√ Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap

Posted on

Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap – Peristiwa Revolusi Industri membawa pengaruh pada bidang ekonomi terutama di wilayah Eropa yang mendorong negara-negara barat untuk menjelakah samudera.

Penjelajahan tersebut mempunyai tujuan untuk menemukan daerah yang dijadikan wilayah jajahan. Para penjajah lalu melakukan eksploitasi secara besar-besaran akan sumber daya alam di daerah-daerah yang sudah berhasil dikuasai dan memasarkan hasil industri dari negaranya.

Di masa awal kedatangan para penjajah menemukan daerah baru lalu mendarat di sana dan memperkenalkan diri sebagai pedagang. Kemudian, terjadi interaski perdagangan dengan warga pribumi bahkan ada yang membangun koloni atau pemukiman.

Selanjutnya, warga pribumi tidak menyadari bahwa para pendatang itu mengganggap wilayah tersebut adalah milik mereka di mana mereka melakukan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam. Pendudukan dan penguasaan suatu wilayah oleh negara lain dalam istilah politis disebut penjajahan atau kolonialisme.

Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap

Penjajahan atau kolonialisme merupakan sebuah sistem penguasaan rakyat dan sumber daya negara lain oleh sebuah negara dengan tetap menjaga hubungan dengan negara asal. Pernyataan tersebut mengacu pada sebuah himpunan keyakinan yang dipakai dalam melegitimasi atau mempromosikan sistem terlebih kepercayaan bahwa moral pengkoloni lebih hebat dibandingkan negara yang dikolonikan. Spanyol dan Inggris merupakan negara kolonialisme pertama.

Pengertian Kolonialisme

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa penjajahan atau kolonilasime merupakan penguasaan sebuah negara oleh negara lain di mana negara yang berkuasa masih menjalin hubungan dengan negara asalnya.

Baca Juga:  √ Asal Legenda Candi Prambanan ( Bahasan Terlengkap )

Istilah kolonialisme juga merujuk ke sebuah himpunan keyakinan yang digunakan untuk mempromosikan sistem utama kepercayaan bahwa moral negara pengkoloni lebih baik dibandingkan dengan negara yang dikolonikan.

Kolonialisme pun diartikan sebagai upaya dalam memperluas, mengembangkan, menguasai sebuah wilayah dengan kekuasaan sebuah negara di luar wilayah tersebut. Cara paksa umumnya dilakukan untuk menguasai wilayah sehingga memperoleh keuntungan yang sangat besar bagi negara induk (motherland).

Tujuan Kolonialisme

Kolonialisme mempunyai tujuan utama yang didasari kepentingan ekonomi. Sebagian besar negara yang dijajah merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah. Maksud dari istilah kolonialisme yakni sebentuk pemerintahan atas suatu wilayah atau tanah jajahan dengan cara memaksa ataupun cara damai secara langsung maupun tidak langsung.

Negara penjajah memberikan panduan tertentu pada negara jajahannya yang mencakup bidang pemerintahan, kehidupan sosial, undang-undang dan lainnya.

Macam-Macam Kolonialisme

Ada banyak macam dari kolonialisme di antaranya koloni eksploitasi, koloni penduduk, koloni deportasi, koloni domisili, koloni libensraum, koloni defensi dan koloni netral. Berikut penjelasan masing-masing koloni.

Koloni Ekspolitasi

Koloni Ekspolitasi adalah penguasaan suatu daerah untuk dieksploitasi atau dikras habis kekayaan alam dan tenaga penduduk melalui kerja paksa atau kerja rodi demi kepentingan negara yang melakukan penjajahan.

Koloni Penduduk

Koloni Penduduk merupakan penguasaan suatu wilayah baru dengan mengusir maupun menghilangkan penduduk asli dan digantikan oleh pendatang dan membuat posisi penduduk pribumi tersisih.

Koloni Deportasi

Koloni Deportasi ialah daerah koloni yang dimanfaatkan untuk tempat “membuang” narapidana-narapidana yang tidak bisa lagi ditangani oleh pemerintah. Sebagian besar narapidana ialah mereka yang dihukum seumur hidup dan dijadikan tenaga kerja tanpa bayaran dibandingkan pemerintah harus menanggung mereka seumur hidup.

Baca Juga:  √ Jenis Manusia Purba yang Tersebar di Indonesia (Lengkap)
Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap
Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap

Koloni Domisili

Koloni Domisili adalah penduduk sebuah negara yang menduduki wilayah koloni (pendudukan dan asimilasi).

Koloni Libensraum

Koloni Libensraum adalah adanya ledakan penduduk di negara induk (motherland) yang menyebabkan sejumlah penduduk mencari tempat hidup di wilayah baru.

Koloni Defensi

Koloni Defensi adalah wilayah koloni yang berupa pulau-pulau guna kepentingan pertahanan.

Koloni Netral

Koloni Netral adalah pendudukan suatu wilayah sebagai tempat tinggal tanpa adanya prestasi lain.

Dampak Kolonialisme

Setiap peristiwa yang terjadi pasti menimbulkan dampak baik positif maupun negatif termasuk dengan adanya praktek kolonialisme. Dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat Indonesia dari adanya kolonialisme di masa lampau antara lain :

Dampak Positif Kolonialisme

  1. Mendapatkan kata-kata serapan baru dari negara penjajah
  2. Terdapat bangunan-bangunan sebagai bentuk peninggalan negara penjajah berbentuk sarana dan prasaran, seperti jalan raya, rel kereta, pabrik gula, benteng dan lainnya.
  3. Adanya reformasi bidang pendidikan lokal yang disebabkan adanya interaksi di antara sarjana Belanda yang tidak memiliki kepentingan penjajahan.
  4. Mewariskan peraturan undang-undang.
  5. Muncul pemikiran baru tentang metode menanam tumbuhan dengan lebih modern.
  6. Timbul semangat persatuan masyarakat Indonesia yang berjuang untuk merdeka.
  7. Munculnya golongan terpelajar.
  8. Pemanfaatan bagunan-bangunan peninggalan penjajah untuk dijadikan museum.
  9. Bisa membangun tata kota yang baik.
  10. Ada banyak lapangan kerja
  11. Mengenal sistem pendidikan yang lebih baik.

Hal yang lebih menjadi sorotan dari kolonialisme adalah dampak negatifnya dan dirasa lebih banyak dirasakan daripada dampak positif.

Dampak Negatif Kolonialisme

Dampak negatif kolonialisme yaitu :

  1. Membuat penderitaan secara fisik dan mental
  2. Terjadi perampasan hak penduduk pribumi
  3. Praktek kerja paksa serta penyerahan harta yang membuat penduduk pribumi tidak lagi mempunyai harta benda dan jiwa
  4. Kekayaan sumber daya alam terutama rempah-rempah yang dirampas
  5. Negara penjajah menjadi semakin kaya sedangkan negara terjajah menjadi semakin miskin dan menimbulkan kesenjangan sosial
  6. Terjadi monopoli dalam berbagai hal
  7. Urusan pemerintahan negara dicampuri oleh tangan asing
  8. Melunturnya budaya tradisional seiring meluasnya budaya asing
  9. Muncul rasa gelisah, kecewa dan benci penduduk pribumi terhadap penjajah sehingga ada perlawanan
  10. Praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di Indonesia
Baca Juga:  √ Pengertian Historiografi, Macam, Ciri & Contohnya Lengkap

Itulah penjelasan materi Pengertian Kolonialisme, Tujuan, Macam & Dampaknya Lengkap. Terima kasih sudah membaca artikel kami dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami lainnya 🙂