√ Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap)

Posted on

Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap) – Pada zaman sekarang ini teknologi telah banyak berubah dan berkembang menjadi sangat modern. Perkembangan zaman ini membuat para mayarakat harus lebih giat berusaha untuk dapat mengimbangi kemajuan dunia.

Kemajuan yang sangat terlihat adalah sudah banyaknya jaringan internet yang tersebar ke pelosok dunia. Bahkan di dalam pedalaman suatu daerah atau di lautan terdapat jaringan internet yang dapat di akses menggunakan alat elektronik yang terdapat fitur internet.

Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap)

Di dalam internet untuk dapat mengakses sesuatu di perlukan web server. Untuk dapat mengerti tentang pengertian web server serta fungsi webserver akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Web Server

Web server atau server adalah suatu program software yang memiliki layanan berbasis data dan memiliki fungsi sebagai penerima permintaan dari HTTPS atau HTTP kepada klien yang di kenal dan mengirimkan kembali hasil yang di dapatkannya yaitu berupa dokumen html atau halaman web. Web browser tersebut sering kita jumpai dan kita gunakan adalah google chrome, Mozilla firefox, opera, dan lain-lain.

Fungsi Web Server

Fungsi web server adalah untuk dapat melakukan atau dapat mengirimkan berkas permintaan pengguna dengan menggunakan protokol komunikasi dengan penentuan sedimian rupa. Di dalam halaman web yang telah di minta memiliki beberapa berkas yang d antaranya adalah teks, video, file, gambar, dan lagi yang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Contoh dari web server tersebut adalah Apache. Apache adalah salah satu web server yang banyak di gunakan internet. Sistem operasi lingkungan UNIX adalah program pertama yang di gunakan untuk mendesainnya. Apache memberikan pelayanan yang baik kepada para penggunanya dengan memberikannya program-program pendukung yang banyak.

Beberapa fitur di dalam Apache adalah sebagai berikut:

Control Acces

Control Acces di jalankan dengan berdasar nama host atau dari nomor IP CGI (Common Gateway Interface) yang sering di gunakan danterkenal adalah pearl.

Pengertian Web Server Serta Fungsi Web Server Lengkap
Pengertian Web Server Serta Fungsi Web Server Lengkap

PHP

Program tersebut menggunakan metode CGI, yang telah memproses tks dan juga bekerja di server. Php mendapatkan dukungan apache dengan menjalankan salah satu modulnya dengan begitu kinerja dari PHP menjadi lebih baik.

SSI atau Server Side Includes

Kelebihan Web Server Apache

Web server Apache memiliki banyak kelebihan. Kelebihan dari web server apache adalah sebagai berikut.

  1. Apache adalah program freeware.
  2. Mudah dalam instalasinya.
  3. Dapat beroperasi pada platform sistem operasi manapun.
  4. Mudah dalam mengatur konfigurasinya.
  5. Mudah menambah peripheral lain ke dalam web servernya.

Contoh Web Server

Contoh dari web server lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Lighttpd
  2. Apache Tomcat
  3. Sun Java System Web Server
  4. Zeus Web Server
  5. Xitami Web Server

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap) yang di jelasakan oleh pustakaindo. Dengan web server kita dapat mengakses internet dan menemukan apa yang kita ingin temukan di dalamnya. Terimakasih 🙂