√ Pengertian E-learning, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Pengertian E-learning, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya – Pada pembahasan kali ini kita akan kembali serta membahas mengenai E-learning. Mungkin dikalangan sebagian orang masih sangat jarang sekali mendengar istilah e-learning, dan juga akan bertanya apa itu e-learning?

Oleh karena itu kita akan membahasnya dan juga akan memberikan informasi beserta pengertian dan juga manfaat dari e-learning itu sendiri. Supaya kita bisa membantu untuk yang sedang membutuhkan informasi mengenai e-learning ini dan juga bisa memahaminya dengan sangat jelas.

Pengertian E-learning, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasannya dan juga menyimak penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Pengertian E-learning

Electronic Learning atau juga yang lebih sering kita kenal dengan sebutan E-learning adalah sebuah cara belajar mengajar yang menggunakan sebuah media elektronik, yang khususnya menggunakan sebuah jaringan internet yang juga digunakan sebagai sarana di dalam pembelajaran.

Ataupun bisa juga untuk diartikan sebagai berikut, e-learning ialah sebuah metode dari belajar mengajar dengan melibatkan sebuah alat-alat elektronik sebagaisebuah media pembelajarannya antara lain yakni komputer dan juga laptop.

Sedangkan yang termasuk juga kedalam belajar mengajar dengan menggunakan e-learning seperti yang berbasis web dan juga yang berbasis online. Sedangkan arti e-learning yang secara luas ialah mencakup kedalam sebuah proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan sebuah media elektronik seperti menggunkana internet, baik dengan menggunakan cara formal atau jug dengan menggunakan cara informal.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Tujuan E-learning

Agar bisa membuat sebuah materi pembelajaran yang juga bisa digunakan serta dapat juga dipelajari oleh semua pihak yang membutuhkannya. Karena e-learning dapat untuk mempermudah di dalam mengaksesnya dan juga proses pembelajaran itu sendiri bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja selama itu masih ada sebuah jaringan internet.

Pengertian E-learning Beserta Tujuan Dan Kelebihan E-learning Lengkap
Pengertian E-learning Beserta Tujuan Dan Kelebihan E-learning Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan E-learning

E-learning yang juga mempunyai kelebihan serta kekurangan, untuk bisa mengetahui apa saja dari kelebihan serta juga kekurangan dari e-learning, untuk itu mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan yang akan dijelaskan berikut ini.

Kelebihan dari E-learning

Berikut kelebihannya:

  1. Adanya sebuah fasilitas yang disebut e-moderating  dimana pengajar dan juga siswa bisa untuk berkomunikasi dengan cepat.
  2. Bahan-bahan supaya pembelajaran dapat di review kapan saja dan juga dimana saja selama masih ada sebuah koneksi internet untuk mengaksesnya.
  3. Adanya sebuah bahan pembelajaran yang sudah tersturktur serta terjadwal dengan baik melalui internet serta bisa untuk diakses kapan saja jika diperlukan.
  4. Bisa berdiskusi kapanpun serta melalui portal atau juga forum di internet diantara pengajar dan juga siswa.
  5. Siswa bisa menjadi aktif di dalam proses pembelajaran.

Kekurangan E-learning

Berikut kekurangannya:

  1. Interaksi secara langsung diantara pengajar dan siswa akan semakin berkurang.
  2. Proses pembelajaran akan semakin  cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah kepada sebuah pendidikan.
  3. Akan mengabaikan sebuah aspek akademik dan juga sosial serta sebaliknya bisa mendorong sebuah aspek komersial.
  4. Dan siswa yang tidak memiliki sebuah motivasi belajar yang tinggi akan mengalami sebuah kegagalan.

Keuntungan E-learning

Pembelajaran dengan menggunakan e-learning bisa untuk diterapkan di sebuah perguruan tinggi atau juga di sekolahan. Dan metode e-learning juga memiliki sebuah keuntungan, apa saja keuntungan dari e-learning? Untuk itu mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Dengan menggunakan sebuah metode e-learning dapat untuk menghemat waktu dari proses pembelajaran.
  2. Menggunakan metode e-learning dapat untuk membuat proses pembelajaran menjadikan siswa menjadi lebih aktif.
  3. Menggunakan metode e-learning dapat untuk membuat proses pembelajaran bisa menghemat biaya.
  4. Dengan menggunakan metode e-learning akan dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Baca Juga:  √ Pengertian LAN (Local Area Network) (Pembahasan Terlengkap)

Sekian penjelasan yang dapat diberikan artikel kali ini yang membahas tentang Pengertian E-learning, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya, dengan mengunakan sebuah metode e-learning kita dapat membuat sebuah proses pembelajaran agar menjadi lebih menyenangkan dan juga menjadi lebih menghemat biaya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca untuk mendapatkan sebuah informasi dan juga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, terimakasih 🙂