√ Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli & Prinsipnya

Posted on

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli & Prinsipnya – Ekonomi manajemen secara umum diartikan sebagai sebuah ilmu sekaligus seni dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi usaha-usaha dari para anggota organisasi dan pemanfaatan sumber daya organisasi guna mencapai suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan.

Manajemen memiliki pengertian sebagai suatu aktivitas memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan. Kaitan antara ekonomi dan manajemen memang sangat erat dan tidak mungkin bisa dipisahkan sebab selalu ada keterkaitan diantara keduanya. Manajemen pun bisa dikatakan sebagai sebuah seni untuk menyeleasaikan suatu pekerjaan dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli & Prinsipnya

Jika seni dalam manajemen digunakan, maka akan mampu mencakup kemampuan komunikasi visi itu sendiri. Unsur-unsur perencanaan, kepemimpinan, komunikasi serta pengambilan keputusan manusia mengenai penggunaan manajemen seni.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Definisi ekonomi manajemen menitikberatkan pada istilah manajemen. Manajemen merupakan sebuah ilmu pengetahuan dengan cakupan luas dan secara sistematis bisa memahami alasan dan cara manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang membawa manfaat bagi umat manusia.

Ada banyak ahli yang memberikan definisinya tentang manajemen.

John D. Millet

Menurut John D. Millet manajemen adalah proses dalam pemberian arahan psebuah pekerjaan kepada orang-orang di dalam sebuah organisasi supaya tujuan organisasi bisa tercapai.

Baca Juga:  √ Pengertian APEC, Tujuan, Latar Belakang, Anggota dan Manfaat

Manullang

Manullang menjelaskan bahwa manajemen yaitu suatu seni dan ilmu mencatat, mengawasi, mengorganisasi, menyusun, mengarahkan, mengawasi sumber-sumber daya manusia dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

George R. Terry

George R. Terry mendefiniskan manajemen sebagai alat dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya melalui aktivitas orang lain.

Harold Knotz dan Cyrill O’ Donell

Knotz dan O’ Donell mengartikan manajemen ialah langkah-langkah yang dilakukan agar tujuan-tujuan tertentu dapat dicapai dengan kegiatan yang lain.

Henry Fayol

Henry Fayol menyebutkan manajemen adalah proses tertentu yang tersusun dari aktivitas merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan sumber daya manusia (SDM) dan melipatgandakan pengendalian untuk mewujudkan tujuan.

Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen

Tiga hal yang menjadi dasar prinsip ekonomi manajemen yaitu terori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan dan ilmu administrasi.

Teori Ekonomi

Teori ekonomi wajib digunakan dalam memprediksi dan menjelaskan tingkah laku ekonomi. Di dalam ilmu ekonomi umumnya diawali dengan sebuah model yang nantinya akan mendeskripsikan sebuah fenomena dan mengidentifikasi faktor-faktor di dalamnya.

Di dalam teori ekonomi ini ada dua prinsip teori ekonomi, yaitu ekonomi mikro dna ekonomi makro. Ekonomi mikro mempelajari tentang tingkah laku ekonomi individu. Ekonomi makro mempelajari ekonomi secara keseluruhan seperti pendapatan, output, harga total dan investasi.

Ilmu Pengambilan Keputusan

Dibutuhkan suatu perangkat matematika ekonomi dan ekonometrik dalam pengambilan sebuah keputusan. Ilmu-ilmu tersebut berguna untuk membentuk dan memperikrakan model perilaku optimal perusahaan. Ilmu matematika ekonomi digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dijelaskan dalam teori ekonomi atau ekonometrik.

Model tersebut menggunakan peralatan statistik perangkat dunia nyata dalam memperkirakan model yang didalilkan dalam teori ekonomi yaitu untuk mengestimasi atau meramalkan.

Ilmu Administrasi

Ilmu administrasi digunakan dalam pengaturan administrasi yang berupa pengorganisasian administrasi perusahaan atau proyek yang sedang dijalankan. Ilmu administrasi memiliki pernanan yang penting dalam ekonomi manajemen.

Baca Juga:  √ 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)

Ekonomi manajemen merupakan suatu perpaduan antara teori ekonomi dan praktiknya sehingga pihak-pihak yang menganut sistem ekonomi manajemen bisa menentukan keputusan yang akan diambil dan menyusun rencana untuk masa depan.

Ekonomi manajemen juga bisa merangsang peningkatan kemampuan dalam proses analisis permasalahan ekonomi sehingga di masa mendatag akan mampu memberikan solusi yang tepat sesuai masalah yang dihadapi.

Pada intinya, ekonomi manajemen penting dipahami untuk membantu menentukan kebijakan dan keputusan bisnis. Ekonomi manajemen bisa digunakan oleh organisasi profit maupun non profit sehingga pencapaian tujuan bisa dilakukan dengan lebih optimal dan efisien.

Fungsi Manajemen

Manajemen umumnya memiliki 4 fungsi utama yaitu planning, organizing, directing dan controlling. Namun, di dalam kesempatan ini ada 5 fungsi manajemen yang akan dibahas yaitu palnning, organizing, directing, staffing dan controlling.

Planning

Planning atau perencanaan dalam manajemen yaitu kegiatan membuat sebuah perencanaan. Rencana merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen sehingga individu atau perusahaan supaya memiliki tujuan yang jelas serta usaha dalam mewujudkannya.

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli dan Prinsipnya
Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Apabila tidak ada rencana, maka tujuan menjadi tidak jelas dan susah dicapai. Membuat perencanaan bisa dilakukan dengan menentukan sasaran yang spesifik, membuat rencana aktivitas, mengatur mana aktivitas yang harus dilakukan dahulu, memperkirakan besarnya anggaran yang dibutuhkan, membuat SOP supaya pekerjaan berjalan dengan lancar.

Organizing

Organizin atau pengorganisasian adalah salah langkah yang diambil dalam membagi-bagi suatu kegiatan bear menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian bisa dilakukan dengan mendelegasikan tugas kepada orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya.

Hal tersebut dilakukan supaya perusahaan bisa mewujudkan tujuannya. Selain itu, bisa juga mendesain struktur organisasi, menentukan deskripsi kerja secara rinci, memberikan tanggung jawab dan memilah antara atasan dan staf.

Directing

Directing atau pengarahan dilakukan sebagai sebuah cara dalam mengupayakan sumber daya manusia di perusahaan mampu menjalankan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengarahan bisa dilakukan dengan jalan memberikan tugas secara berjala atau memberikan penjelasan tentang kebijakan-kebijakan perusahaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Debit dan Kredit, Contoh, Perbedaan & Manfaatnya

Staffing

Staffing atau penempatan pada dasarnya memiliki kemiripan dengan pengorganisasian. Namun, fokus di dalam pengorganisasian adalah sumber daya manusia, sedangkan dalam penempatan titik fokusnya adalah sumber daya secara umum.

Controlling

Controlling atau pengawasan yaitu kegiatan pengoordinasian sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan atau organisasi sehingga terjadi peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja. Pengawasan juga bisa membantu organisasi dan anggotanya untuk menciptakan iklim kerja yang dinamis, sehat, nyaman dan kondusif.

Fungsi manajemen umumnya dilakukan oleh manajer perusahaan. Oleh sebab itu, manajer perusuhaan menduduki peranan penting sebagai penggerak fungsi manajemen perusahaan dalam meningkatkan kinerja.

Sekian penjelasan Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli & Prinsipnya semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Mari tambah ilmu pengetahuan dengan membaca artikel kami lainnya. 🙂