√ 8 Alat Pernapasan Manusia dan Fungsi Alat Pernapasan Manusia

Posted on

8 Alat Pernapasan Manusia dan Fungsi Alat Pernapasan Manusia – Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang menempati bumi sebagai tempat tinggalnya. Manusia sendiri tidak dapat terlepas dari yang namanya udara.

Karena dari udara kita Manusia dapat bernafas dan membuat Manusia menjadi sehat. Banyak Manusia yang di dalam kehidupannya tidak dapat mensyukuri tentang arti dari bernafas dan dapat dengan mudahnya bernapas tanpa harus membelinya karena tersedia di alam.

8 Alat Pernapasan Manusia dan Fungsi Alat Pernapasan Manusia

Untuk dapat bernapas di perlukan alat pernapasan yang baik bagi Manusia. Untuk dapat mengerti tentang alat pernapasan Manusia dan fungsinya akan di jelaskan sebagai berikut:

Alat Pernapasan Manusia

Manusia sebagai makhluk hidup memiliki alat pernapasan yang di  gunakan untuk menghirup oksigen yang ada di udara dan melepaskan karbon dioksida. Alat pernapasan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup dari Manusia karena itu adalah hal pokok yang harus di miliki oleh setiap Manusia. Untuk dapat menjelaskan alat pernapasan Manusia tersebut adalah sebagai berikut:

Hidung

Hidung adalah organ tubuh kita yang terletak di luar dan dapat kita lihat dengan jelas sekali. Hidung berfungsi sebagai alat pernapasan pertama yang akan di lalui oleh udara. Hidung pada normalnya memiliki 2 lubang yang berguna sebagai tempat keluar masuknya udara. Ketika di lihat sekilas sepertinya lubang ini sama tetapi terdapat perbedaan volume udara ketika kita menarik nafas. Lubang itu terbagi ada yang bervolume besar da nada pula yang bervolume kecil. Hidung memiliki rambut halus dan juga lender di dalamnya yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang masuk dan tercampur kedalam udara yang kita hirup agar melekat dan tidak dapat masuk lebih dalam lagi.

Baca Juga:  √ Pengertian Gerak Tropisme & Macam-Macam Geraknya Lengkap

Faring

Faring atau tenggorokan merupakan saluran pernapasan yang di lalui setelah hidung. Faring memiliki pangkal yang berada di laring. Laring berguna sebagai tempat keluar masuknya udara dan juga makanan serta minuman. Saluran yang terdapat di dalam faring ini memiliki katup yang dapat membuka dan menutup agar tidak terjadi kesalahan saat menghirup udara dan memasukkan makanan. Di sini juga terdapat pita suara yang dapat di gunakan untuk berkomunikasi dan mengeluarkan suara.

Laring

Laring adalah pangkal dari tenggorokan yang berguna untuk dapat mencegah masuknya benda asing yang ada di dalam system pernapasan dan di kelilingi oleh banyak tulang rawan. Fungsi laring yang lain adalah sebagai tempat untuk dapat menelan makanan untuk di proses ke fase yang lebih lanjut.

8 Alat Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya Terlengkap
8 Alat Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya Terlengkap

Trakea

Di dalam trakea tersusun dari tulang rawan sepanjang dari daerah leher sampai ke bagian dada. Di dalam trakea ada semacam lender yang bentuknya seperti cicin yang jumlahnya lebih dari 20 cincin. Guna dari lender ini adalah sebagai penahan ketika kotoran yang berasal dari hidung tidak dapat ikut masuk ke dalam paru-paru.

Bronkus

Bronkus memiliki banyak tulang rawan yang berotot halus dengan cabang-cabang kecil yang di sebut bronkiolus. Bronkus memiliki dua bagian di dalam rongga paru-paru pada bagian sebelah kiri dan sebelah kanannya. Bronkus ini berfungsi juga sebagai media untuk dapat menghubungkan trakea dengan paru-paru.

Bronkiolus

Bronkiolus adalah berupa cabang kecil yang letaknya di dalam bronkus. Bentuk cabagn bronkus semakin jauh akan mengecil, menghalus dan dindingnya akan berubah semakin menipis. Fungis bronkiolus adalah sebagai penghubung dengan udara yang di dalamnya mengandung oksigen masuk kedalam paru-paru. Semua cabang yang di miliki bronkiolus berakhir pada alveolus.

Baca Juga:  √ Pengertian Daratan & Macam-Macam Klasifikasi Daratan Lengkap

Paru-Paru (Pulmo)

Paru-paru ini adalah bagian yang terpenting di dalam suatu system pernapasan Manusia. Karena paru-paru memiliki fungis untuk dapat menerima oksigen, memprosesnya, dan mengeluarkan kabon dioksida serta uap air. Datangnya oksigen ke dalam paru-paru akan di proses dan di sebarkan ke seluruh tubuh. Letak dari paru-paru ada di dada dan terlindung oleh tulang rusuk.

Alveolus

Alveolus bertempat di dalam jantung dan sebagai pemisah antara oksigen yang dating dengan karbon dioksida yang terdapat di dalam darah. Fungsi utamanya adlaah sebagai pengedar oksigen yang di terimanya dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Sekianlah penjelasan mengenai 8 Alat Pernapasan Manusia dan Fungsi Alat Pernapasan Manusia yang di jelaskan pustakaindo. Dengan adanya alat pernapasan di harapkan para Manusia dapat bertahan hidup dengan melakukan pernapasan yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon di oksida. Terimakasih 🙂