√ Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Posted on

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer – Di era yang serba modern ini semua aktifitas yang di lakukan kita setiap harinya tidak terlepas dari yang dinamakan komputer. Komputer ini dapat memberikan peranan yang penting bagi kehidupan kita.

Banyak kegunaan komputer seperti ada yang berkerja menggunakan komputer, belajar menggunakan komputer, dan masih banyak lagi yang lainnya menggunakan komputer. Dengan demikian komputer sangatlah berguna dan menjadi hal yang pentng.

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Tetapi bagaimana jika komputer yang di gunakan mengalami eror yang di sebabkan oleh adanya virus komputer. Untuk dapat mengerti tentang pengertian virus komputer dan jenis-jenisnya akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer merupakan suatu program atau aplikasi yang dapat mengcopy dirinya menjadi banyak dan menyebar dengan menasukkan dirinya kedalam program komputer atau data lain. User tidak dapat mengetahui komputernya terkena virus sampai pada akhirnya menghilang data yang ada di dalam komputer tersebut atau program yang ada tidak dapat di jalankan dan mengalami eror.

Virus komputer tujuan utama tidak baik karena  akan menimbulkan dampak yang negative terhadap komputer itu sendiri karena virus ini dapat mengcopy atau menggandakan dirinya membuat memory pada komputer menjadi kecil, ini yang membuat komputer menjadi freze atau berhenti, hang membuat program yang ad di dalam komputer menjadi tidak dapat di buka, serta dapat di gunakan oleh sebagian orang mencuri data tanpa di ketahui oleh orang lain dan pada jangka tertentu dapat membuat hardware menjadi rusak.

Baca Juga:  √ Pengertian E-learning, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Firus pada umumnya banyak menyerang system operasi berbasis windows, sekitar 95% menyerang system operasi windows dan sisanya menyerang system operasi lain seperti linux, Ubuntu, Mac, dan lain-lain.

Jenis Virus Komputer

Virus komputer memiliki jenis yang bermacam-macam, yang diantaranya adalah :

Worm

Jenis virus inimenggandakan dirinya di dalam system memori sehingga dapat membuat memori atau hardisk menjadi penuh akan virus tersebut.

Trojan

Jenis virus ini mengambil data yang di miliki olej komputer lain dan mengirimkannya kepada si pembuat virus tersebut dengan tujuan tertentu.

Backdoor

Jenis virus ini seperti Trojan tetapi virus jenis ini menyerupai file yang di kira baik seperti file game.

Rogue

Jenis virus ini meniru program antivirus dan dapat menampilkan aktivitas yang layaknya seperti antivirus normalnya, dapat pula memberi peringatan bahwa adanya virus tetapi palsu. Tujuan utamanya agar para pengguna membeli dan mengaktifkan program antivirus palsu ini dan dapat memberi keuntungan bagi si pembuat.

Spyware

Jenis virus ini dapat memantau komputer yang telah terjangkiti.

Rootkit

Jenis virus ini berkerja serupa dengan kerja system komputer seperti biasa.

Polymorphic virus

Jenis virus ini suka berubah-ubah agar tidak mudah untuk di deteksi.

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer Lengkap
Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer Lengkap

Metamorphic Virus

Jenis virus ini dapat mengubah kodenya sendiri yang membuat sulit terdeteksi.

Virus Ponsel

Jenis virus ini berkerja di telepon seluler yang menyebabkan berbagai mecam efek yang di timbulkan seperti merusak telepon, mencuri data, dan membuat panggilan sendiri dan menghabiskan pulsa yang ada di dalam telepon.

Virus Shortcut.exe

Jenis virus ini dapat merubah ekstensi program atau data menjadi berbentuk shortcut. Hal ini dapat membuat kita tidak dapat mengekses file atau program kita inginkan.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Virus: Trojan.LodearTrojan Horse

Jenis virus ini banyak menyerang ketika kita melakukan unduh di jaringan internet.

Virus: W32.Beagle.CO@mm

Jenis virus ini dapat mengirimkan email yang benyak kepada sebuah situs yang memiliki keamanan rendah.

Virus: Backdoor.Zagaban

Jenis virus ini dapat menginjeksi komputer untuk dapat di gunakan untuk berlindung dari perusakan network atau jaringan yang ada.

Virus: W32/Netsky-P

Jenis virus ini dapat mengirimkan email yang banyak dengan sendirinya kepada suatu alamat email yang di buatnya dengan file yang ada di komputernya.

Virus: W32/Mytob-GH

Jenis virus ini dapat menyebarkan emai dengan banyak dan merupakan Trojan yang di tujukan kepada IRC yang ada pada komputer dengan OS Windows.

Virus: W32/Mytob-EX

Jenis virus ini dapat menyebarkan email yang banyak dan merupakan Trojan bagi IRC.

Virus: W32/Mytob-AS, Mytob-BE, Mytob-C, and Mytob-ER

Jenis virus ini adalah suatu kelompok virus yang menyerang secara bersamaan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya virus di komputer akan sangat berbahaya dan mengganggu kenyamanan dalam menggunakan dan mengoperasikan komputer sebaiknya jika terkena virus di harap langsung melakukan pengecekan virus menggunakan antivirus. Terimakasih 🙂