√ Pengertian Workshop, Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop

Posted on

Pengertian Workshop, Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop – Setiap individu di bumi ini pasti memiliki masalah yang harus dapat di pecahkan dengan menemukan solusinya yang pas untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Penyelesaian masalah harus dapat di lakukan demi keberlangusngan kehidupannya di bumi ini. Permasalahan dapat timbul dari aktivitas yang kita perbuat. Apakah perbuatan kita membuat kita menemukan masalah atau dapat sebaliknya tergantung dari diri kita.

Pengertian Workshop, Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop

Permasalahan pasti dapat terselesaikan jika di pikirkan matang-matang tentang solusi yang pas di gunakannya. Permasalahan padat di selesaikan secara berkelompok dan meminta bantuan atau di kerjakan bersama. Untuk dapat menyelesaikan masalah dapat di bentuk juga kelompok workshop. Untuk dapat lebih jelasnya pengertian workshopakan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Workshop

Workshop berasal dari kata work dan juga shop. Work berarti bekerja atau kerja, sedangkan kata shop berarti toko atau tempat untuk berbelanja. Dan kata workshop berate adalah suatu perkumpulan antara dua individu atau lebih dengan latar belakang (pekerjaan) yang sama dan berkumpul demi menyelesaikan masalah tertentu.

Workshop berupa tempat berkumpulnya manusia yang berlatar belakang (pekerjaan) yang asam dan saling berinteraksi guna menemukan solusi atas masalah yang di hadapinya.

Pengertian Workshop Beserta Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop Lengkap
Pengertian Workshop Beserta Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop Lengkap

Jenis Workshop

Jenis dari workshop di bedakan menjadi dua bagian. Jenis workshop tersebut adalah sebagai berikut.

Workshop Mengikat

Workshop jenis ini adalah ketika hasil yang telah di dapatkan dari workshop tersebut mengikat peserta yang ikut hadir di dalamnya. Contohnya adalah pada standarisasi ISO.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis & Bentuk Prosa

Workshop Tidak Mengikat

Workshop tidak mengikat adalah ketika selesai dan mendapatkan hasil dari workshop tersebut para peserta tidak mendapat tekanan untuk mengikuti hasil yang di dapat. Contohnya adalah pada workshop tentang asap kendaraan yang mengandung zat kimia.

Tata Pelaksanaan Workshop

Dalam suatu workshop memiliki rangkaian acara di dalamnya agar workshop tersebut tidak berantakan dan dapat dengan baik di laksanakan. Tahap pelaksanaanya adalah sebagai berikut.

  1. Masalah yang di bahas dalam workshop
  2. Tujuan diadakan workshop.
  3. Menentukan cara memecahkan masalah
  4. Prosedur tekhnis workshop
  5. Membahas permasalahan dengan beberapa orang

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Workshop, Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop  yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan mengikuti workshop kita dapat mengetahaui bagaimana masalah ini terpecahkan dan dapat bertemu orang lain yang memiliki masalah yang sama dengannya dan dapat mulai berbagi pengalaman dan mendapat beberapa cara memecahkan masalahnya. Terimakasih 🙂