√ 18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Posted on

18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap – Di dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya kita haruslah dapat menentukan sikap yang baik dan bermasyarakat.

Dalam bermasyarakatpun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti etika kita. Etika kita akan sangat di perhatikan ketika kita sudah mulai bersosialisasi terhadap lingkungan tempat tinggal kita.

18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Untuk itu pentingnya etika bagi kehidupan kita akan di jelaskan oleh para ahli sebagai berikut;

Pengertian Etika

Etika memiliki arti sebagai suatu aturan atau suatu norma yang ada dan menjadi pedoman di dalam berperilaku di kelompok masyarakat dengan menentukan nilai sifat baik dan buruknya seseorang.

Etika juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang kesusilaan dan juga perilaku Manusia di dalam pergaulan dengan sesamanya dengan menyangkut prinsip dan juga aturan mengenai tingkah laku yang baik dan benar. Maka dari itu etika merupakan kewajiban moral yang ada di setiap Manusia di dalam perilakunya terhadap masyarakat.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Para ahli ikut memberikan pemikirannya mengenai apa itu etika yang diantaranya adalah;

Baca Juga:  √ 5 Pengertian Moral Menurut Para Ahli (Terbaru & Lengkap)

Wikipedia

Etika di dalam bahasa yunani kuno yaitu “ethikos” dengan artian “timbul dari kebiasaan” yang memiliki pengertian sebagai suatu diamana dan sebagaimana cabang utama filsafat yang dapat mempelajari mengenai nilai atau juga kualitas yang akan menjadi suatu studi tentang standard an juga penilaian moral.

Etika dapat mencangkup mengenai analisis dan juga penerapan konsep seperti baik, buruk, benar, salah, dan tanggung jawab.

KBBI

Etika merupakan suatu ilmu yang menenagi baik dan buruknya suatu perilaku, hak dan kewajiban akan moral; sekumpulan asa atau juga mengenai nilai yang berkaitan dengan akhlak; dan nilai yang mengenai benar atau tidaknya suatu perbuatan atau suatu perilaku yang dianut masyarakat.

Soegarda Poerbakawatja

Etika berupa suatu filsafat yang berkaitan tenatang nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan kesusilaan.

J. S. Poerwadarminto

Etika adalah suatu ilmu pengetahuan yang mendalami tentang asas-asas akhlak atau moral.

Hamzah Yakub

Etika merupakan menyelidiki perbuatan yang mana itu baik atau buruk.

Drs. O. P. Simorangkir

Etika berupa pandangan Manusia yang mengenai baik dan buruknya perilaku Manusia.

Aristoteles

Etika menurutnya di bagi menjadi dua bagian yaitu;

Techikus

Etika ini di pelajari sebagai ilmu pengetahuan yang mendalami suatu problema tindakan atau juga perbuatan Manusia.

Manner And Custom

Etika yang berhubungan atau memiliki kaitan dengan suatu tata cara adat kebiasaan yang ada dan melekat di dalam kodrat Manusia atau berarti in herent in human nature yang sagat terkait dengan artian baik dan buruknya suatu tingkah laku, perilaku atau juga perbuatan Manusia.

A. Mustafa

Etika adalah ilmu yang di dalamnya menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan dari Manusia sejauh yang dapat di ketahui oleh akat pikirannya.

Bertens

Etika berupa nilai-nilai dan norma-norma moral yang itu menjadi suatu pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok di dalam mengatur perilakunya.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap

Prof. DR. Franz Magnis Suseno

Etika dapat berupa ilmu yang mencari orientasi atau juga ilmu yang dapat memberikan arah dan pijakan di dalam tindakan Manusia.

Ramali dan Pamuncak

Etika dapat berupa pengetahuan akan perilaku yang benar di dalam profesinya.

Maryani dan Ludigdo

Etika berupa seperangkat norma, atauran atau juga pedoman yang di dalamnya mengatur segala perilaku Manusia aada yang baik harus di lakukan da nada pula yang harus di tinggalkan yang di anut oleh sekelobpok masyarakat atau juga segolongam masyakarat.

Martin

Etika merupakan suatu disiplin ilmu yang memiliki peranan sebagai acuan atau juga pedoman untuk dapat mengontrol suatu tingkah laku atau juga perilaku Manusia.

18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Beserta Contoh Etika Lengkap
18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli
Beserta Contoh Etika Lengkap

Ahmad Amin

Etika adalah suatu ilmu yang di dalamnya menjelaskan akan arti baik dan buruknya serta apa yang harus di lakukan oleh si Manusia dan juga dapat menyatakan suatu tujuan yang harus di capai oleh si Manusia di dalam perbuatannya dan itu menunjukan arah untuk dapat melakukan apa yang semestinya di lakukan.

Drs. H. Burhanudin Salam

Etika berupa cabang ilmu filsafat yang di dalamnya membicarakan akan nilai-nilai dan juga norma yang dapat menjadi penentu perilaku Manusia di kehidupannya.

Drs. Sidi Gajabla

Etika berupa teori akan perilaku atau juga perbuatan Manusia yang di pandang melalui segi baik dan buruk sejauh mana yang dapat di lakukan oleh akala Manusia.

James J. Spillane SJ

Etika adalah suatu pertimbangan atau memperhatikan mengenai tingkah laku Manusia di dalam mengambil keputusan yang ada kaitannya dengan moral. Etika sendiri mengarah kepda penggunaan akal budi Manusia yang di lakukan dengan objektivitas untuk dapat menentukan benar atau salahnya serta suatu tingkah laku seseorang terhadap orang lainnya.

Asmaran

Etika merupakan suatu ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang perialaku Manusia, tetapi tidak hanya menentukan kebenaran seperti mereka akan tetapi juga untuk dapat menyelidiki manfaat atau juga keuntungan yang di dapat dari semua perilaku Manusia.

Baca Juga:  √ Fungsi Huruf Kapital dan Contoh Huruf Kapital (Terlengkap)

Contoh Etika

Berikut contoh dari etika diantaranya;

Etika Pribadi

Seseorang telah berhasil di bidang usaha wiraswasta dan telah menjadi seseorang yang sangat berkecukupan atau jutawan sehingga dirinya sibuk dengan usahanya dan melupakan kewajibannya sebagai hamba tuhan. Dia mempergunakan hartanya untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti mabuk-mabukan dan suka mengganggu ketentraman orang lain. Maka dari segi usaha dia berhasil akan tetapi gagal di dalam mengembangkan etika pribadinya.

Etika Sosial

Seorang pejabat telah di percaya untuk dapat mengelola keuangan Negara. Uang tersebut adalah uang dari rakyat dan untuk rakyat. Akan tetapi pejabat tersebut melakukan penggelapan uang untuk di pergunakan sendiri dan tidak dapat mempertanggung jawabkan unang yang telah di pakainya kepada pemerintah. Perbuatan itu termasuk perbuatan yang merusak etika social.

Etika Moral

Berkenan tentang perilaku baik dan benar berdasar kepada kodrat Manusia. Dan apa bila etika ini di langgar maka akan timbul perbuatan tidak baik. Kebiasaan inilah yang di sebut moral yang berasal dari kodrat Manusia.

Contoh Etika Moral
  1. menghargai hak orang lain
  2. membela kebenaran dan keadilan
  3. menyantuni anak yatim atau piatu
  4. berkata dan berbuat jujur
  5. menghormati orang tua dan guru

Sekianlah penjelasan mengenai 18 Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Contoh Etika Lengkap yang di jelaskan pustakaindo. Dengan adanya etika yang baik maka kehidupan kita di dalam masyarakat dapat terus terjaga dengan baik. Terima kasih 🙂