√ Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli & Tugasnya

Posted on

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli & Tugasnya – Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi yang meliputi proses perencanaan agar tercapai kepuasan pelanggan.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli & Tugasnya

Berikut ini beberapa ahli yang memberikan gagasan-gagasannya mengenai pengertian manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut penjelasan para ahli:

William J. Stanton

Menurut William J. Stanton manajemen pemasaran yaitu perencanaan, pelaknsanaan, penganalisaan serta pengawasan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar dan bermaksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

 Sofyan Assauri

Sofyan Assauri (2004) menyatakan bahwa manajemen pemasaran yaitu kegiatan dalam perencanaan, pengkoordinasian, penganalisisan dan pengendalian seluruh aktivitas yang berhubungan dengan perancangan dan peluncuran produk, proses komunikasi, promosi dan distribusi, penetapan harga dan transaksinya yang bertujuan untuk menciptakan kepuasan konsumen juga mewujudkan tujuan jangka panjang perusahaan.

 Winardi

Winardi mengungkapkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah proses perencanaan, pengambilan keputusan dan pengawasan elemen-elemen pemasaran sebuah perusahaan terkait konsep pemasaran dalam sebuah sistem pemasaran.

Baca Juga:  √ Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli, Jenis & Masalah

 Swastha

Swastha (1995: 5) mengartikan manajemen pemasaran sebagai kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengawai dan menganalisa kegiatan-kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dimkasud untuk mencapai tujuan perusahaan.

 Peter R. Dickson

Menurut Peter R. Dickson manajemen pemasaran ialah variasi aktivitas organisasi yang terwujud dalam memahami keinginan konsumen serta pola perilaku konsumen.

 John W. Mullins

Manajemen pemasaran menurut Mullins ialah proses analisa, penerapan, pengkoordinasian serta pengendalian kegiatan yang mencakup penetapan harga, promosi, konsepsi serta distribusi produk (barang, jasa dan ide) yang dirancang dalam menciptakan serta memelihara pertukaran yang memberikan keuntungan dengan target pasar tertentu sehingga dapat mencapai tujuan organisasi.

 Phillip William J. Shultz

Shultz menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, mengarahkan dan mengawasi semua aktivitas pemasaran perusahaan atau bagian-bagian dari perusahaan.

 Lupiyo Adi

Lupiyo Adi (2006: 6) memberikan pengertian manajemen pemasaran sebagai sebuah perencanaan, pelaksanaan, kontrol dan analisai kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan terkait pertukaran-pertukaran yang diinginkan oleh konsumen yang ditargetkan guna mendapatkan keuntungan indivisu maupun bersama.

 Buchari Alma

Buchari Alma (2004: 130) mengatakan bahwa manajemen pemasaran yaitu perencanaan, pemberian arahan dan pengawasan akan semua aktivitas pemasaran perusahaan atau pada bagian pemasaran.

 Phillip Kotler dan Armstrong

Kotler dan Armstrong (2002: 14) sepakat mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai menganalisis, merencanakan, melaksanakan danm mengendalikan terhadap program-program yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun serta mempertahankan pertukaran-pertukarang yang memberikan keuntungan dengan konsumen tertentu untuk mencapai tujuan organisasi.

 American Marketing Association

American Marketing Association (1960) memberikan definisi manajemen pemasaran sebagai hasil dari prestasi kerja aktivitas usaha yang berhubungan dengan arus barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli (TerLengkap)

 Buchori dan Djaslim

Buchori dan Djaslim (2010: 5) memandang bahwa manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan eksekusi konsepsi, promosi, penetapan harga, promosi dan distribusi (barang, jasa, ide) untuk dipertukarkan guna memuaskan konsumen dan merealisasikan tujuan organisasi.

 Dharmmesta dan Handoko

Dharmmesta dan Handoko memandang bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah aktivitas utama dari perusahaan dalam mempertahankan kebrlangsungan perusahannya supaya mampu berkembang dan memperoleh laba dari adanya kegiatan pertukaran.

 Boyd, Walker dan Larreche

Boyd, Walker dan Larreche (1998) dalam “A Strategic Approach with A Global Orientation” mengartikan manajemen pemasaran sebagai sebuah proses menganalisi, merencanakan, mengimplementasikan, mengkoordinasikan dan mengendalikan program pemasaran yang mencakup harga, promosi, kebijakan produk dan distribusi yang bisa ditawarkan untuk membentuk dan meningkatkan pertukaraan kegunaan dengan pasar target dalam mencapai tujuan organisasi.

 Ben M. Eniy

Ben M. Eniy (2007: 130) mengartikan manajemen pemasaran sebagai suatu proses dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas pemasaran yang dilakukan seseorang atau perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, dan Tujuannya
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, dan Tujuannya

Tugas Manajemen Pemasaran

Tugas manajemen pemasaran, antara lain :

  1. Memenahami keinginan dan keperluan konsumen.
  2. Mengadakan inovasi konsep produk untuk keperluan dan kebutuhan pasar.
  3. Mendesain produk serta mengembangkan pengemasan dan merk.
  4. Mengatur pendistribusian produk serta memeriksa penjualan.
  5. Mengkomunikasian secara efektif dan efisien pemasaran yang dilakukan.
  6. Mengatur harga agar memperoleh return of investmen (ROI) yang baik.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki beberapa tujuan, antara lain :

  1. Mendapatkan pelanggan.
  2. Memperoleh keuntungan.
  3. Memperkenalkan barang atau jasa.
  4. Meningkatkan minat dan daya beli konsumen.
  5. Bersaing dengan produsen atau perusahan lainnya.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen mempunyai beberapa funsgi seperti di bawah ini.

  1. Melakukan riset pelanggan
  2. Mennetukan harga
  3. Mendistribusikan barang dan jasa
  4. Melayani konsumen
  5. Mengembangkan produk
Baca Juga:  √ Pengertian Pasar Bebas, Sistem, Fungsi, Tujuan & Contohnya

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran merupakan sebuah landasan atau falsafah bisnis yang memnadang bahwa pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial yang berguna bagi keberlangsungan hidup perusahaan, dikutip dari Stanton (1978). Ada elemen-elemen penting dalam konsep pemasaran, yaitu :

  1. Orientasi terhadap kebutuhan pasar (market oriented).
  2. Menyusun aktivitas pemasaran secara terpadu.
  3. Mencapai kepuasan konsumen.

Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran terdiri dari unsur-unsur di dalamnya, yaitu :

Orientasi Pada Konsumen

Produsen akan memproduksi atau menghasilkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pasar dengan tujuan memperoleh laba. Konsumen merupakan orientasi utama dalam kegiatan bisnis.

Perencanaan Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh

Aktivitas pemasaran wajib disusun secara menyeluruh dari semua aspek supaya proses pelaksanaan dan pengawasan mudah dilakukan.

Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen adalah prioritas utama dalam manajemen pemasaran. Tolak ukur kepuasan konsumen bisa dilihat dari mutu produk yang ditawarkan dan cara pemasaran yang dilakukan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli & Tugasnya. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Baca juga ya artikel-artikel kami lainnya. 🙂