√ Pengertian Gerak Tropisme & Macam-Macam Geraknya Lengkap

Posted on

Pengertian Gerak Tropisme & Macam-Macam Geraknya Lengkap – Makhluk hidup di bumi ini dapat bergerak sesuai dengan alat gerak yang mereka miliki. Ada yang berjalan, menggeliat, melompat dan sebagainya.

Makhluk hidup tersebuat adalah manusia, hewan dan juga tumbuhan. Tumbuhan memiliki beberapa gerakan yang dapat di sebabkan dengan sengaja dia lakukan ataupun dengan tidak sengaja dia lakukan atau terjadi secara alami.

Pengertian Gerak Tropisme & Macam-Macam Geraknya Lengkap

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satu gerakan tumbuhan adalah gerakan tropisme. Gerakan tropisme memiliki banyak sekali macamnya yang akan di jelaskan bersama pengertiannya lengkap di bawah ini.

Pengertian Gerak Tropisme

Gerak tropisme adalah suatu gerakan yang ada pada tumbuhan yang ketika bergerak dengan adanya pengeruh dari rangsangan yang mengenai bagian tubuh dari tumbuhan tersebut. Gerakan tersebut ada yang bernilai positif yang di namakan gerak tropisme positif dan juga ada gerakan yang bernilai positif yang di namakan gerak tropis negatif.

Gerak tropis positif adalah ketika gerakan tumbuhan menuju dan mendekat ke sumber rangsangan berasal. Gerakan tropisme negatif adalah ketika gerakan tumbuhan menjauh dari sumber rangsangan berasal. Gerakan tropisme memiliki beberapa macam yang di kelompokkan menjadi beberapa bagian.

Macam-Macam Gerak Tropisme

Gerak tropisme bermacam-macam dan telah di kelompokkan menurut jenisnya. Macam-macam gerak tropisme akan di jelaskan berikut ini.

Pengertian Gerak Tropisme Dan Macam Gerak Tropisme Lengkap
Pengertian Gerak Tropisme Dan Macam Gerak Tropisme Lengkap

Geotropisme

Geotropisme adalah gerakan dari gerak tropisme yang terjadi akibat rangsangan dari gaya gravitasi bumi. Gerakan tropisme ini terjadi karena gaya gravitasi bumi menarik benda apa pun yang ada di permukaan bumi untuk jatuh ke tanah. Pertumbuhan ini pada tumbuhan dapat menyebabkan du dampak sekaligus yaitu dampak gerak geotropisme positif dan gerak geotropisme negatif.

Baca Juga:  √ Pengertian Spermatogenesis, Fungsi, Faktor Dan Prosesnya

Gerak geotropisme positif dapat di lihat ketika kita memperhatikan akar pada tanaman yang masuk terus ke dalam tanah. Sedangkan gerak geotropisme negatif adalah ketika kita memperhatikan batang dari tumbuhan yang tampak menjulang tinggi ke atas permukaan tanah.

Fototropisme

Fototropisme adalah gerakan dari gerak tropisme yang terjadi akibat rangsangan dari cahaya. Cahaya yang di maksud dapat berupa cahaya yang berasal dari matahari atau cahaya yang lain. Fototropisme ini memberi dampak negatif dan positifnya juga yaitu dampak positif fototropisme adalah bagian batang tumbuhan bagian atas terkena cahaya.

Dan fototropisme negatif adalah ketika kita perhatikan akar tanaman yang masuk ke dalam tanah. Ketika kita lebih amati kembali akar tumbuhan tersebut dapat terus memanjang akibat dari distribusi auksin yang di turunkan dari atas menuju ke bagian bawah tanaman tersebut.

Tigmotropisme

Tigmotropisme adalah gerakan dari gerak tropisme yang terjadi akibat rangsangan dari sentuhan yang menyentuh atau menempel pada tumbuhan. Batang tumbuhan yang dapat menjalar atau sulur tumbuhan tersebut ketika bersentuhan dengan benda asing akan melambat dan memendek di bagian yang terkena sentuhan.

Sentuhan itu akan mengekibatkan lilitan atau melengkung mengikuti benda asing yang menyentuhnya tersebut. Contoh dari tumbuhan tersebut adalah ubi, anggur dan jenis tumbuhan yang dapat menjalar lainnya.

Kemotropisme

Kemotropisme adalah gerakan dari gerak tropisme yang terjadi akibat rangsangan dari zat kimia. Rangsangan yang berasal dari kimia ini membuat gerakan akar menjadi menumpuk dan juga menyebabnkan pertumbuhan yang terjadi di saluran serbuk sari yang menuju ke bakal buah yang ketika terjadi pembuahan.

Hidrotropisme

Hidrotropisme adalah gerakan dari gerak tropisme yang terjadi akibat rangsangan dari air. Air adalah hal yang juga sangat penting bagi tumbuhan karena juga sebagai bahan makanan. Rangsangan yang di dapat akan membuat akar tumbuhan mendekat ke sumber air berasal.

Baca Juga:  √ Pengertian Jamur, Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Gerak Tropisme & Macam-Macam Geraknya Lengkap yang telah di jelaskan pustakaindo. Gerakan tanaman secara tropisme memiliki banyak sekali macam-macamnya yang telah terbagi dan berkelompok yang di sesuaikan dengan cara tumbuhan tersebut bergerak ada yang terkena cahaya, gaya gravitasi bumi, sentuhan, zat kimia dan juga dari air. Terimakasih 🙂