√ Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut

Posted on

Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut – Pada tubuh manusia banyak sekali bagian-bagiannya yang saling terkait satu sama lainnya. Bagian yang dapat kita lihat secara umum ada kepala, tangan, kaki, badan, dan lainnya.

Bagian yang ada akan saling berkaitan dan bersambung dengan teratur. Tersusunnya bagian itu dapat membentuk rangka yang terkait dengan adanya tulang sebagai penopangnnya.

Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut

Tulang kita akan semakin berkembang seiringnya pertumbuhan kita menjadi dewasa. Pada awal mula kita bayi hanya memiliki tulang rawan saja dan ketika kita dewasa tulang rawan tersebut akan tergantikan dengan tulang yang keras dan kuat.

Bagian-Bagian Rangka Tubuh Manusia

Rangka tubuh manusia tersusun dari beberapa bagian seperti rangka kepala, rangka badan dan juga rangka anggota gerak lainnya. Berikut penjelasan bagian rangka tersebut:

Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut
Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut

Rangka Kepala (tengkorak)

Pada bagian ini tulang yang ada membentuk kepala diantaranya ada tulang dahi, tulang rahang atas, tulang hidung, tulang pipi dan tulang rahang bawah. Rangka inilah yang membuat dasar wajah dari manusia. Rangka bagian depan ada tulang hidung, tulang dahi, tulang rahang bawah dan tulang pipi. Ada pula rangka bagian belakang yang bertugas melindungi bagian belakang kepala yaitu batok kepala.

Rangka Badan

Rangka badan ini tersusun dengan di permulaan dari tulang leher dan berakhir di tulang ekor. Pada tulang leher ini di bentuk dengan 7 ruas tulang dan bersambung ke tulang punggung hingga ke tulang ekor. Pada tulang punggung hingga tulang ekor ini terbentuk oleh 26 ruas tulang.

Baca Juga:  √ Pengertian Daratan & Macam-Macam Klasifikasi Daratan Lengkap

Maka jumlah ruas tulang ini berjumlah ada 33. Yang ada pada bagian depannya ada tulangrusuk yang melekat pada tulang dada. Tulang ini membentuk rongga dada yang di dalamnya terdapat alat pernapasan dan alat lainnya.

Ada rangka bahu atau pundah yang berada di atas rongga dada dan terbentuk oleh adanya tulang belikat dan tulang selangka. Pada bagian bawah terdapat rangka pinggul yang terbentuk dari tulang kemaluan dan tulang pinggul.

Rangka Anggota Badan

Pada rangka ini terdiri atas anggota gerak bagian bawah dan aggota gerak bagian atas. Pada bagian atas ada tangan atau lengan dan pada bagian bawah berupa kaki. Di rangka lengan ini terbentuk oleh adanya tulang lengan atas, pengupil, hasta, telapak tangan, pergelangan tangan dan juga jari-jari tangan.

Pada bagian kaki teradapat tulang paha, tulang kering, tempurung lutut, betis, telapak kaki, pergelangan kaki dan juga jari-jari kaki. Tulang terbesar pada tubuh manusia terdapat pada tulang paha.

Sekianlah penjelasan mengenai Bagian Rangka Tubuh Manusia Beserta Penjelasan Bagian Rangka Tersebut. Semua rangka ini menjadi bergerak karena adanya suatu kerjasama yang baik antara tulang dengan sendi dan otot. Rangka ini saling berkaitan antara satu dengan lainnya dan membuat tubuh manusia dapat bergerak sesuai dengan apa yang di inginkan oleh manusia itu sendiri. Terimakasih 🙂