Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap – Ilmu yang ada di dunia ini sangatlah banyak dan beragam. Ilmu itu tidak terbatas dan terletak di mana pun di dunia ini karena yang memang jumlahnya sangat banyak sekali.

Ilmu tersebar di selurh dunia ini dengan pengertiannya masing-masing dan dapat kita semua pelajari. Ilmu yang biasa kita pelajari dapat di katakan sebagai sains dan mempelajari tantang ilmu alam dan ilmu sosial.

Dengan sains atau pengetahuan yang di ketahui dapat di katakan bahwa ilmu itu sangatlah banyak dan tersebar di berbagai pelosok bumi. Untuk dapat mengerti tentang apa itu sains akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Sains

Sains merupakan sebuah cara yang di gunakan untuk dapat mempelajari tentang berbagai aspek yang ada di dalam alam dengan terorganisir, sisitematik dan dengan menggunakan metode saintifik yang terlah terbakukan. Sains berasal dari bahasa scientia yang berasal dari bahasa lain dengan arti pengetahuan.

Sains memiliki raung lingkup yang terbatas yang terbagi beberapa hal yang dapat di pahami dengan panca indra seperti pengelihatan, pendengaran, sentuhan, rabaan, dan pengecapan. Dapat di katakana pula sains merupakan pengetahuan yang dapat di miliki ndegan melakukan pembelajaran dan juga pembuktian.

Sains yang di artikan di atas dapat di sebut dengan sains murni yang dapat di bedakan dari jenis sains terapan yang berupa aplikasi sains yang dapat di tunjukkan untuk dapat memenuhi segala kebutuhan Manusia. Pada sains ilmunya di bagi menjadi dua bagian yang diantaranya:

Baca Juga:  √ Pengertian Titrasi, Jenis, Tujuan dan Cara Titrasi Lengkap

Ilmu Pengetahuan Alam atau Natural Sains

Ilmu Pengetahuan Sosial atau Sosial Sains

Tujuan Sains

Sains memiliki tujuan untuk dapat enghasilkan model yang sangat berguna tentang suatu realitas. Yang pada umumnya suatu penyelidikan ilmiah dapat menggunakan bentuk metode ilmiah yang umum di gunakan seperti:

  1. Observasi
  2. Prediksi
  3. Penelitian
  4. Kesimpulan

Contoh Sains

Sains memiliki banyak contohnya yang terbagi menjadi beberapa kelompok yang diantaranya seperti:

Kimia atau Chemistry

Kimia Analitik, thermokimia, Kimia organik, Elektrokimia, ilmu material, kimia anorganik, kimia polimer, dan yang lain-lain.

Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap

Biologi atau Biology

Anatomi, Fisiologi, biofisika, taksonomi, genetika, Ekologi, zoologi, virulogi, dan masih banyak yang lain.

Ilmu Bumi atau Earth Science

Ilmu lingkungan, geodesi, geologi, meteorologi, hydrologi, oceanografi, paleontologi, dan yang lain-lain.

Fisika atau Physics

Astronomi, dinamika, fisika nuklir, kinetika, thermodinamika, fisika material, mekanika quantum, optik dan lain-lain.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan ilmu sains yang di miliki kita dapat mengerti apa yang ada di kehidupan nyata dengan metode ilmiah. Terimakasih 🙂