√ Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis

Posted on

Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis – Hukum adalah seuatu sistem yang ditetapkan oleh lembaga yang berwenang dalam membatasi tingkah laku manusia yang mengandung larangan atau perintah untuk melakukan sesuatu.

Indonesia merupakan negara hukum dengan menganut sistem hukum campuran di mana sistem hukum utamanya adalah hukum Eropa Kontinental.

Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis

Di samping itu, sistem hukum yang berlaku di Indonesia ialah hukum agama dan hukum adat.

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Berikut penjelasannya:

Drs. Utrecht, S. H.

Hukum dalam pandangan Drs. Utrecht, S. H. ialah sekumpulan peraturan yang di dalamnnya mencakup tentang larangandan perintah yang mengatur tata tertib dalam kehidupan bermasyarakat serta wajib dipatuhi oleh individu di masyarakat sebab pelanggaran atas pedoman hidup dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah sebuah lembaga atau negara.

Karl Max

Karl Max mendefinisikan hukum sebagi sebuah cerminan akan hubungan hukum ekonomis suatu masyarakat dalam sebuah fase perkembangan tertentu.

Baca Juga:  √ 12 Tujuan Hukum Menurut Para Ahli (Penjabaran Terlengkap)

Aristoteles

Aristoteles menyatakan bahwa hukum adalah sekumpulan yang tidak saja mengikat namun menjadi hakim untuk masyarakat dan ada undang-undang yang menjadi pengawas hakim dalam pelaksanaan tugas dalam menghukum pihak-pihak yang bersalah atau melanggar hukum itu.

Plato

Plato mengartikan hukum sebagai suatu pengaturan yang tersusun dan teratur dengan baik juga mengikat masyarakat dan pemerintah.

Mr. E. M. Meyers

Mr. E. M. Meyers menyatakan bahwa hukum ialah seluruh aturan yang mencakup pertimbangan kesusilaan yang ditujukan untuk tingkah laku manusia di dalam masyarakat serta menjadi pedoman untuk para penguasa negara dalam menjalankan tugasnya.

S. M. Amin

S. M. Amin melalui bukunya dengan judul “Bertamasya ke Alam Hukum” memberikan definisi tentang hukum yakni kumpulan aturan yang terdiri dari norma-norma serta sanksi-sanksi. Hukum bertujuan menciptakan ketertiban dalam pergaulan manusia agar ketertiban dan keamanan dapat dipelihara.

Ciri-Ciri Hukum

Hukum memiliki ciri-ciri seperti berikut ini :

  1. Peraturan mengenai tingkah laku manusia di dalam masyarakat
  2. Peraturan diawasi oleh lembaga berwenang
  3. Peraturan bersifat memaksa
  4. Sanksi yang tegas bagi para pelanggar
  5. Mencakup larangan atau perintah akan sesuatu
  6. Larangan dan perintah wajib dipatuhi individu

Unsur-Unsur Hukum

Unsur-unsur dari hukum yakni :

Hukum mengatur tentang perilaku manusia

Mencakup larangan dan perintah untuk bisa atau tidak bisa melakukan sesuatu yang bertujuan agar tidak menimbulkan kerugian bagi kepentingan umum serta agar perilaku manusia tidak saling bersinggungan.

Peraturan hukum ditetapkan oleh lembaga atau badan berwenang

Peraturan hukum tidak bisa dibuat oleh tiap orang, melainkan oleh lembaga berwenang yang bersifat mengikat masyarakat.

Peratutan hukum bersifat memaksa

Hukum dibuat untuk dipatuhi bukan dilanggar.

Hukum memiliki sanksi tegas pada para pelanggar.

Tujuan Hukum

Terdapat dua teori mengenai tujuan hukum yang diketahui dalam literatur hukum yaitu teori etis dan teori utilities. Teori eti ialah hukum yang tujuannya hanya untuk mendapat keadilan dan memmebrikan keadilan pada individu yang menjadi haknya. Teori utilities ialah hukum yang bertujuan memberikan manfaat bagi semua orang dalam masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Hukum Bisnis, Latar, Tujuan, Fungsi, Lingkup & Sumber

Hukum memiliki tujuan universal misalnya kedamaian, ketertiban, kebahagiaan, kententraman serta kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat. Adanya hukum membuat tiap persoalan dapat diselesaikan melalui pengadilan oleh hakim sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis
Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis

Hakim bertujuan untuk mencegah dan menjaga agar individu tidak menjadi hakim pada diri sendiri. Namun, tujuan hukum hakikatnya untuk menciptakan keadilan dan kebahagiaan. Tujuan hukum dapat dirangkum seperti berikut :

  1. Memberikan kemakmuran dalam hidup masyarakat
  2. Mengatur pergaulan hidup manusia agar damai
  3. Memberikan pedoman bagi individu untuk bergaul dalam masyarakat
  4. Menjamin kebahagiaan setiap orang
  5. Sebagai sarana perwujudan keadilan sosial
  6. Sebagai penggerak pembangunan
  7. Sebagai fungsi kritis

Selain itu, menurut Aritoteles hukum bertujuan secara utuh untuh mencapai keadilan artinya memberikan hak dari masing-masing anggota masyarakat. Kemudian, menurut Jeremy Bentham hukum bertujuan guna mencapai manfaat artinya hukum ada untuk menjamin kebahagian banyak orang.

Fungsi Hukum

Secara umum fungsi hukum adalah :

  1. Sebagai pelindung tiap kepentingan manusia
  2. Sebagai alat dalam keteraturan dan ketertiban masyarakat
  3. Sebagai sarana pencipta keadilan sosial
  4. Sebagai alat kritik
  5. Sebagai alat penggerak pembangunan
  6. Sebagai alat menyelesaikan pertikaian

Sifat Hukum

Sifat-sifat hukum yaitu :

Hukum Bersifat Mengatur

Hukum membuat seluruh peraturan yang berupa perintah atau larangan yang akan mengatur seluruh tindakan manusia dalam konteks kehidupan bermasyarakat agar tercipta keamanan dan ketertiban.

Hukum Bersifat Memaksa

Hukum memiliki kemampuan serta kewenangan untuk memaksa individu atau kelompok untuk patuh pada setiap peraturan. Ada sanksi tegas yang diberikan bagi para pelanggar hukum.

Hukum Bersifat Melindungi

Hukum dibuat untuk menjadi pelindung bagi hak individu serta menjaga keseimbangan antara kepentingan-kepentingan yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jenis-Jenis Hukum di Indonesia

Secara umum terdapat dua hukum di Indonesia yakni hukum publik dan hukum privat.

Baca Juga:  √ Macam-Macam Hukum, Jenis Hukum dan Penjelasannya Terlengkap

Hukum Publik

Hukum publik ialah aturan hukum yang menatur tentang hukum antara warga negara dan negara yang berkaitan kepentingan umum. Hukum publik ialah hukum yang mengatur masyarakat, seperti hukum tata negara, hukum pidana dan hukum administrasi negara.

Hukum Privat

Hukum privat ialah hukum yang mengatur mengenai hubungan sesama manusia, individu dengan individu lain yang menitikberatkan pada kepentingan privat atau pribadi, misalnya hukum perdata, hukum dagang dan hukum sipil.

Sekian penjelasan materi Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi, Sifat & Jenis. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami serta menbah wawasan para pembaca. Terima kasih 🙂