√ Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet

Posted on

Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet – Pada pelajaran IPA di bangku sekolah pernah dilakukan percobaan sebuah magnet berbentuk silinder kecil diletakkan di bawah kaca dan di permukaan kaca ditaburkan serbuk-serbuk besi.

Pada saat magnet silinder digerakkan, serbuk-serbuk besi tersebut mengikuti gerakan sesuai arah magnet silinder.

Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Pengertian Medan Magnet

Dalam ilmu fisika, medan magnet merupakan sebuah medan yang dibentuk menggunakan muatan listrik yang menimbulkan adanya gaya di muatan listrik yang bergerak. Putaran mekanika kuantum daru sebuah partikel dapat membentuk medan magnet.

Putaran mekanika kuantum tersebut mendapat pengaruh dari arus listrik. Hal ini menyebabkan medan magnet yang berasal dari ferromagnet permanen. Medan magnet ialah medan vektor yakni berkaitan dengan titik-titik di raung vektor yang bisa berubah menurut waktu. Medan tersebut memiliki arah sesuai jarum kompas yang ada di medan itu.

Medan magnet merupakan ruangan yang terbentuk di sekeliling kutub magnet yang pengaruh gaya tolak atau gaya tariknya masih bisa dirasakan magnet lain. Magnet memiliki gaya tarik yakni mampu memengaruhi benda-benda yang mengandung besi yang terdapat di sekitarnya.

Daerah tertentu yang ada di sekitar magnet yang mendapat pengaruh dari gaya tarik magnet dinamakan medan magnet. Medan magnet menimbulkan pola-pola tertentu. Pola-pola tersebut dinamakan garis-garis gaya magnet.

Garis-garis gaya magnet bertemu satu sama lain pada ujunng-ujung kutub magnet. Oleh sebab itu, kutub-kutub magnet mempunyai gaya tarik yang lebih kuat daripada bagian magnet yang lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Filtrasi, Sentrifugasi, Evaporasi dan Distilasi

Apabila ujung-ujung kutub magnet yang sama (utara dengan utara atau selatan dengan selatan) berada saling berdekatan, maka masing-masing ujung kutub tersebut akan saling tolak menolak. Hal sebaliknya akan terjadi, apabila ujung-ujung kutub tak sejenis (utara dan selatan) berada berdekatan, maka ujung-ujung kutub tersebut akan saling tarik menarik.

Besarnya kekuatan tolak menolak maupun tarik menarik bergantung pada jarak masing-masing kutub serta kekuatan medan magnet. Menurut Sumiharto (2007: 83), magnet yang dibuat dari bahan logam akan mampu menarik benda-benda yang dibuat dari logam pula.

Hal ini membuat benda-benda yang dibuat dari plastik, kayu dan kertas tidak bisa ditarik oleh magnet.

Kutub-Kutub Magnet

Kutub-kutub magnet merupakan bagian ujung magnet yang mempunyai kekuatan paling besar dibandingkan bagian magnet lain untuk menarik partikel-partikel besi. Ada dua buah kutub magnet yakni kutub utara dan kutub selatan.

Terdapat sebuah garis lurus yang menjadi penghubung bagi kutub-kutub magnet dan garis ini dinamakan sumbu magnet. Apabila sebuah magnet digantung lalu didiamkan, maka arah magnet selalu memanjang ke arah utara dan selatan.

Lalu, jika sebuah magnet dipotong, maka masing-masing potongan magnet tersebut akan menjadi sebuah magnet baru dengan dua kutub berlawanan jenis. Sebuah magnet akan berputar dan memberikan kutub tak sejenis sehingga saling menarik satu sama lain dengan kutub lainnya.

Sebuah magnet dapat bergerak dengan bebas sehingga ada satu kutub yang disebut kutub utara. Kutub utara umumnya ditandai warna merah atau huruf N (north) dan kutub selatan umumnya ditandai warna biru atau huruf S (south). Hal ini menjadi prinsip dasar penggunaan kompas.

Gaya Magnet

Magnet mempunyai gaya tarik kepada benda-benda tertentu dan gaya tarik ini dinamakan gaya magnet. Gaya magnet adalah gaya yang bisa timbul karena adanya dorongan atau tarikan magnet. Gaya magnet misalnya ketika paku didekatkan dengan magnet maka paku tersebut bisa ditarik oleh magnet. Gaya magnet akan bekerja saat didekatkan dengan bahan-bahan baja dan besi.

Baca Juga:  √ Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya

Sifat dari gaya magnet disebut kekuatan magnet. Gaya magnet bisa menembus penghalang atau benda non magnetik dan mendapat pengaruh dari beberapa faktor. Jika berbicara tentang kekuatan magnet, maka ada suatu percobaan yang bisa dilakukan.

Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet
Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet

Letakkan sebuah sendok di atas meja. Kemudian, dari bagian bawah meja, letakkan magnet sejajar dengan sendok lalu gerakkan magne. Sendok akan mengikuti gerakan magnet. Dari percobaan tersebut bisa dibuktikan bahwa gaya magnet mampu menembus penghalang.

Sendok akan tetap mengikuti gerakan magnet selama masih berada di sekitar medan magnet. Tidak semua benda yangada di sekitar medan magnetmendapat pengaruh dan bisa ditarik magnet, hanya benda-benda yang dibuat menggunakan bahan logam saja yang mendapat pengaruh dan bisa ditarik oleh magnet gaya magnet tersebut biasanya digunakan dalm alat-alat listrik misalnya pintu lemari es, bel listrik reali telepon dan tutup kota pensil.

Gaya magnet terkuat ada di kutub-kutubnya. Kekuatan gaya magnet bergantung pada ketebalan benda non magnetik yang menghalanginya serta benda magnetik yang akan dipenaruhi. Gaya tarik magnet akan semakin kuat jika jarak magnet dengan benda dekat.

Kekuatan gaya tarik magnet membuat magnet harus disimpan dengan hati-hati. Magnet sebaiknya disimpan dengan keadaan berjauhan dengan perangkat elektronik rumit, semisal komputer, radio, televisi, jam dan telepon genggam sebab gaya tarik magnet berpotensi menyebabkan kerusakan fungsi benda-benda tersebut.

Kegunaan Magnet

Magnet memiliki banyak sekali manfaat. Magnet digunakan di banyak alat kehidupan manusia dari yang sederhana hingga yang rumit, seperti tutup kotak pensil hingga alat-alat berat. Pada alat-alat berat, magnet digunakan dengan bantuan arus listrik.

Ketka hendak mengangkat benda-benda dalam jumlah yang banyak dan sangat berat, pengangkut dialirkan listrik sehingga timbullah gaya magnetnya. Kemudian, saat benda-benda yang diangkut akan diturunkan, maka aliran listrik dicabut sehingga tidak ada gaya magnet di alat pengangkut dan berjatuhanlah benda-benda yang diangkut tadi.

Baca Juga:  √ Pengertian Gelombang, Sifat, Rumus dan Contoh Soal Lengkap

Sekian penjelasan materi Pengertian Medan Magnet, Kutub, Kekuatan dan Gaya Magnet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih sudah membaca artike kami. Baca juga ya artikel lainnya 🙂