√ Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya

Posted on

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya – Semua makhluk yang ada di dunia ini memiliki jenis dan ragamnnya. Jenis dan ragam ini membuat makhluk hidup ini menjadi spesial dan menjadi sesuatu yang menarik untuk di amati.

Makhluk hidup yang banyak memiliki jenis dan ragamnya adalah hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan memiliki banyak jenis yang terbagi di dalam beberapa jenis dan tersebar di seluruh penjuru dunia ini.

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya

Untuk dapat mengetahui dan mengelompokkannya akan di tandai dengan ciri khusus yang di milikinya. Ciri khusus yang di miliki tersebut dapat menjadi pembeda antara jenis yang satu dengan jenis yang lain. Untuk dapat mengetahui tentang jenis hewan dan tumbuhan akan di jelaskan sebagai berikut.

Ciri Khusus Hewan

Hewan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki jenis yang banyak dan juga beragam. Agar kita dapat menandai antara hewan satu dengan hewan lainnyadan tidak tertukar maka di perlukan ciri khas atau khusus yang di gunakan sebagai pembeda dan penanda. Ciri khusus tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Hewan Berlidah Lengket dan Panjang

Hewan yang memiliki ciri ini berfungsi untuk menangkap mangsanya dengan memanjangkan lidahnya. Contoh dari hewan ini adalah ciak, bunglon dan tokek.

Baca Juga:  √ Bagian Tumbuhan dan Fungsi Bagian Tumbuhan (Terlengkap)

Hewan Berkulit Duri

Hewan berkulit duri ini berfungsi sebagai tempat untuk dapat berlindung dari serangan predator yang memburunya. Contoh dari hewan ini adalah landak.

Hewan Berselaput kaki

Hewan berselaput kaki ini berfungsi untuk dapat memudahkan dirinya untuk dapat berenang dan mencari makan di air. Contoh dari hewan ini adalah itik, angsa dan bebek.

Hewan Berelokasi

Hewan yang mampu berelokasi ini berfungsi untuk dapat mengetahui letak  benda yang ada di sekitarnya walau dalam keadaan yang gelap gulita. Contoh dari hewan ini adalah kelelawar.

Hewan Berangka Luar

Hewan berangka luar ini berfungsi sebgai tempat berlidung dari serangan pemangsa yang akan memburunya. Contoh dari hewan ini adalah rajungan, kepiting, lobster dan udang.

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsi Dan Contohnya
Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsi Dan Contohnya

Ciri Khusus Tumbuhan

Tumbuhan pun memiliki jenis yang beragam. Memiliki ragam dan jenis yang banyak dan ada yang menyerupai antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Untuk dapat mengetahuinya adalah dengan mengenali ciri khusus yang ada di diri tumbuhan tersebut dan menggunakannya untuk dapat mengidentifikasinya dengan cepat dan tepat.

Untuk dapat mengenal lebih dalam tentang ciri khusus tumbuhan akan di jelaskan sebagai berikut.

Tumbuhan Beraroma Busuk

Tumbuhan ini memiliki aroma yang busuk dan berfungsi untuk dapat memancing hewan serangga untuk dapat mendekat dan membantu untuk proses penyerbukannya. Contoh dari tumbuhan ini adalah bunga bangkai.

Tumbuhan Batang Berongga

Tumbuhan ini memiliki batang yang berongga berfungsi untuk dapat membuat tumbuhan ini dapat berdiri di atas air. Contoh dari tumbuhan tersebut adalah teratai dan enceng gondok.

Tumbuhan berdaun tipis dan lebar

Tumbuhan ini memiliki daun tipis dan lebar berfungsi untuk dapat mempermudah tumbuhan ini melakukan penguapan. Contoh dari hewan ini adalah teratai dan talas.

Baca Juga:  √ Pengertian Daratan & Macam-Macam Klasifikasi Daratan Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya yang di jelaskan oleh pustakaindo. Adanya ciri khusus yang terdapat di hewan dan tumbuhan tersebut membuat kita dapat lebih mudah dalam memahami jenis dan apa nama hewan atau tumbuhan tersebut. Terimakasih 🙂