√ 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Posted on

12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya – Gerak adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh semua makhluk hidup hampir di sebagian besar waktunya.

12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Manusia berjalan, merangkak, merayap dan berlari merupakan contoh gerak.  Ikan, kuda laut dan gurita berenang di air.

Pengertian Gerak

Gerak adalah sebuah perubahan kondisi ataupun perpindahan benda dari satu titik menuju titik lain. Suatu benda bisa disebut bergerak jika benda tersebut mengalami perpindahan kedudukan terhadap benda lain baik perubahan posisi menjauh maupun mendekat.

Gerak secara sederhana disebut dengan perpindahan posisi. Beberapa faktor yang bisa memengaruhi perpindahan posisi benda antara lain, berat benda, bentuk benda, luas area maupun keadaan benda yang dilalui.

Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

Untuk bisa lebih memahami apa itu pengertian gerak, di bawah ini pendapat para ahli tentang gerak yang sudah dirangkum. Selamat menyimak.

Untoro

Gerak menurut J. Untoro yaitu sebuah perubahan kedudukan terhadap sebuah titik yang menjadi patokannya atau titik acuannya.

Kamajaya

Pengertian gerak menurut Kamajaya yaitu posisi atau kedudukan sebuah benda di mana benda itu bergerak dari titik asal atau titik acuannya.

Baca Juga:  √ 13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya

Efrizon Umar

Pengertian gerak menurut Efrizon Umar adalah berubahnya posisi atau kedudukan dari sebuah titik acuan.

Ruslan Tri S. & Cahyo W.

Ruslan Tri S. Dan Cahyo W. Memberikan pengertian gerak sebagai suatu perubahan posisi sebuah benda terhadap benda lainnya atau titik asalnya.

Sri Murtono

Sri Murtono mengartikan gerak sebagai perpindahan posisi atau tempat dari satu tempat menuju tempat yang lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian gerak yang tedapat dalam KBBI yaitu peralihan kedudukan atau tempat yang dapat sekali terjadi ataupun berulang kali.

Ilmu Fisika

Gerak dalam kajian ilmu fisika diartikan sebagai suatu proses berpindahnya sebuah benda dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Ilmu Biologi

Gerak dalam ranah ilmu biologi memiliki pengertian sebagai suatu cara dalam merespon sebuah rangsangan sebab salah satu ciri-ciri makhluk yang disebut dengan makhluk hidup yaitu mampu memberikan reaksi pada saat menerima sebuah rangsangan.

Wikipedia

Gerak di dalam Wikipedia diartikan sebagai perubahan kedudukan atau tempat yang terjadi hanya satu kali ataupun berulang kali.

Schmidt

Schmidt (1991) menyatakan bahwa gerak ialah suatu rangkaian proses yang dikaitkan dengan pengalaman atau latihan yang mengacu pada perubahan-perubahan yang relatif permanen di dalam kemampuan individu untuk menunjukkan gerakan-gerakan terampil.

Oxendine

Oxendine (1984) menyebutkan bahwa pengertian gerak yaitu sebuah proses perubahan perilaku gerak yang relatif permanen sebagai akibat dari pengalaman dan latihan.

Rahantoknam (1998)

Menurut Rahantoknam (1998) gerak atau belajar motorik yaitu proses meningkatnya keterampilan motorik yang diakibatkan keadaan latihan atau didapatkan dari pengalaman, bukan karena keadaan maturasi atau motivasi sesaat serta keadaan fisiologis yang fluktuatif.

12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya
12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Gerak Pada Makhluk Hidup

Gerak pada makhluk hidup dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu gerak pada manusia gerak pada tumbuhan dan gerak pada hewan. Gerak pada manusia misalnya ketika berolahraga manusia melakukan pemanasan, berlari, memukul, bergeser dan melompat.

Baca Juga:  √ Pengertian Listrik Dinamis, Manfaat, Rumus dan Contohnya

Gerak pada tumbuhan misalnya pada saat kita menyentuh daun putri malu, maka daunnya menutup. Gerak pada hewan misalnya kucing yang berlari, ikan yang berenang dan burung yang terbang.

Gerak Pada Benda

Suatu ketika kita sedang duduk di dalam bus yang melaju dengan kecepatan tinggi, lalu secara tiba-tiba bus direm, maka tubuh kita secara otomatis akan terdorong ke depan sebab tubuh kita sedang berusaha mempertahankan posisi kita.

Peristiwa itu kemudian menginspirasi lahirnya fitur sabuk pengaman di kendaraan khususnya mobil. Sifat inersia benda menurut Newton (sebagaimana termasuk di dalam Hukum I Newton) yaitu suatu benda yang mengalami resultan gaya dengan nilai 0 akan tetap tetap ataupun bergerak lurus beraturan.

Macam-Macam Gerak

Gerak dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti berikut ini.

Gerak Relatif (Gerak Semu)

Gerak relatif atau gerak semu yaitu gerakan yang sifatnya seolah-olah bergerak atau dengan kata lain gerakan yang terjadi bukanlah gerakan sebenarnya melainkan ilusi atau gambaran semata. Contoh gerakan semu misalnya semua benda yang kita lewati pada saat kita ada di dalam kereta seolah-olah bergerak.

Tetapi, pada kenyataannya keretalah yang bergerak dan gerakan benda-benda yang dilewati hanya ilusi saja. Contoh lain, yaitu bumi yang kita tempati setiap detik berputar mengelilingi bumi, namun mata kita seolah-olah melihat mataharilah yang berputar mengelilingi bumi.

Gerak Ganda

Gerak ganda yaitu gerakan yang secara bersamaan terjadi dengan benda-benda yang di sekitarnya. Contoh gerak ganda misalnya seseorang dengan proporsi badan yang kurus dari atas Kereta Rangkaian Listrik (KRL) melempar kulit kacang sambil berjalan.

Dalam peristiwa tersebut diketahui terdapat gerakan kulit kacang di antara tiga benda di sekitarnya, yaitu gerak kulit kacang terhadap KRL, gerak kulit kacang terhadap orang yang melemparnya dan gerak kulit kacang terhadap tanah atau bumi.

Baca Juga:  √ Pengertian Magnet, Sejarah, Jenis, Sifat dan Contohnya

Gerak Lurus

Gerak lurus yaitu kondisi benda yang bergerak pada suatu lintasan yang lurus. Contoh gerak lurus misalnya gerakan buah yang jatuh dari pohonnya. Terdapat dua macam gerak lurus yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan ialah sebuah gerakan benda yang terjadi secara lurus dan beraturan dengan kecepatan yang stabil dan tetap. Contoh gerak lurus beraturan, misalnya kereta yang melintasi rel lurus dengan kecepatan tetap serta bus yang melaju dengan kecepatan 70 km/jam di jalan tol.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan adalah sebuah gerakan benda yang tak beraturan dengan kecepatan yang terus berubah setiap waktunya. Contoh gerak lurus berubah beraturan misalnya gerakan tetesan air hujan dari langit menuju atap rumah dan lantai. Contoh lain yaitu mobil yang semula diam lalu mulai melaju di jalan yang lurus.

Demikian penjelasan materi 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi para pembaca dan terima kasih sudah mengunjungi website kami. 🙂