√ Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya

Posted on

Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya – Mungkin sebagian  besar dari kita asing mendenar “sinar gamma”. Sinar gamma berbentuk sinar radiasidah hanya bisa ditemukan dalam proses nuklir.

Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya

Sinar gamma akan lebih mampu menembus dibandingkan radiasi alfa dan beta. Dalam pembahasan kali ini materi yang akan dijelaskan yaitu pengertian sinar gamma beserta sumber, manfaat dan bahayanya.

Pengertian Sinar Gamma

Sinar gamma merupakan sebuah gelombang elektromagnetik yang dilambangkan dengan g. Letak sinar gamma di dalam spektrum yaitu di tingkatan frekuensi paling besar  (1020 Hz hingga 10-12 Hz) dan panjang gelombangnya merupakan yang terpendek yaitu 10-17 m hingga 10-12 m.

Sinar gamma adalah sebentuk energi radiasi elektromagnetik sebagai hasil dari radioaktivitas ataupun proses nuklir ataupun subatomik lain, misalnya penghancuran elektron-positron.

Sinar gamma nyaris sama dengan sinar X keras sebab bermulai energi 10 keV 2,42 Ehz/ 12 pm dan sinar X keras juga diketahui mempunyai radiasi elektromagnetik dari kurang lebih 10 keV hingga beberapa ratus keV. Tetapi, hal yang membedakannya yaitu sumbernya.

Sinar gamma merupakan hasil produksi transisi energi dari percepatan elektron. Sejumlah transisi elektron memungkinkan untuk mempunyai energi lebih tinggi dibandingkan beberapa transisi nuklir, terdapat tumpang tindih antara sinar gamma energi rendah dengan sinar X energi tinggi.

Baca Juga:  √ Pengertian Gaya Van Der Waals, Jenis, Karakteristik & Contoh

Sumber Sinar Gamma

Sinar gamma bisa terjadi sebab adanya proses nuklir ataupun subatomik lain. Sinar gamma tidak bisa ditemukan di sembarang tempat sebab hanya ada dari hasil proses nuklir maupun subatomik lain. Sinar gamma dpat terbentuk jika :

  • Ledakan bom nuklir
  • Ledakan supernova atau bintang
  • Terapi sinar gamma
  • Bintang yang dihisap lubang hitam
  • Bahan radioaktif
  • Gelembung energi di pusat galaksi Bima Sakti

Manfaat Sinar Gamma

Sinar gamma memiliki manfaat-manfaat bagi kehidupan mansuia. Beberapa manfaat dari sinar gamma di antaranya yaitu :

Menyembuhkan Kanker, Tumor dan Kelainan Lain

Sinar gamma bisa dimanfaatkan untuk mematikan sel-sel tumor, kanker atau kelainan lain yang dinamakan gamma knife. Gamma knife ialah sebuah metode terapi sinar gamma yang dipakai guna pengobatan tumor atau kelainan-kelainan lain di otak tanpa harus membuka tulang tengkorak.

Radiasi sinar gamma tersebut bisa menghancurkan sel-sel yang sakit namun tetap menjaga sel-sel lain yang sehat. Suatu rangkaian sinar gamma dipancarkan secara langsung ke sel yang terkena kanker agar mati atau hilang.

Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya
Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya

Gamma knife dalam operasi dipancarkan sebanyak 200 sinar yang berfokus ke tumor atau target tertentu. Setiap pancaran sinar gamma berdampak kecil pada sel otak yang dilewatinya, tetapi dosis radiasinya cukup besar di lokasi target tempat bertemunya pancaran-pancaran.

Akurasi operasi gamma knife nyaris tidak menimbulkan kerusakan sel-sel yang ada di sekeliling target penyinaran dan pada beberapa kasus hanya menimbulkan sedikit efek samping daripada perawatan radiasi biasa.

Membunuh Bakteri

Sinar gamma yang berenergi tinggi mampu mematikan bakteri sehingga umum digunakan dalam sterilisasi makanan, minuman serta peralatan medis yang digunakan dalam operasi. Penggunaan sinar gamma guna mematikan organisme dinamakan irradiation.

Dosis sinar gamma yang digunakan pun tidak membuat kerusakan sel makanan sehingga gizi makan tidak berkurang. Makanan akan menjadi tahan lama sebab tidak ada baketri yang merusak makanan dan rasa makanan pun tidak berubah atau sama dengan rasa asli makanan. Makanan yang mengalami iradiasi tidak berbahaya pada kesehatan manusia.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Macam dan Contohnya

Pembentukan Bibit Unggul Tanaman

Pembentukan bibit unggul tanaman bisa dilakukan dengan pemanfaatan radiasi gelombang elektromagnetik sinar gamma, seperti pembentukan bibit unggul untuk tumbuhan padi.

Bibit padi yang hendak dibuat unggul diberi radiasi dengan dosis yang bermacam-macam, mulai dari dosis terkecil yang tidak memiliki pengaruh hingga dosis rendah yang bersifat mematikan. Biji-biji padi yang sudah diradiasi lau disemai dan ditanam secara berkelompok menurut ukuran dosis radiasi.

Sinar gamma mampu memicu mutasi di sebuah tanaman. Mulai dari proses mutasi tersebut, diharapkan mampu menghasilkan tanaman yang mempunyai sifat-sifat menguntungkan, misalnya padi yang lebih tahan hama dan bertunas lebih banyak.

Pelacakan Kebocoran Pipa Bawah Tanah

Berdasarkan ilmu fisika, sinar gamma bisa dapat digunakan untuk mendeteksi kebocoran pipa yang ditanam di dalam tanah. Sebuah zat yang mampu memancarkan sinar gamma dilarutkan dalam air lalu dialirkan melalui pipa bawah tanah.

Lalu, di permkaan atas pipa diperiksa menggunakan Geiger Counter. Intensitas radiasi secara berlebih menjelaskan adanya kebocoran pada pipa.

Mengetahui struktur logam serta membuat radio isotop

Bahaya Sinar Gamma

Sinar gamma selain membawa manfaat juga menimbulkan kerugian atau bahaya yang disebabkan penggunaannya. Bahaya yang mungkin ditimbulkan sinar gamma di antaranya adalah :

Merusak Satelit dan Atmosfer

Sinar gamma yang berasal dari ruang angkasa mampu menimbulkan kerusakan satelit dan atmosfer. Hal ini dapat terjadi sebab sinar gamma memiliki eneri yang amat kuat.

Meskipun begitu, para ilmuwan menyatakan bahwa pancaran sinar gamma jarang terjadi yakni kurang lebih 10.000 sampai 1 juta tahun sekali dan pernah terjadi di abad ke 8.

Menimbulkan Kematian Terbesar Apabila Terjadi Perang Nuklir

Pada ledakan senjata nuklir, materi-materi radioaktif banyak terbuat. Namun, sinar gamma dari fall out nuklir berkemungkinan menimbulkan sejumlah kematian dalam penggunaan senjata nuklir pada sebuah perang. Sinar gamma rendah dalam organisasi dibandingkan sinar alfa atau sinar beta.

Baca Juga:  √ 13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya

Tetapi, mengurangi bahaya pada manusia memerlukan perlindungan yang lebih tebal. Hal tersebut menghasilkan kerusakan yang serupa yang disebabkan oleh sinar X, misalnya kanker, mutasi genetik atau terbakar.

Demikian penjelasan materi Pengertian Sinar Gamma, Sumber, Manfaat dan Bahayanya. Semoga penjelasan materi tersebut dapat menambah wawasan para pembaca mengenai sinar gamma, baha serta manfaatnya 🙂