam. Planet ini memiliki5 satelit yang mengelilinga setiap saat.

Neptunus

Planet ini adalah yang terjauh dari matahari dan waktu melintasi mataharinya adalah selama 165 tahun dan memiliki waktu rotasi sebesar 15 jam.

Asteroid

Asteroid adalah bebatuan yang ada di antara planet mars dan planet Jupiter. Asteroid adalah hancuran dari planet yang tidak jadi karena kalah gravitasi dengan planet jupitar.

Komet

Komet adalah kumpulan dari bongkahan batu yang di tutupi oleh kabut gas. Semakin dekat komet yang mendekati matahari maka anan mendapat tekanan yang kuat pula dari matahari dan memunculkan ekor yang dapat memanjang.

Benda Langit Lainnya

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Terlengkap yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan melihat planet yang ada di dalam tata surya kita dapat mengetahu selain bumi ada planet lain yang mengelilingi matahari setiap saatnya. Terimakasih 🙂