26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )  – Sosialisasi merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dalam kehidupan bermasyarakat sosialisasi itu merupakan cerminan dari sifat,kepribadian, dan tingkah laku diri kita. Saat kita mampu bersosialisasi dengan baik maka kepribadian dan tingkah laku yang ada di diri kita akan dinilai baik oleh orang lain.

Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba menjelaskan mengenai Sosialisasi. Pengertian sosialisasi yang akan kami jelaskan berdasarkan menurut pendapat para ahli yang akan dibahas dengan lengkap, sedetail mungkin, dan mudah dipahami.

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Untuk itu silahkan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Para ahli sosialisasi memberikan pendapatnya mengenai apaitu sosialisasi sebagai berikut:

David B. Brinkerhoft Dan Lynn K.White

Adalah suatu proses untuk mempelajari suatu peran, status dan nilai yang diperlukan oleh seseorang untuk partisipasinya dalam institusi dan ligkungan sosial.

James. W. Vander Zanden

Menurut James. W. Vander Zanden adalah suatu proses interaksi sosial yang dimana seseorang dapat memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

David Gaslin

Adalah sebuah proses pembelajaran yang dialami seseorang untuk dapat memperoleh pengetahuan tentang suatu nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi secara efektif sebagai anggota kelompok masyarakat.

John C. Macionis

Menurut John C. Macionis adalah pengalaman sosial seumur hidup yang dimana individu tersebut dapat mengembangkan dan meningkatkan  potensi yang ada pada dirinya dan mempelajari pola-pola kehidupan sosial.

Nursal Luth

Adalah suatu proses dimana ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial yang ada pada dirinya.

Jack Levin Dan James L. Spates

Menurut Jack Levin dan James L. Spates adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

Edward Shils

Adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur perlu dilalui seorang individu tersebut untuk menjadi seorang anggota atau kelompok masyarakat yang berjiwa sosial tinggi dengan melalui pembejalaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu sendiri.

Sukandar Wiraatmaja

Menurut Sukandar Wiraatmaja adalah proses belajar mulai dari sejak bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.

26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli
26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Wright Wright

Adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan pada dirinya “sampai tingkat tertentu” norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

Prof. Dr. Nasution, S.H.

Menurut Prof. Dr. Nasution, S.H. adalah proses membimbing individu menuju ke dalam dunia sosial “sebagai warga masyarakat yang dewasa” yang mempunyai sikap dan jiwa sosial yang tinggi dan dapat hidup bermasyarakat dengan baik.

Paul B. Horton

Adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarkat di lingkungan tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya secara lebih efektif.

Giddens

Menurut Giddens adalah sebuah proses dimana yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap. Sampai akhirnya menjadi suatu pribadi yang sadar akan keadaan dirinya sendiri, pribadi yang berpengetahuan luas dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan dilingkungan tempat ia tinggal.

Bruce J. Cohen

Adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara bahaimana kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian baik. Dan membangun kepastian diri agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Ritcher JR

Menurut Ritcher JR adalah proses seseorang dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa. Dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan bermasyarakat dilingkungan masyarakat tersebut.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Adalah suatu proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert M.Z. Lawang adalah proses seseorang dalam mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan seseorang untuk berpartisipasi dimasyarakat secara efektif dalam kehidupan sosial.

Irvin L. Child

Adalah segenap proses yang menuntut individu untuk mengembangkan potensi diri dan tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

Karel J. Veeger

Menurut Karel J. Veeger adalah suatu proses belajar mengajar dalam diri seseorang untuk membentuk kepribadian yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Koentjaraningrat

Adalah seluruh proses dimana seorang individu yang sejak masa kanak-kanak sampai dengan ia dewasa berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya untuk membentuk kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya.

Horton Dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt adalah proses dimana seseorang individu menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik dalam dirinya.

Charlotte Buhler

Adalah proses yang membantu individu-individu untuk belajar dan menyesuaikan diri. Terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi didalam kelompoknya.

Stewart

Menurut Stewart adalah proses untuk memperoleh suatu kepercayaan, sikap, nilai dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

Peter L. Berger

Adalah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat. Adapun yang dipelajarinya adalah peranan pola hidup dalam masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma-norma. Maupun kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat agar ia dapat berkehidupan efektif. Layaknya masyarakat yang ada dilingkungan tempat ia tinggal.

Broom dan Selznic

Menurut Broom dan Selznic adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok. Pada diri seseorang untuk membentuk suatu pribadi yang lebih baik.

Soerjono Soekanto

Adalah proses sosial tempat dimana seorang individu bisa mendapatkan pembentukan sikap dan perilaku agar dapat berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Wikipedia

Menurut Wikipedia adalah proses penanaman atau pentransferan suatu kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

Demikianlah telah kami jelaskan mengenai 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap ) semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih 🙂