√ Pengertian ROM, Fungsi ROM Dan Jenis ROM (Terlengkap)

Posted on

Pengertian ROM, Fungsi ROM Dan Jenis ROM (Terlengkap) – Alat yang ada di dalam komputer ini banyak sekali bantuk dan fungsinya. Alat atau komponen yang di miliki oleh komputer sangatlah kompleks dan saling berhubung satu sama lain.

Dengan adanya komponen pendukung yang memadai maka komputer akan dapat di hidupkan dan dpat dioperasikan dengan normal. Salah satu hal yang di butuhkan komputer adalah ROM atau Random Access Memory.

Pengertian ROM, Fungsi ROM Dan Jenis ROM (Terlengkap)

ROM ini sangatlah penting di butuhkan oleh komputer karena jika ini bermasalah maka akan menjadi masalah juga di dalam komputer. Untuk dapat mengerti tentang apa itu ROM akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory yang merupakan suatu perangkat keras yang ada di komputer atau pc dengan benutk seperti chip dengan memori semikonduktor yang isinya hanya dapat di baca tidak dapat lebih. ROM berbeda dengan RAM atau Random Access Memory walau memang keduanya merupakan memori yang dapat di akses dengan acak atau secara random.

Pengertian ROM Beserta Fungsi ROM Dan Jenis ROM Lengkap
Pengertian ROM Beserta Fungsi ROM Dan Jenis ROM Lengkap

ROM dapat di katakan sebagai memori yang ada di dalam komputer. Sifat yang di miliki ROM ini permanen yang berarti bahwa program atau data yang telah tersimpan di dalam ROM tidak dapat hudah hilang atau dapat di ubah walau dengan aliran listrik yang telah di matikan terlebih dahulu.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Menyimpan suatu data di dalam ROM tidaklah mudah akan tetapi ketika kita membukanya akan sangat mudah.

Hal itu di sebabkan pada umumnya ROM di program atau telah di isi data olhe pabrik yang membuatnya, sebab itu ROM ini dapat di gunakan untuk menyimpan firmware atau perangkat yang memiliki hubungan erat antara perangkat lunak dengan perangkat keras komputer.

Fungsi ROM

ROM atau Read Only Memory memiliki peranan untuk dapat menjadi media penyimpanan firmware. Firmware yaitu merupakan perangkat lunak yang saling berhubungan dengan perangkat keras seperti ROM BIOS. ROM BIOS atau Basic Input Output System ini dapat langsung di jalankan dengan cepat tanpa harus menunggu utnuk dapat kembali menyalakan perangkat media penyimpanan dari yang lainnya terlebih dahulu yang umumnya dapat terjadi di alat penyimpanan lain.

Tetapi di dalam memori ROM ini hanya adapa  di baca tetapi data yang beda di dalam memori ini dapat untuk di tulis ulang.

Jenis ROM

ROM sendiri memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

Mask ROM

PROM (Programmable Read Only Memory)

EPROM (erasable programmable read only memory)

EAROM (Electrically Alterable Read Only Memory)

Sekianlah penjelasan dari Pengertian ROM, Fungsi ROM Dan Jenis ROM (Terlengkap)yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan ROM kita tidak perlu menyiapkan firmware untuk dapat menjalankan hardware dan juga software dan menghubungkannya kembali. Terimakasih 🙂