√ Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran

Posted on

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran – Pengertian akuntansi menurut American Accounting Association ialah suatu proses identifikasi, mengukur serta melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan keputusan yang tegas dan jelas oleh pemakai (user) informasi itu.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran

Pengertian akuntansi lainnya menurut American Institue of Certified Public Accounts atau AICPA ialah sebuah seni mencatat, pengklasifikasian serta pengikhtisaran berdasarkan metode-metode yang berarti serta dinyatakan dalam nilai uang, semua transaksi serta peristiwa yang sedikitnya bersifat keuangan lalu menginterpretasikan artinya.

Informasi ekonomi yang dihasilkan auntansi berupa data-data transaksi yang terjadi di dalam perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang. Oleh sebab itu, objek atau sasaran akuntansi ialah transaksi yang sifatnya keuangan atau finansial atau transaksi yang akibatnya bisa diukur dengan satuan uang.

Pengertian Anggaran Menurut Ahli

Sofyan (1996: 14)

Sofyan (1996: 14) mengungkapkan bahwa anggaran ialah sebuah pendekatan yang formal dan sistematis dalam mencapai pelaksanaan fungsi perencanaan sebagai alat pembantu pelaksanaan tanggung jawab manajemen.

Nafarin (2000:11)

Nafarin (2000: 11) menyatakan bahwa angaran ialah rencana tertulis tentang aktifitas sebuah organisasi yang dinyatakan dalam angka (kuantitatif) dalam kurun waktu tertentu dan biasanya dinyatakan dengan satuan uang, namun bisa pula dinyatakan dengan satuan barang atau jasa.

Welsch (2000: 5)

Welsch (2000: 5) berpendapat bahwa anggaran ialah perencanaan dalam mengendalikan keuntungan menyeluruh bisa diartikan secara luas sebagai anggaran formal dan sistematis dalam hal perencanaan, pengkoordinasian serta pengendalian tanggung jawab manajemen.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli (Detail)

Munandar (2001: 11)

Anggaran dalam pandangan Munandar (2001: 11) ialah sebuah rencana yang disusun secara sistematis yang mencakup semua aktifitas perusahaan yang dinyatakan dalam satuan moneter atau unit yang berlanku dalam kurun waktu mendatang.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran termasuk dalam aspek akuntansi yang mempunyai tujuan untuk menyusun sebuah rencana kuangan di periode untuk masa mendatang serta membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah ditentukan.

Akuntansi anggaran bisa juga diartikan sebagai sebuah teknik akuntansi yang dipakai dalam mencatat setiap transaksi yang dilakukan dan yang ada dalam setiap angaran bermula dari anggaran yang disahkan, anggaran yang mempunyai alokasi hingga anggaran yang dijalankan hingga tutup buku anggara di akhir tahun.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran
Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran

Setiap instansi, perusahaan atau organisasi lainnya yang menggunakan anggaran atau dana di dalamnya, teknik akuntnasi tersebut sangatlah penting digunakan sebagai pengaturan anggaran yang ada. Jika tidak dilakukan pembukuan yang baik, maka berkemungkinan untuk terjadi kelebihan pengeluaran atau over budget yang tidaak terduga dan bisa dalam jumlah yang sangat besar.

Pengertian lainnya dari anggaran ialah suatu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang selanjutnya bertujuan untuk membandingkan dengan pengeluaran yang sesungguhnya. Akuntansi anggaran akan memaparkan aktifitas keuangan dalam kurun waktu tertentu yang dijalankan dengan menganalisis dan mengawasi. Akuntansi anggaran tersebut merupakan bagian dari akuntansi manajemen.

Dalam perusahaan, penerapan akuntansi anggaran tersebut merupakan teknik akuntansi yang mempunyai peranan dalam pencatatan masing-masing peristiwa atau kejadian transaksi yang ada dan tercatat dalam tiap anggaran dimulai sejak disahkannya anggaran tersebut, alokasi anggaran, pelaksanaan hingga sampai penutupan buku anggaran di akhir periode.

Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Tujuan dari pelaksanaan akuntansi anggaran ialah untuk mencegah terjadi kelebihan pengeluaran yang tidak terduga atau over budget. Dampak yang ditimbulkan dari over budget ialah neraca yang menjadi tidak seimbang sebab pengeluaran menjadi lebih besar daripada pemasukan. Jika hal tersebut terjadi, maka dikhawatirkan perusahaan akan mengalami bangkrut.

Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Pemerintahan, Tujuan, Karakteristik, Syarat & Lingkup Akuntansi Pemerintahan

Kemudian, data-data yang didapatkan dari pencatatan akuntansi anggaran yang baik bisa dimanfaatkan untuk menjadi acuan atau dasar dalam membantu perusahaan pada saat melakukan perencanaan serta perkiraan anggaran untuk periode bulan atau tahun selanjutnya.

Tugas Akuntansi Anggaran

Anggaran atau budget ialah sejumlah uang yang hendak dihabiskan di periode tertentu guna menjalankan sebuah program atau kegiatan. Hal yang penting ialah penyusunan anggaran tersebut sebab keadaan keuangan perusahaan yang terbatas.

Masing-masing instansi, perusahaan atau organisasi memakai konsep dasar akuntansi anggaran dalam mengelola uang yang hendak dan sudah digunakan. Pencatatan yang salah bisa membuka peluang untuk terjadinya pemakaian dana berlebih atau over budget.

Dampak yang muncul akibat over budget yaitu neraca menjadi tidak seimbang karena pengeluarannya melebihi pemasukan. Pengeluaran yang melebih pemasukan secara terus menerus akan membuat perusahaan bangkrut.

Tugas akuntansi anggaran di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Akuntansi anggaran wajib mencatat tiap transaksi bisnis perusahaan yang terjadi serta ada dalam tiap anggaran sejak anggarah disahkan, anggaran dialokasikan, anggaran dilaksanakan sampai pada penutupan buku anggaran di akhir periode.
  2. Akuntansi anggaran membuat rencana aktifitas yang akan dilaksanakan perusahaan di periode selanjutnya agar tidak di luar kemampuan perusahaan. Rencana tersebut biasanya dibuat secara tertulis mengenai aktifitas organisasi yang dinyatakan dalam angka dalam jangka waktu tertentu serta dinyatakan menggunakan satuan uang, namun terkadang dapat juga menggunakan satuan barang atau jasa.
  3. Fungsi akuntansi anggaran digunakan untuk mengendalikan keuntungan secara menyeluruh, formal dan sistematis dalam merencanakan, mengoordinasikan dan mengendalikan tanggung jawab manajemen.
  4. Akuntansi anggaran memiliki tugas untuk membandingkan hasil dari aktifitas operasional dengan rencana yang ditentukan. Masing-masing perusahaan memiliki data periode-periode lalu sehingga kumpulan data itu dapat dipakai sebagai acuan untuk mengambil keputusan bagi kegiatan selanjutnya.
  5. Akuntansi angaran memiliki tugas untuk menjelaskan keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu menurut sistem pengawasan serta analisis. Akuntansi anggaran tersebut merupakan bagian dari peranan akuntansi manajemen serta tugas akuntansi manajemen misalnya manfaat akuntansi biaya untuk manajemen.
  6. Akuntansi anggaran mempunyai tugas untuk membantu pihak manajemen terutama manajer operasional dalam memantau dan mengendalikan tiap aliran dana atau anggaran yang ada.
  7. Akuntansi anggaran memiliki tugas untuk memudahkan penyusunan serta analisa laporan finansial perusahaan yang dipakai sebagai alat pertanggungjawaban terhadap para pemegang saham, pemberi kerja serta pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada perusahaan atau stakeholder.
  8. Akuntansi anggaran memiliki tugas untuk mengendalikan informasi dalam rangka membantu proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.
  9. Akuntansi anggaran pada hakikatnya ialah untuk mempermudah manajemen dalam mengestimasi persediaan awal dan persediaan akhir barang atau jasa yang dihasilkan.
Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Lingkup & Masalah

Demikian penjelasan materi Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan & Tugas Akuntansi Anggaran. Semoga materi tersebut bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami 🙂