√ Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi & Contohnya

Posted on

Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi & Contohnya –  Ada istilah-stilah yang lazim digunakan dalam ilmu ekonomi, di antaranya istilah motif ekonomi dan motif non ekonomi. Asal kata “motif” yaitu “motus” dalam bahasa Latin yang berarti pendorong atau penggerak.

Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi & Contohnya

Semua hal dalam kegiatan ekonomi tidak terlepas dari keinginan sebagai latar belakangnya. Adanya dorongan atau keinginan tersebut membuat manusia melakukan aktivitas ekonomi. Hal itulah yangn dimaksud dengan motif ekonomi.

Di atas disebutkan pula ada istilah “motif non ekonomi”. Motif non ekonomi adalah dorongan atau alasan yang melatarbelakangi manusia untuk melakukan suatu kegiatan bukan dengan alasan memenuhi kebutuhan hidup. Motif non ekonomi melandasi perbuatan manusia bertindak di luar koridor kegiatan ekonomi.

Dalam melakukan sesuatu dengan berdasar motif ini, manusia tidak mempertimbangkan untung dan rugi. Beberapa faktor yang memengaruhi tindakan dengan motif non ekonomi, antara lai ketergesaan, emosinal atau perasaan tulus yang ada di dalam diri manusia.

Setiap tindakan manusia tidak selalu mempunyai motif ekonomi. Tak jarang manusia bertindak sesuai dengan perasaan atau emosinya. Tidak selalu keuntungan atau kerugian sebagai dasar, terkadang manusia menginginkan pula pujian atau sekedar tindakan spontan. Tindakan-tindakan ekonomi dengan latar motif non ekonomi, misalnya ingin dipuji, sebab baru saja mendapatkan hadiah atau untuk menunjukkan kekayaan yang dimiliki.

Perbedaan Motif Ekonomi dan Motif Non Ekonomi

Di antara ke dua motif tersebut terdapat perbedaan, beberapa di antaranya :

Baca Juga:  √ Pengertian Konsumsi Menurut Para Ahli, Tujuan, Ciri & Contoh

Motif Ekonomi

  1. Motif ekonomi mendorong manusia untuk menjalankan 3 aktivitas pokok dalam ekonomi, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.
  2. Motif ekonomi mendorong manusia melakukan aktivitas ekonomi.
  3. Tindakan-tindakan yang dilakukan memiliki alasan kebutuhan ekonomi.
  4. Motif ekonomi dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

Motif Non Ekonomi

  1. Motif non ekonomi umumnya berupa kewajiban, dorongan, adat atau kebiasaan, tindakan spontan, ketidaksengajaan atau kecelakaan, dan lainnya.
  2. Motif non ekonomi ialah motif yang membuat manusia melakukan aktivitas di luar 3 kegiatan pokok ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi).
  3. Tindakan yang dilakukan berdasarkan kebutuhan non ekonomi.
  4. Motif non ekonomi tidak selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari banyaknya jenis motif ekonomi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa :

  1. Aktivitas ekonomi yang sama bisa saja dilandasi dengan motif ekonomi yang berbeda-beda.
  2. Setiap manusia mempunyai motif ekonomi yang berbeda dalam setiap aktivitas ekonominya. Jenis motif ekonomi tersebutr bergantung pada kebutuhan dan kepribadian orang tersebut, waktu dan tempat.
Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi dan Contohnya
Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi dan Contohnya

Contoh Motif Ekonomi

Berikut merupakan contoh dari motif ekonomi :

  • Seseorang melakukan kerja keras guna mendapat uang untuk di gunakan dalam memnuhi kehidupannya.
  • Seorang pedagang dalam menjual produknya yang berkualitas unggul dengan harga yang murah untuk mendapat laba yang menjadi tujuan ekonomi kreatif.
  • Salah seorang calon camat ketika dalam pemilihan mengeluarkan dana pribadi di dalam membangun jalan dan memberikan penyuluhan kesehatan gratis yang berharap akan mendapat suara atau simpatik dari masyarakat.
  • Ketika seorang karyawan dengan ekonomi yang cukup akan tetapi tetap berkerja keras demi mendapat kesempatan dalam mendapat penghargaan dan tawaran sebagai manajer di tempat kerja dengan harapan menjadi manajer yang di segani dan berwibawa.
  • Seorang pemuda dengan kerja keras demi mendapat uang untuk bias membangun yayasan pendidikan di kampungnya agar dapat membantu saudaranya dalam mendapat pendidikan yang baik.
  • Seseorang mengendarai kendaraan mewah ketika berangkat berkerja guna mendapat penghargaan dari teman temannya.
  • Dokter yang membuka praktek kerja di daerah asalnya yang ketika uang yang di dapatkan akan menjadi sarana dalam membantu pembangunan yang sedang di lakukan oleh desanya.
  • Pedagang menaikkan harga barang dagangannya guna mendapat keuntungan yang besar.
Baca Juga:  √ 11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Itulah penjelasan materi tentang Perbedaan Motif Ekonomi Dengan Motif Non Ekonomi & Contohnya yang sudah disampaikan. Jangan lupa baca juga artikel-artikel kami lainnya yang sarat manfaat. Terima kasih telah berkunjung 🙂