√ 40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Posted on

40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )– Istilah “ekonomi” memiliki asal kata dari bahasa Yunani yakni “oikos” yang artinya rumah tangga atau keluarga dan “nomos” yang artinya aturan. Dengan begitu ekonomi secara sederhana dapat dimengerti sebagai aturan dalam rumah tangga atau keluarga.

40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Untuk bisa lebih memahami pengertian ekonomi, mari kita simak pengertian ilmu ekonomi di bawah ini menurut para ahli.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut penjelasan menurut para ahli:

Mill J. S.

Mill J. S. Mengartikan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan terapan atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan.

Moerten dan Von Neumann

Moerten dan Neumann menyatakan bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu disiplin ilmu yang harus diperlakukan menurut kaidah-kaidah ilmiah.

Abraham Maslow

Maslow mengungkapkan pemikirannya mengenai ilmu ekonomi yaitu salah satu bidang kajian ilmu yang mencoba untuk menyelesaikan masalah kebutuhan manusia dari sumber-sumber ekonomi yan telah ada sesuai dengan prinsip dan teori tertentu dalam sebuah sistem ekonomi yang dipandang efektif dan efisien.

Alfred Marshall

Alfred Marshal mengartikan ilmu ekonomi sebagai suatu ilmu yang mempelajari keseharian hidup manusia.

Alfred W.

Alfred W. Mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi ialah ilmu yang dibedakan ke dalam 3 kategori yakni ilmu teori ekonomi, ilmu ekonomi terapan dan ilmu ekonomi deskriptif.

Baca Juga:  √ Pengertian AFTA, Anggota, Tujuan, Latar Belakang dan Manfaat

Van Zwijnregt

Menurut Zwijnregt ilmu ekonomi yaitu suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam mencapai suatu kemakmuran.

M. Keynes

M. Keynes berpendapat bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah teknik berpikir yang berguna dalam mempertimbangkan jumlah biaya dan bagian dari laba.

B. Say

Ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang dipandang sebagai ilmu yang mengkaji aturan-aturan yang bisa menentukan kekayaan individu.

Oscar Langen

Oscar Langen menyatakan bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang tata administrasi dari sumber-sumber kecil ataupun besar dan dianalisis sehingga dapat digunakan untuk kehidupan manusia dengan sebaik-baiknya.

Mel Viye J. Ulmer

Mel Viye J. Ulmer mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan-kegiatan pokok perekonomian yang meilputi produksi, distribusi dan konsumsi.

Hennipman

Hennipman berpendapat bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah studi yang menganalisa manusia serta reaksi manusia terhadap kehidupan ekonomi.

Frank Knight

Menurut Knight, ilmu ekonomi dimengerti sebagai suatu cabang keilmuan yang memberikan pandangan kepada semua orang tentan bagaimana menjalani hidup yang ekonomis.

Gunnar Myrdall

Gunnar Myrdall memandang ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang dari ilmu sosial dimana ilmu ekonomi akan selalu berkaitan dengan cabag ilmu sosial lainnya, misalnya geografi, politik, psikologi, antropologi dan lain-lain.

L. Mey Jr.

L. Mey Jr. menyatakan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu mengenai langkah-langkah yang ditempuh manusia dalam memperoleh serta merasakan kemakmuran di hidupnya.

Albert L. Meyers

Menurut Meyers ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari dan membahas kebutuhan-kebutuhan yang harus dibutuhkan dan dimiliki manusia dan cara-cara dalam memuaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Adam Smith

Adam Smith mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari dan membahas tingkah laku manusia dalam upaya mengolah atau mengalokasikan sumber-sumber daya yang sangat terbatas untuk mencapai suatu tujuan. Pernyataan tersebut umum dikenal dengan teori ekonomi klasik.

Rosyidi

Rosyidi mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang fokus objeknya adalah individu dan masyarakat.

Lionel Robbins

Menurut Robbins ilmu ekonomi diartikan sebagai sebuah ilmu yang mengkaji perilaku manusia yang berkaitan dengan kemauan manusia yang tidak terbatas dengan sumber-sumber pemenuh kebutuhan yang sangat terbatas dengan cara mengoptimalkan kegunaan sumber yang ada.

Baca Juga:  √ Pengertian Debit dan Kredit, Contoh, Perbedaan & Manfaatnya

Edwin Cannan

Edwin Cannan berpendapat bahwa ilmu ekonomi ialah sebuah studi yang memiliki tujuan untuk menjelaskan faktor-faktor umum yang memengaruhi kebijakan material.

C. Pigou

C. Pigou memandang ilmu ekonomi sebagai sebuah kajian tentang penambahan jumlah pengeluaran dalam meningkatkan taraf hidup manusia.

Louis Cantori

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menjamin perputaran harta manusia sehingga fungsi hidup manusia sebagai hamba Allah bisa dimaksimalkan dan memperoleh falah dunia akhirat (hereafter).

Willian Beveridge

Beveridge menyatakan bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah kajian mengenai bagaimana manusia menjalin kerjasama dalam memperoleh keperluan material.

Amwal

Ilmu ekonomi yaitu sebuah cabang ilmu yang menerangkan cara mengambil keputusan yang efektif dalam mengolah sumber daya yang ada supaya kebutuhan individu atau masyarakat bisa dipenuhi.

Akram Khan

Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempunyai tujuan untuk mempelajari kesejateraan (falah) manusia yang bisa diarih dengan cara mengorganisasikan sumber-sumber daya di bumi dengan bekerjasama dan berpartisipasi.

Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi ialah sebuah usaha sistematis yang mencoba memahami persoalan-persoalan ekonomi dan tingkah laku manusia dalam menghadapi persoalan tersebut dari sudut pandang Islami.

Aristoteles

Aristoteles mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi merupakan sebuah cabang ilmu yang digunakan dalam dua jalan yaitu kemungkinan untuk digunakan dan kemungkinan untuk ditukar dengan barang (nilai pertukaran dan nilai pemakaian).

Manullang

Ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang mempelajari masyarakat yang berusaha meraih kemakmuran atau suatu kondisi di mana manusia bisa mencukupi kebutuhannya berupa barang dan atau jasa.

Case & Fair

Ilmu ekonomi ialah sebuah kajian yang mempelajari cara seseorang dan masyarakat menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang langka yang telah tersedia di alam oleh generasi sebelumnya.

40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap
40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap

Jack Hirshleifer

Ilmu ekonomi yakni ilmu mengenai pengambilan keputusan untuk memilih di tengah banyaknya kemungkinan tindakan yang bisa diambil. Ilmu ekonomi juga bisa digunakan dalam mempelajari kemungkinan yang terjadi apabila keputusan banyak orang saling memengaruhi.

Ensiklopedia Indonesia

Ilmu ekonomi di dalam Ensiklopedia Indonesia diterangkan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji cara-cara manusia dalam meraih kemakmuran dan gejala-gejala serta hubungan yang muncul dari usaha yang dilakukan manusia.

Suherman Rosyidi

Ilmu ekonomi yaitu suatu cabang keilmuan yang memberikan pengertian dan penjelasan mengenai tanda-tanda di masyarakat yang muncul sebagai akibat perbuatan manusia yang berusaha mencukupi kebutuhan supaya bisa hidup dalam kemakmuran.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli (TerLengkap)

Robert B. Ekelund Jr. & Robert D. Tollison

Ekelund Jr. dan Tollison menyatakan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara seseorang dan masyarakat yang memiliki kehendak yang tidak terbatas dan memutuskan untuk mengalokasikan sumber daya yang jumlahnya terbatas agar bisa memuaskan kehendak-kehendak mereka.

Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi merupakan sebuah studi mengenai masyarakat yang mengelola sumber daya alam yang sangat langka.

Richard G. Lipsey

Ilmu ekonomi diartikan sebagai satu ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang terbatas agar dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Paul A. Samuelson

Ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat menentukan pilihan dengan menggunakan atau tidak menggunakan uang dalam memanfaatkan sumber-sumber produksi yang jumlahnya terbatas namun bisa digunakan secara berulang untuk memproduksi banyak komoditas dari masa ke masa dan mengedarkannya guna kebutuhan konsumsi di waktu kini atau mendatang kepada masyarakat.

Samuekon

Samuekon mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah studi yang menganalisa keuntungan dan kerugian serta meningkat pola-pola tertentu dalam pemanfaatan sumber daya.

Wikipedia

Ilmu ekonomi di dalam Wikipedia diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menciptakan kemakmuran dan menentukan pilihan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilmu ekonomi di dalam KBBI adalah ilmu yang mempelajari produksi, distribusi dan konsumsi dan persoalan-persoalan yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan tersebut, misalnya pembiayaan, tenaga kerja dan keuangan. Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan mengenai aktivitas sosial manusia dalam mencukupi kebutuhannya berasal dari lingkungan sekitarnya.

Van Der Valk

Menurut Van Der Valk ilmu ekonomi merupakan sebuah studi pengetahuan tentang tiap-tiap tindakan ekonomis yang dilakukan manusia juga akibat-akibat yang muncul sebagai hasil dari tindakan-tindakannya.

Penson

Penson memandang ilmu ekonomi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kesejahteraan material di dalam diri manusia.

Sekian penjelasan materi 40 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli ( Terlengkap ). Semoga artikel tersebut bisa menambah pengetahuan para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami. 🙂