25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Di Bahas Terlengkap)

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Di Bahas Terlengkap) – Pada pembahasan artikel kali ini ialah mengenai seni. Seni sudah tentu tidak asing bagi kita karena seni sering kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dan selain seni juga sering kita lakukan sehari-hari, seni juga banyak sekali jenis ataupun macam-macamnya. Dan apa kah kita sudah mengetahui arti yang sebenarnya dari seni?

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Di Bahas Terlengkap)

Untuk itulah pasarpengetahuan akan memberikan penjelasan tentang arti berdasarkan para ahli. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian Seni

Secara umum seni ialah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung sebuah unsur keindahan dan juga mampu membangkitkan perasaan orang lainnya. Dan istilah seni sendiri yang berasal dari kata sanskerta yakni ialah “sani” yang mempunyai arti pemujaan, persembahan serta pelayanan yang erat dan dengan sebuah upacara keagamaan yang juga disebut dengan kesenian.

Sedangkan menurut sebuah ilmu eropa bahwa seni berasal dari sebuah kata art yang mempunyai sebuah arti ialah artivisual yakni sebuah media yang melakukan kegiatan tertentu. Dari sekian banyaknya arti seni dan dengan semakin berkembangnya zaman yang membuat banyak para ahli mengemukakan pendapatnya tentang definisi seni.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Telah dijelaskan mengenai pengertian seni secara umum, dan pada kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang pengertian seni berdasarkan para ahli yang akan dijelaskan dibawah ini.

Padmapusphita

Seni yang berasal dari bahasa belanda yakni “genie”, dan bahasa latinnya ialah “genius” yang mempunya sebuah arti kemampun luar biasa yang dimiliki atau juga dibawa sejak lahir.

Sedangkan menurut sebuah kajian ilmu di negara Eropa yang mengatakan ART atau juga seni yang bermakna artivisual yaitu sebuah mediayang bisa melakukan sebuah aktifitas tertentu.

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap
25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap

Ensiklopedi Indonesia

Yang dikemukakan bahwa seni ialah ciptaan dari segala hal, dikarenakan keindahannya orang senang untu melihat atau juga mendengarnya.

Irma Damayanti, M.Sn

Menurut beliau seni ibisa dilihat melalui sebuah intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk dapat diungkapkan, dijelaskan serta sulit untuk bisa dinilai, bahwa setiap individu artis milihnya sendiri sebagai parameter yang menuntunnya di dalam pekerjaannya.

Ki Hajar Dewantara

Menurut beliau seni ialah hasil dari sebuah keindahan yang bisa menggerakkan perasaaan seseorang mengenai keindahan untuk yang melihatnya.  Oleh karena itu perbuatan manusia dapat mempengaruhidi dalam menumbuhkan perasaan yang indah maka itulah seni.

Sartono Kartodirdjo

Seni ialah sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan sebuah komunikasi secara efektif, yakni melalui sebuah bagiannya saja yang dapat menunjukkan secara universal.

Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni ilah segala kegiatan batin dengan sebuah pengalaman estetika yang menyatakan di dalam bentukyang agung dan mempunyai daya perangkat rasa haru dan juga takjub.

Ira Adriati, M.Sn

Seni ialah suatu proses dan produk di dalam memilih medium, sebuah mindset peraturan agar menggunakan medium itu, dan juga satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas untuk dikirimkan melalui sebuah ekspresi lewat medium tersebut, agar menyampaikan baik baik itu adalah sensai, gagasan, kepercayaan, atau juga perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

Harry Sulastianto

Beliau mengemukakan bahwa sebi budaya ialah sebagai sebuah keahlian di dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan juga pemikiran estetika, termasuk di dalam mewujudkan segala kemapuan dan juga imajinasi pandangan akan sebuah benda dan suasana, atau juga karya yang bisa menumbuhkan rasa indah sehingga bis menciptakan sebuah peradaban yang lebih maju lagi.

Drs. Sudarmaji

Seni ialah segala bentuk manifestasi batin dan juga pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai macam media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, warna volum dan lain sebagainya. Seni juga dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan sang pencipta yang disammpaikan kepada manusia agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pelukin atau juga para pencipta seni.

Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Yang menjelaskan seni pada awalnya merupakan suatu proses dari diri manusia, sehingga seni tersebut ialah sinonim dari pada ilmu. Seni bisa dilihat intisari ekspresi dari berbagai macam kreatifitas manusia.

Ahdian Karta Miharja

Seni ialah segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan di dalam sebuah karya, dimana bentuk dan juga isi yang mempunyai daya untuk membangkitkan keindahan tertentu di dalam jiwa penikmatnya.

Chatrin Muler

Seni ialah sesuatu yang berhubungan dengan sebuah karya cipta seseorang yang dihasilkan dari sebuah unsur rasa.

Drs. Popo Iskandar

Seni ialah hasil sebuah ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan juga kesadaran hidup bermasyarakat.

Alexander Baum Garton

Seni merupakan segala bentuk keindahan yang mempunyai tujuan yang positif agar menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

Aristoteles

Beliau mengemukakan bahwa seni ialah tiruan terhadap alam, tetapi sifatnya harus ideal atau juga sempurna.

Leo Tolstoy

Seni ialah impian karena sebuah rumus-rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

Immanuel Kant

Beliau mengungkapkan bahwa seni ialah sebuah bentuk yang penampilan dan juga pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan juga seni itu adalah meniru alam.

Erik Ariyanto

Seni ialah aktivitas rohani yang di refleksikan ke dalam sebuah bentuk karya, yang mampu untuk membangkitkan perasaan senang serta bahagia orang lain yang melihat atau juga mendengarnya.

Plato dan Rousseau

Seni ialah hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

Schopenhauer

Menurut beliau seni adalah segala bentuk usaha di dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan juga membahagiakan.

Everyman Encyklopedia

Beliau menjelaskan seni sebagai sebuah hal yang bisa dilakukan seseorang, dan juga terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kenikmatan atau juga kebutuhan spritualnya.

Nandawan L. Hasanah

Seni ialah sebuah ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang mempunyai unsur keindahan dan kemudian. Diungkapkan di dalam sebuah media yang nyata dan juga dapat dinikmati oleh seluruh panca indra manusia.

Koentjaraningrat

Menurut beliau seni ialah sebuah kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan juga peraturan. Dimana kompleks aktivitas dan juga tindakan berpola dari manusia di dalam masyarakat dan juga biasanya berwujud benda-benda hasil manusia. Pendapat yang di berikan Koentjaraningrat tidak lepas dari sudut pandang beliau sebagai seorang antropolog.

Sudjojono

Seni ialah sebuah produk ekspresi jiwa, seni tanpa jiwa yang diibaratkan masakan tanpa garam.

James Murko

Seni ialah penjelasan rasa indah yang terkandung di dalam jiwa setiap manusia. Dilahirkan dengan perantara alat komunikasi ke dalam bentuk yang bisa dianggap oleh indra pendengaran (seni suara), indra penglihatan (seni lukis), atau juga dilahirkan dengan sebuah perantara gerak (seni tari, drama).

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan mengenai 25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Di Bahas Terlengkap), seni ialah sebuah keindahan yang dapat dirasakan oleh keseluruhan panca indra manusia,semoga dengan membaca artikel ini para pembaca bisa mendapatkan manfaat dan juga informasi yang dibutuhkan, terimakasih 🙂