√ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) Bumi sudah semakin tua, sudah banyak sekali fenomena atau kejadian-kejadian aneh dan langka yang terjadi didunia ini.

12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Salah satunya adalah peristiwa Presipitasi, apa itu presipitasi mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui apa arti dari presipitasi.

Pengertian Presipitasi

Presipitasi merupakan sebuah kejadian klimatik yang sifatnya alamiah, dan yang berarti perubahan dari bentuk uap air atmosfer yang menjadi curah hujan sebagai akibat dari proses kondensasi.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Selain itu juga ada beberapa ahli yang menjelaskan mengenai presipitasi, berikut penjelasan para ahli :

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Berikut Definisi Presipitasi menurut KBBI :

  • Proses Pengendapan, yang baik dari dalam larutan ataupun juga dari udara permukaan ke suatu permukaan bumi.
  • Kandungan Kelembapan suatu udara yang terbentuk cairan ataupun bahan padat seperti hujan, embun, salju, dan juga buatan met hujan yang bersumber dari berbagai jenis awan yang dipilih sebagai hasil usaha dari manusia.

Sigit Ari Wibowo (2015)

Menurut nya Presiipitasi adalah merupakan suatu kejadian atau peristiwa dari jatuhnya air dari sebbuah atmosfer yang mengarah ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun ke permukaan bumi bisa dalam bentuk embun, salju, kabut, dan juga hujan.

Baca Juga:  √ Pengertian Spermatogenesis, Fungsi, Faktor Dan Prosesnya

Endang Tituk Dkk (2015)

Definisi Presipitasi menurut Endang Titk Dkk merupakan suatu peristiwa dari proses terjadinya pengendapan antigen terlarut oleh antibodi. Dari hal itu maka presipitasi yang akhirnya antigen yang terlarut itu tidak bergerak dan menjadi semakin mudah untuk ditangkap ileh sel fagsit.

Sosrodarsono (1976)

Sosrodarsono menjelaskan bahwa nama umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuhnya ketanah dalam rangkaian proses dan siklus hidrologi. Secara umum, jumlahnya memang selalu dinyatakan dengan dalamnya presipitasi (mm). Apabila uap air yang jatuh berupa cair maka dinamakan dengan hujan (rainfall) dan jika berbentuk padat maka dinamakan salju (snow).

Triatmodjo (2008)

Menurutnya Presipitasi merupakan suatu peristiwa turunnya air dari atmosfer ke atas permukaan bumi yang didalamnya terdiri dari embun, salju, dan juga hujan es. Presipitasi didaerah tropis, hujan memberikan peran atau fungsi yang cukup besar. Hal ini terlihat dimana biasanya pada hujanlah yang dianggap presipitasi.

12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli Terlengkap
12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Wikipedia

Menurut Wikipedia Presipitasi adalah setiap produk dari suatu kondesasi uap air yang ada di atmosfer. Ia dapat terjadi hanya pada saat atmosfer menjadi jenuh dan air kemudian menjadi terkondensasi dan keluar dari sebuah larutan tersebut (terpresipitasi).

Wibowo Dkk (2015)

Wibowo Dkk menjelaskan bahwa menurutnya presipitasi adalah suatu kejadian dimana jatuhnya air dari sebuah atmosfer menuju ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun itu dapat berupa salju, hujan, kabut, dan juga embun.

Chay Asdak (2010)

Menurutnya presipitasi merupakan seatu curahan atau proses jatuhnya air dari sebuah atmosfer ke permukaan bumi dan juga laut dalam bentuk yang berbeda. Salah satunya yaitu curah hujan didaerah tropis dan curah hujan serta salju didaerah beriklim sedang.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Ersin Seyhan (1977)

Menurut Ersin Seyhan persipitasi merupakan suatu bagian bentuk yang sering kali dinyatakan sebagai kedalam (jeluk) cairan yang dapat berakumulasi diatas permukaan bumi apabila seandainya tidak terdapat kehilangan.

Presipitasi Dalam Bidang Siklus Hidrologi

Presipitasi dalam bidang siklus hidrologi ini dapat didefinisikan sebagai suatu peristiwa turunnya air dari sebuah atmosfer yang menuju ke permukaan bumi dan berupa bentuk yang berbeda-beda.

Presipitasi Dalam Bidang Kimia

Didalam bidang kimia presipitasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengendapan suatu kandungan zat larutan yang ada dikarenakan adanya suatu reaksi kimia. Selain itu, didalam kimia presipitasi bisa juga dipercepat dengan menggunakan cara mengurangi beberapa kadar zat pelarutnya, atau dengan menambahkan agen presipitasi seperti TCA. Hal ini merupakan salah satu hal yang dimanfaatkan dalam proses pengolahan limbah cair.

Presipitasi Dalam Bidang Biologi

Presipitasi dalam bidang Biologi merupakan suatu proses yang dimana pengendapan terjadi ppada saat suatu zat terpisah dari larutannya. Seperti presipitasi antibodi yang mana antibodi tersebut mengendapkan sebuah molekul antigen dengan bentuk seperti gumpalan yang tidak larut. Oleh karena itu antigen-antigen yang dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit.

Demikian tadi penjelasan mengenai 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap). Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang anda miliki. Semoga bermanfaat dan juga jangan lupa untuk membaca artikel lainnya. Terimakasih 🙂