√ Perjanjian Renville, Isi, Dampak Dan Tujuannya (Terlengkap)

Posted on

Perjanjian Renville, Isi, Dampak Dan Tujuannya (Terlengkap)– Bertemu lagi dan kali ini kita akan membahas artikel tentang penjanjian renville, dikarenakan masih banyak yang belum mengetahui tentang penjanjian renville serta isi dari perjanjian tersebut.

Oleh karena itu kita akan membahas mengenai isi penjanjian renville agar dapat membantu para pembaca agar bisa memahami serta mengetahui apa isi perjanjian renville.

Perjanjian Renville, Isi, Dampak Dan Tujuannya (Terlengkap)

untuk lebih jelasnya kita langsung saja membahas artikel berikut ini.

Isi Perjanjian Renville

Perjanjian renville adalah persetujuan yang telah diadakan perundingan-perundingan yang mana sudah menghasilkan isi dari persetujuan serta perjanjian-perjanijian yang sering disebut dengan perjanjian renville ataupun persetujuan renville, perjanjian ialah perundingan yang tengah berlangsung dikapal renville. 

Kapal milik Amerika Serikat pada bulan desember 1947 karena itu nama dari persetujuan dan juga perjanjian renville tersebut diambil dari perundingan yang sudah terjadi di kapal renville.

Dimana pada persetujuan itu memiliki banyak sekali poin atau isi dari pokok didalam persetujuan dan juga perjanjian yang ada pada perjanjian renville serta didalam perjanjian renville memiliki akibatnya bagi indonesia. Yang membuat banyak kerugikan untuk indonesia karena isi pokok perjanjian tersebut.

Yang kemudian mengakibatkan tindakan yang dilakukan belanda tidak berhenti ataupun lenyap tetapi malah semakin bertambah yang kemudian membuat kekisruhan semakin bertambah banyak, dikarena akibat yang disebabkan oleh isi pokok perjanjian renville.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Organisasi Internasional, Tujuan, Macam & Contoh

Perjanjian renville sendiri menjadikan belanda melakukan berbagai hal dan tindakan tanpa seizin dan persetujuan indonesia, sehingga perjanjian renville tersebut tidak memberikan hasil  serta memberikan keuntungan untuk indonesia. Supaya lebih jelasnya kita mengetahui tentang perjanjian renville kita lanjutkan saja pembahasan selanjutnya.

Perjanjian Renville

Dengan menggunakan perantara dari KTN yang akhirnya dapat mengadakan perundingan kembali. Dan perundingan juga berlangsung di atas kapal renville, kapal milik dari Amerika Serikat pada bulan desember 1947.

Dan delegasi indonesia yang pada waktu itu diketuai oleh Amir Syarifudin, sedangkan dari delegasi belanda seniri yang pada waktu itu diketuai oleh Abdulkadir Wijoyoatmojo. Dan pada akhirnya perundingan ini menghasilkan persetujuan renville dan juga ditandatangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan pada bulan januari 1948.

Perjanjian Renville Beserta Isi, Dampak Dan Tujuan Perjanjian Renville Lengkap
Perjanjian Renville Beserta Isi, Dampak Dan Tujuan Perjanjian Renville Lengkap

Isi Pokok Dari Perjanjian Renville

Isi perjanjian renville memiliki pokok didalamnya apa saja pokok dari isi perjanjian renville? mari kita membahasnya kembali dibawah ini.

  1. Belanda tetap berdaulat atas keseluruhan wilayah indonesia sampai kedaulatan diserahkan kepada republik indonesia serikat,  yang harus disegera untuk dibentuk.
  2. RIS mempunyai kedudukan yang sejajar dengan negeri belanda didalam UNI Indonesia-Belanda.
  3. Republik indonesia menjadi bagian negara dari RIS.
  4. Pasukan republik indonesia yang ada pada daerah penduduk harus ditarik masuk ke dalam daerah republik indonesia.
  5. Sebelum terbentuknya RIS belanda harus menyerahkan sebagian dari kekuasaan yang dimiliki kepada pemerintahan federal sementara.

Tujuan Perjanjian Renville

Agar dapat menunujukan kepada dunia internasional bahwa republik indonesia hanyalah salah satu negara kecil yang berada pada wilayah indonesia.

Dampak Perjanjian Renville

Akibat yang terjadi dari perjanjian renville bagi republik indonesia, supaya lebih jelasnya apa saja dampak yang telah disebabkan langsung saja kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap

Kabinet Amir Syarifudin Bubar ( januari 1948)

Dikarenakan kebijaksanaan politiknya yang pada saat itu menyetujui perjanjian renville yang ditentang keras dengan sebagian besar dari rakyat indonesia serta partai-partai. Perjanjian itu juga sangat merugikan bangsa indonesia.

Wilayah Kekuasaan Republik Indonesia Makin Berkurang

Daerah-daerah yang sudah direbut belanda saat terjadinya perang kolonial I yang lepas dari republik indonesia. Wilayah republik, baik yang ada diwilayah jawa atau yang ada disumatra terpecah-pecah. Didaerah satu dengan daerah yang lainnya terpisah dari daerah yang diduduki oleh belanda.

Medan Bersenjata Makin Menyempit

Ribuan dari pasukan republik indonesia dengan keterpaksaan harus mau hijrah dari daerah-daerah penduduk. meskipun mereka sering melancarkan perang gerilya yang dilakukan di belakang belanda.

Sekian penjelasan yang sudah diberikan mengenai
Perjanjian Renville, Isi, Dampak Dan Tujuannya (Terlengkap), semoga memberikan manfaat bagi para pembaca dan juga dapat memberikan ilmu yang dapat menambah wawasan dari para pembaca, terimakasih 🙂